Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat

Sobat sedang berencana untuk merenovasi rumah atau membeli rumah bertingkat? Jangan lupa ya untuk...
Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat Sobat sedang berencana untuk merenovasi rumah atau membeli rumah bertingkat? Jangan lupa ya untuk memlih jenis tangga yang tepat juga dapat menjadi bagian penting dalam membuat interior rumah. Tangga merupakan bagian integral dari rumah mana pun yang memiliki lebih dari satu tingkat. Untuk proses konstruksi maupun renovasi, jenis tangga juga merupakan pertimbangan yang sangat penting.
Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 12 Agustus 2021
Share
2021-08-12

Ragam jenis tangga rumah yang bisa sobat gunakan.

Sobat sedang berencana untuk merenovasi rumah atau membeli rumah bertingkat? Jangan lupa ya untuk memlih jenis tangga yang tepat juga dapat menjadi bagian penting dalam membuat interior rumah.

Tangga merupakan bagian integral dari rumah mana pun yang memiliki lebih dari satu tingkat. Untuk proses konstruksi maupun renovasi, jenis tangga juga merupakan pertimbangan yang sangat penting.

Karena dapat memberikan jenis daya tarik visual tertentu. Nah, saat mempertimbangan tangga baru, pikirkanlah tentang anggota keluarga sobat dan bagaimana mereka menggunakan tangga untuk membuat pilihan terbaik.

Karena setiap jenis tangga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jenis tangga yang sobat pilih pun dapat memberikan nuansa model rumah tertentu, seperti minimalis, Japandi, Kontemporer, maupun yang lainnya. Jenis-jenis tangga biasanya dibagi berdasarkan bentuknya.

Oleh karena itu, sobat tidak boleh sembarangan memilihnya, tapi sesuaikanlah dengan luas ruangan dan juga konsep rumah yang sobat terapkan. Kali ini Vira akan membahas beberapa jenis tangga yang bisa sobat pertimbangkan untuk membangun rumah bertingkat.

Jadi sobat dapat mengetahui kira-kira jenis tangga yang mana yang cocok untuk hunian yang benar benar idaman.

One Wall Stair

1.	Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat

 source:google.com

Jenis tangga ini sebenarnya adalah jenis tangga yang paling populer dan dapat dijadikan pilihan untuk interior rumah model apa pu. One wall stair tidak lain adalah model tangga yang lurus ke atas tanpa belokan dan salah satu sisinya menempel pada dinding.

Jenis tangga ini berdesain seperti garis lurus, dan itu berarti bahwa tangga tidak memerlukan penopang khusus dan hanya perlu dibasang di bagian atas dan bawah. Tangga jenis ini juga memudahkan pemasangan railing dan pegangan tangan.

Tentu saja, ada variasi tangga lurus yang mencakup anak tangga terbuka, material modern, dan pagar kabel logam yang secara signifikan mengubah tampilan dasarnya. Meskipun tangga lurus mungkin menjadi model yang palisng sering digunakan.

Ada juga beberapa kekurangannya, yaitu membutuhkan lebih banyak ruang linier, yang benar-benar dapat mempengaruhi desain hunian sobat.

Pada jensi tangga ini, sobat bisa menjadikan area bawah tangga sebagai area yang multifungsi. Contohnya area bawah tangga ini dapat dijadikan kabinet atau lemari, tempat pajangan, area duduk sofa.

Karena areanya pun cukup luas sobat juga bisa membuat toilet khusus tamu di bawah tangga ini lho.

Tangga Apung

1.	Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat

 source:google.com

Umumnya, bentuk tangga apung adalah lurus ke atas. Beda dengan one wall stair ya sobat. Perbedaan tangga apung dengan one wall stair adalah tangga apung ini tidak memiliki penyangga tangga.

Jenis tangga ini hanya berupa anak-anak tangga yang langsung dipasang ke dinding sehingga modelnya terlihat sangat minimalis. Untu interior rumah dengan model Japandi ataupun industrial.

Jenis tangga apung ini sangat cocok. Jika ingin memakainya di model rumah Japandi, anak tangga apung ini juga bisa dibuat dari kayu. Kalau ingin memperkuat kesan industrial, sobat bisa menggunakan bahan lain, seperti logam atau kaca untuk membuat jenis tangga ini sobat.

Tangga ini juga dapat memberikan kesan yang unik dan modern karena desain tangganya yang unik dan cenderung berbeda dari yang lainnya.

Tangga Berbentuk Huruf L

1.	Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat

 source:google.com

Jenis tang bentuk huruf L adalah model tangga yang bentuknya berbelok sekitar 90 derajat pada salah satu dinding. Biasanya, tanga bentuk huruf L memiliki boderes di area belokan. Tangga bentuk L ini biisa dijadikan pilihan.

Terutama untuk sobat yang memiliki langit-langit rumah tinggi, tapi luas ruangan terbatas. Pada bagian kolong tangga, sobat juga bisa memanfaatkannya menjadi ruangan lain sehingga lebih multifungsi.

Tangga Winder

1.	Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat

 source:google.com

Secara bentuk, tangga winder ini mirip dengan tangga bentuk huruf L. Perbedaanya hanyalah ada di bagian bodres tangganya. Pada jenus tangga winder, tidak ada bodres sehingga di bagian berkeloknya.

Ada bagian-bagian tangga yang bentuknya bukan persegi panjang. Biasanya, model tangga winder ini terkesan jadul, Namun sobat bisa memodifikasinya menjadi lebih modern dan cocok banget untuk model rumah minimalis.

Atau juga dengan rumah yang modelnya memgarah ke gaya Jepang, seperti Japandi.

Tangga Bentuk Huruf U

1.	Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat

 source:google.com

Sobat ingin punya tangga yang bagian bawahnya bisa dijadikan satu ruangan? Sobat bisa gunakan jenis tangga bentuk huruf U ini. Model tangga ini memiliki bagian berbelok yang mencapai 180 derajat.

Dengan bagian bodres yang lebih besar. Pada bagiannya, sobat bisa menyulapnya menjadi gudang ataupun kmar mandi bawah tangga. Jadi rumah sobat pun akan lebih space-saving atau menghemat tempat alis maksimal dalam pemanfaatan ruang yang ada.

Tangga Melingkar

1.	Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat

 source:google.com

Jenis tangga melingkar ini identik dengan rumah-rumah klasik yang besar dan mewah. Namun, untuk membuat jenis tangga yang satu ini sobat memeerlukan ruangan atau area yang cukup luas.

Sobat bisa menggunakan railing tangga sisi kiri dan kanan sebagai pengaman. Jenis tangga ini bisa menguatkan kesan klasik pada hunian sibat juga lho. Selain itu juga tangga dengan model melingkar ini dapat memberikan kesan mewah pada hunian sobat.

Dan hunian sobat akan menjadi benar benar idaman.

Tangga Spiral

1.	Jenis-Jenis Tangga Yang Perlu Sobat Ketahui Untuk Berbagai Konsep Hunian Sobat

 source:google.com

Dari segi bentuk, jenis tangga spiral ini mirip dengan tangga melingkar. Nah, letak perbedaanya adalah, jenis tangga spiral ini biasanya berukuran lebih kecil dan hanya mememiliki satu tiang pusat yang menjadi penyangga semua anak tangganya.

Model tangga spiral ini biasanya ditemukan di rumah atau hunian kota yang padat karena jenis tangga ini sangat space saving atau hemat ruang. Jika memiliki jenis tangga spiral ini, sobat harus lebih berhati-hati dan fokus saat melangkah ya.

Dan jenis tangga model spiral ini juga tidak disarankan bagi hunian sobat jika ada lansia ataupun balita, karena anak tangga dengan model spiral ini biasanya cenderung lebih kecil dan di khawatirkan lansia dan balita akan sulit untuk melangkah di atas tangga ini.

Selain itu juga tangga spiral ini biasanya digunakan atau ditempatkan di area luar rumah atau juga digunakan untuk menjangkau area loteng. Jangan salah lho sobat, tangga dengan jenis spiral ini hanya memerlukan lahan seluas 1,5 meter persegi saja.

Gimana? hemat tempat banget kan sobat.

Bagaimana sobat? banyak buka pilihan jenis tangga yang bisa sobat sesuaikan dengan konsep interior yang ingin sobat buat di hunian idaman sobat? pastikan jenis tangga yang sobat pilih juga space-saving atau hemat tempat ya.

Selain itu sebisa mungkin pilihlah model tangga yang bagian barea ahwanya dapat dimanfaatkan atau paling tidak pilihlan model tangga yang area di bagian bawahnya tidak tampak sesak.

Jadi dari semua jenis tangga yang Vira sebutkan, jenis tangga mana nih yang cocok untuk hunian sobat? jangan lupa juga ya untuk mempertimbangkan pilihan sobat sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ssudah obat siapkan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?