Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah

Berencana ingin membuat rumah menjadi lebih segar dan hijau dengan tanam yang diisi berbagai tana...
Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah Berencana ingin membuat rumah menjadi lebih segar dan hijau dengan tanam yang diisi berbagai tanaman namun memiliki lahan yang terbatas di rumah? Tenang dulu ya sobat, siasat yang bisa sobat coba terapkan untuk membuat rumah terasa lebih hijau dan segar tanpa memakan banyak ruang yaitu dengan menggunakan tanaman gantung.
Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Dekorasi Ruangan 17 April 2020
Share
2020-04-17

Berencana ingin membuat rumah menjadi lebih segar dan hijau dengan tanam yang diisi berbagai tanaman namun memiliki lahan yang terbatas di rumah? Tenang dulu ya sobat, siasat yang bisa sobat coba terapkan untuk membuat rumah terasa lebih hijau dan segar tanpa memakan banyak ruang yaitu dengan menggunakan tanaman gantung.

Terutaman untuk sobat yang tertarik juga untuk berkebun dan menikmati pemandangan mekarnya bunga di taman pasti selalu mengidam-idamkan suasana segar yang tercipta dari taman tersebut. Tanaman gantung hias bisa lho sobat konsep menjadi taman yang menarik dan tentunya membuat siapapun merasa betah dirumah.  Nah karena tanaman gantung hias bisa menjadi solusi penambah semangat dan keindahan di rumah, sini Vira kasih tahu mana sih tanaman hias gantung yang cocok di rumah sobat!

 

1. Bunga Anggrek

Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah

Sudah tidak asing kan dengan bunga populer yang satu ini. Anggrek sendiri adalah salah satu jenis bunga tanaman hias yang paling digemari di seluruh dunia. Memiliki daya tarik yang kuat dengan rupanya yang elegan menjadikan tanaman hias gantung ini menambah nilai estetika dirumah sobat meskipun dipadukan dengan berbagai gaya desain.

Perlu sobat ketahui jenis tanaman hias gantung ini memiliki masa mekar yang melebihi masa mekar bunga lainnya. Bunga anggrek ini bisa mencapai 6 minggu masa mekarnya lho. Jika biasanya sobat meletakkan tanaman gantung di sekitar teras rumah atau di balkon, bunga anggrek ini cocok loh untuk ditanam diluar ruamh karena perawatannya yang simpel. Seperti pada gambar tanaman hias yang situ ini terlihat cantik kan?

Jika sobat tertarik untuk menanam bunga anggrek sebagai tanaman gantung yang sobat pilih. Bibit anggrek ini cukup midah didapatkan di Indonesia. Nah cara mudahnya cukup tanam anggrek di temperature ruang normal, rawat seadanya dan Vira pastikan sobat akan puas dengan hasilnya karena anggrek ini punya sifat yang bandel alias tidak memerlukan perawatan yang membuat pemiliknya ribet. Keren kan?

 

2. Daun Creeping Charlie

Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah

Apabila sobat ingin mempunyai nuansa hijau yang menyegarkan, tanaman hias gantung daun bisa menjadi solusi loh. Sobat bisa mencoba tanaman hias gantung creeping Charlie bisa jadi pilihan yang tepat. Tanaman hias gantung ini merupakan tanaman hias daun yang sangat cepat dari segi pertumbuhannya.

Bentuknya yang simpel menyerupai seperti daun mint bergelombang dan dapat menjalar sehingga bisa diatur untuk menjadi tanaman hias gantung ataupun tanaman hias rambat di pagar minimalis atau di dinding taman rumah sobat.

Untuk perawatannya sendiri ada baiknya sobat memerhatikan bagaimana intensitas sinar matahari karena ternyata pertumbuhannya akan lambat jika terkena sinar matahari yang terlalu terik. Daun creeping Charlie juga lebih menyukai konsidi tanah yang lembap. Hal ini mengharuskan sobat menyiram tanaman hias ini secara rutin ya!

 

3. Bunga Begonia

Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah

Beberapa dari sobat mungkin belum tahu jika tanaman hias gantung begonia merupakan keluarga dekat dengan buah melon, timun dan labu. Tanaman yang sering ditemukan di Amerika, Afrika dan juga Asia Tenggara. Jenis tanaman hias gantung Begonia juga cocok untuk ditanam di iklim tropis atau sub-tropis, termasuk Indonesia loh.

Tanaman Begonia yang memiliki bentuk daun yang tampak padat dan ornamental sehingga terkesan asimetris dengan variasi warna yang memikat membuat tanaman ini cocok untuk dipilih tanaman gantung. Sobat bisa meletakkan tanaman hias begonia ini di di beranda ataupun sisi rumah. Sama halnya seperti anggrek, tanaman hias gantung begonia ini perawatannya sangat mudah lho. Selain itu kemampuannya yang mudah beradaptasi terhadap berbagai jenis tanah jadi cocok banget nih untuk bercocok tanam.

Menurut Vira tanaman begonia ini terlihat manis dan sangat cocok ketika dijadikan hadiah untuk kerabat lho.

 

4. Tanaman Sedum Morganianum

Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah

Tanaman sedum morganianum merupakan tanaman yang memiliki kemiripan dengan tanaman kaktus karena sifatnya yang tidak memerlukan banyak air namun membutuhkan banyak sinar matahari. Beberapa orang mengenal tanaman ini dengan nama kaktus anggur. Sifatnya yang seperti kaktus tadi namun bentuknya yang menyerupai anggur tentunya membuat siapapun yang melihatnya akan sepakat. Tanaman Sedum Morganianum ini juga merupakan tanaman hias gantung tahan panas.

Dari bentuknya yang unik tersebut tanaman hias sedum morganianum ini menjadi daya tarik dari tanaman hias gantung satu ini. Dengan warna yang terkesan lembut yaitu hijau kepucatan, memberikan nilai plus untuk sobat padukan dengan dekorasi rumah yang memiliki kesan lembut lainnya kesukaan sobat tentunya.

5. Tanaman Geranium

Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah

Macam tanaman hias gantung satu ini memiliki sebutan nama tanaman hias yang unik yaitu Crane’s Bill. Tanaman Geranium bisa sobat temukan hampir di seluruh dunia namun berasal dari Afrika Selatan yang memiliki kondisi geografis yang tidak jauh di Indonesia sehingga tanaman geranium ini nampak cocok untuk di tanam di Indonesia.

Pada umumnya jenis tanaman hias gantung geranium ini diletakan di depan rumah atau juga di taman. Namun jangan khawatir tanaman geranium ini bisa dengan mudah diletakkan di dalam pot yang kemudian digantung karena akan merambat kebawah menuju gravitasi dan akan menampilkan tanaman yang cantik. Ditambah dengan karakteristiknya yang menarik seperti warna-warna terang seperti merah, merah muda, ungu dan juga biru.

Dengan warna yang terang tersebut, tentunya akan menarik perhatian siapapun yang melihatnya meskipun hanya sekilas. Perlu sobat ketahui tanaman geranium ini bisa tumbuh mencapai  1,2 meter. Keuntungan dari menanam tanaman geranium ini yaitu keunggulannya yang bisa mengusir nyamuk.

6. Bunga Japanese Wisteria

Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah

Sesuai namanya bunga ini berasal dari Jepang. Bunga yang memiliki tampilan warna seperti warna putih, pink, ungu dan biru dalam susunan yang padat. Bunga ini biasanya mekar di musim semi dan juga musim panas sehingga bisa tetap tumbuh di negara Indonesia lho. Tanaman Japanese Wisteria ini mengeluarkan wewangian yang mirip anggur.

Tanaman hias gantung ini memiliki sifat yang merambat naik sehingga sangat cocok untuk digantung dan diletakkan didalam pot keranjang yang aga lebar.

7. Bunga Million Bells

Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Di Rumah

Untuk sobat yang punya keinginan untuk tanaman yang terlihat mekar dalam jumlah banyak sepanjang tahun, tanaman bunga million bells ini cocok lho!

Sama seperti namanya, jenis bunga million bells tumbuh dalam jumlah yang banyak dan padat dengan jarak sekitar 1 inchi bahkan terlihat tidak berjarak antara satu bunga dengan yang lainnya. Daunnya yang berwarna hijau menyala dengan bentuk oval yang lucu, sedangkan kelopak bunganya biasanya memiliki warna yang cerah seperti warna kuning dan juga warna merah.

Jenis tanaman hias gantung ini juga seringkali menarik burung kecil dan juga kupu-puku lho. Vira sarankan sih untuk memasang tanaman gantung ini pada ketinggian tertentu supaya bisa mendapatkan sinar matahari yang maksimal dan gunakanlah bibit yang berkualitas supaya hasilnya memuaskan dan membuat suasana taman dengan tanaman gantung dirumah sobat terlihat cantik.

Setelah membaca artikel di atas, tanaman manakah yang membuat sobat tertarik untuk memeliharanya di rumah sobat?  Kalau Vira sih suka banget sama bunga anggrek tapi sepertinya Vira akan mencoba beberapa rekomendasi bunga lainnya.

Baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?