Kelebihan Dan Kekurangan Kalsiboard Sebagai Plafon Rumah, Tahan Dari Serangan Rayap!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Kelebihan Dan Kekurangan Kalsiboard Sebagai Plafon Rumah, Tahan Dari Serangan Rayap!

Plafon sobat retak dan mau menggantinya dengan yang baru? Tidak usah khawatir sobat, sekarang ini...
Kelebihan Dan Kekurangan Kalsiboard Sebagai Plafon Rumah, Tahan Dari Serangan Rayap! Kelebihan Dan Kekurangan Kalsiboard Sebagai Plafon Rumah, Tahan Dari Serangan Rayap! Plafon sobat retak dan mau menggantinya dengan yang baru? Tidak usah khawatir sobat, sekarang ini banyak sekali pilihan material untuk plafon rumah. Kalau dulu pilihan material plafon hanya sebatas triplek, eternit atau kayu, sekarang sudah lebih beragam loh. Coba deh sobat pergi ke toko bangunan terdekat, Vira yakin sobat bakalan bingung untuk memilih karena banyaknya material plafon. Beberapa di antaranya adalah gypsum, PVC, GRC, hardplex, fiber flat, super panel, sampai kalsiboard.
Kelebihan Dan Kekurangan Kalsiboard Sebagai Plafon Rumah, Tahan Dari Serangan Rayap!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 15 Desember 2021
Share
2021-12-15

Plafon sobat retak dan mau menggantinya dengan yang baru? Tidak usah khawatir sobat, sekarang ini banyak sekali pilihan material untuk plafon rumah. Kalau dulu pilihan material plafon hanya sebatas triplek, eternit atau kayu, sekarang sudah lebih beragam loh. Coba deh sobat pergi ke toko bangunan terdekat, Vira yakin sobat bakalan bingung untuk memilih karena banyaknya material plafon. Beberapa di antaranya adalah gypsum, PVC, GRC, hardplex, fiber flat, super panel, sampai kalsiboard. Menurut Vira sih, sobat bisa memilih kalsiboard sebagai material plafon rumah. Kalsiboard merupakan material yang berbentuk seperti papan tebal kuat yang terbuat dari campuran pasir silika, semen, dan serat selulosa. Bahan-bahan tersebut diproses secara bersamaan dan dikeringkan dalam suhu serta tekanan yang sangat tinggi.

 rumah.com

Tapi sebelum Vira membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari kalsiboard, Vira mau kasih tahu dulu berbagai macam jenis kalsiboard yang bisa sobat gunakan sebagai plafon rumah. Simak pembahasan Vira di bawah ya!

 

Berbagai Macam Jenis Kalsiboard

Eits, siapa bilang kalau kalsiboard hanya dipasang sebagai plafon saja nih sobat? Tidak hanya plafon, tapi kalsiboard juga bisa dipasang di dinding, lantai, bahkan atap rumah loh sobat. Sedangkan kalsiboard yang diperuntukkan sebagai plafon dibagi menjadi dua jenis, yaitu rangka kayu dan rangka baja. Selain kedua jenis tersebut, masih ada lagi jenis kalsiboard yang perlu sobat tahu. Langsung simak saja pembahasan Vira di bawah ya!

 

KalsiRata 3

 kalsi.co.id

Sesuai namanya, kalsiboard berikut memiliki ketebalan setebal 3mm (millimeter) sehingga cocok digunakan sebagai plafon di dalam ruangan. Untuk pemasangannya sendiri, sobat disarankan untuk menggunakan paku KalsiNail 3 – 4,5 untuk plafon yang menggunakan rangka kayu. Menurut Vira sih, untuk sambungan antar papan kalsiboard pada plafon sebaiknya dibiarkan terbuka atau visible joint. Karena ketebalannya hanya 3mm, material berikut tidak perlu sobat sambungkan dengan compound dan tidak disekrup pada rangka metal. Kalsiboard berikut dapat menjadi pengganti triplek karena kuat, tahan lama, dan bebas asbes sobat.

 

KalsiBoard Ling 3.5

 kalsi.co.id

Kalsiboard berikut memiliki ketebalan papan setebal 3,5 mm. Seperti yang sebelumnya, kalsiboard berikut juga cocok digunakan sebagai plafon di dalam ruangan. Agar sobat mudah dalam memasangnya, sobat cukup menggunakan sekrup KalsiScrew CE-XS pada rangka baja. Kalsiboard berikut dapat menjadi solusi plafon untuk pembangunan gedung baru karena kuat dan menghasilkan permukaan yang rata.

 

KalsiBoard Ling 4

 kalsi.co.id

Kalsiboard berikut memiliki ketebalan 4 mm dan cocok untuk digunakan sebagai plafon di dalam ruangan. Untuk menghasilkan sambungan yang sempurna, sobat bisa menggunakan KalsiKompon IN-F dan KalsiTape FG-50. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menutup sambungan antar material supaya plafon terlihat lebih halus dan rapi. Untuk pemansangannya, menurut Vira sih sebaiknya sobat memasang kalsiboard berikut pada rangka metal KalsiFuriing dan diperkuat dengan menggunakan sekrup KalsiScrew CE-S.

 

KalsiBoard Ling 4.5

 kalsi.co.id

Kalsiboad berikut memiliki ketebalan setebal 4,5 mm, membuatnya menjadi produk yang lebih tebal dari jenis kalsiboard sebelumnya. Saran dari Vira sih, sebaiknya kalsiboard jenis berikut sobat pasang pada sistem rangka metal KalsiFuring dengan menggunakan KalsiScrew CE-S karena ukurannya yang tebal. Terlebih saat ini sistem rangka metal semakin banyak digunakan pada hunian. Untuk menghasilkan sambungan yang bagus dan rata, Vira sarankan sobat untuk menggunakan KalsiKompon IN-F dan KalsiTape FG-50.

 

KalsiBoard Ling 6

 kalsi.co.id

Dengan ketebalan setebal 6 mm, membuat kalsiboard berikut sebagai material terbaik untuk plafon rumah. Tidak hanya cocok sebagai plafon interior rumah saja, KalsiBoard 6 juga bisa digunakan sebagai plafon eksterior rumah sobat loh. Agar tampilan lebih sempurna, lebih baik sobat memakai KalsiKompon IN-F serta KalsiTape FG-50 saat dipasang. Karena sangat tebal, sebaiknya kalsiboard berikut dipasang pada sistem rangka metal KalsiFuring dan menggunakan KalsiScrew CE.

 

Kelebihan dan Kekurangan Kalsiboard

Tentunya setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga kalsiboard. Kalsiboard juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika sobat tertarik untuk menggunakan kalsiboard sebagai plafon rumah sobat, maka sobat perlu tahu nih apa saja kelebihan serta kekurangannya. Langsung simak pembahasan Vira di bawah yuk.

 

Kelebihan Kalsiboard

 

Pemasangannya Cepat dan Mudah

 rumah.com

Jika sobat mencari material plafon yang mudah dan cepat pemasangannya, maka kalsiboard bisa menjadi solusi untuk sobat. Bagian sisinya yang lebih tipis membuat kalsiboard lebih mudah dipasang. Lalu, permukaan sambungannya sama rata dengan permukaan lembaran papan. Dengan begitu papan dapat dengan mudah tersambung meski tanpa compound.

 

Mudah Dibentuk

 selera.id

Kalsiboard memiliki sifat lentur, sehingga membuatnya lebih mudah dibentuk. Tak heran jika kalsiboard sering digunakan sebagai plafon pada bangunan yang memiliki atap dengan bentuk melengkung. Meskipun begitu, sobat tidak perlu khawatir tentang kekuatannya, Karena kalsiboard teruji sangat kuat loh.

 

Meminimalisir Resiko Kebakaran

 clarksvillenow.com

Tahu tidak sobat, kalsiboard adalah material yang memiliki daya tahan terhadap api yang cukup tinggi. Untuk api dapat membakar seluruh kalsiboard dibutukan waktu yang cukup lama. Karenanya, jika terjadi kebakaran sobat memiliki waktu yang cukup untuk mengamankan beberapa barang serta kabur keluar rumah.

 

Ramah Lingkungan

 kalsi.co.id

Dengan banyaknya kelebihan yang sudah Vira sebutkan di atas, ternyata kalsiboard merupakan material yang ramah lingkungan loh sobat. Hal ini dikarenakan kalsiboard tidak mengandung asbes pada bahan campurannya, Seperti yang sobat tahu, material asbes dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker paru-paru. Dengan menggunakan kalsiboard, sobat juga membuat hunian menjadi lebih sehat deh!

 

Material Anti Rayap

 google.com

Jika sobat menggunakan kalsiboard sebagai plafon, sobat tidak perlu khawatir lagi deh soal serangan rayap. Kalsiboard bersifat anti rayap, anti lapuk, dan juga antikarat, membuat sobat mudah untuk merawatnya.  Jika terdapat noda air pada plafon, sobat cukup mengampelas plafon sampai halus. Untuk menjaga kebersihannya, sobat hanya cukup membersihkannya menggunakan sapu untuk plafond an mengecat ulang plafon secara rutin

 

Tahan Lama

 kalsi.co.id

Kelebihan berikut merupakan yang paling penting, yaitu daya tahan. Kalsiboard memiliki daya tahan yang lama, hal berikut akan sangat membantu sobat dalam menghemat anggaran renovasi rumah nantinya. Kalsiboard juga dapat bertahan hingga puluhan tahun tanpa kerusakan berat sobat. Karena kalsiboard juga tahan terhadap serangan serangga dan jamur.

 

 

Kekurangan Kalsiboard

Harganya Relatif Mahal

 istockphoto.com

Salah satu kekurangan material kalsiboard yang harus sobat pertimbangkan yaitu dari segi harga. Di antara material yang lain, kalsiboard dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal. Untuk satu papan kalsiboard berukuran 1,2 x 2,4 meter, sobat harus merogoh kocek sebesar Rp 57 Ribu. Jika sobat memiliki budget terbatas, maka Vira tidak menyarankan sobat untuk menggunakan kalsiboard.

 

Tidak Tahan Air

 rumahku.com

Memang kalsiboard tahan terhadap serangga, rayap, dan jamur. Tapi bukan berarti kalsiboard tidak memiliki kelemahan loh. Sayangnya, kalsiboard tidak tahan air. Jika sobat menggunakan kalsiboard sebagai plafon, plafon akan menjadi kotor jika terkena air hujan terus menerus. Di musim penghujan seperti ini, sobat diharuskan untuk merawat dan membersihkan plafon secara rutin.

 

Mengalami Perubahan Bentuk Saat Kemarau

 dmo.or.id

Kekuranhan kalsiboard lainnya adalah ketika musim kemarau tiba kalsiboard dapat berubah ukuran. Ukuran kalsiboard akan menyusut dari ukuran awalnya. Ketika ukuran kalsiboard menyusut, umumnya disertai dengan adanya keretakan tipis pada rambut plafon. Hal ini terjadi karena pori-pori kalsiboard mengecil, sehingga sambungan plafon pun mengalami sedikit keretakan. Sobat bisa mencegah hal berikut terjadi loh. Untuk mencegahnya, sobat bisa menggunakan AC yang ada di dalam rumah.

Gimana sobat, apa sobat tertarik untuk menggunakan kalsiboard sebagai material plafon baru rumah? Semoga dengan pembahasan Vira berikut, dapat membuat sobat bijak dalam memilih material untuk plafon ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?