Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer

Siapa sih yang akan merasa tidak terpesona melihat hamparan lantai dari bahan marmer? Yup! Pesona...
Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer Siapa sih yang akan merasa tidak terpesona melihat hamparan lantai dari bahan marmer? Yup! Pesona dari tampilannya sellau membuat marmer menjadi material yang istimewa. Pengaplikasiannya pada rumah juga bisa membuatnya menjadi hunian yang #benarbenaridaman.
Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 27 April 2020
Share
2020-04-27

Siapa sih yang akan merasa tidak terpesona melihat hamparan lantai dari bahan marmer? Yup! Pesona dari tampilannya sellau membuat marmer menjadi material yang istimewa. Pengaplikasiannya pada rumah juga bisa membuatnya menjadi hunian yang #benarbenaridaman.

Marmer juga dapat memberikan kesan mewah pada dekorasi di ruangan rumah sobat lho. Terbentuk dari material yang alami, marmer memberikan tampilan tekstur serta corak berbeda yang tidak dimiliki material jenis lainnya. Walaupun biasanya paling sering diaplikasikan pada lantai atau dinding, material ini ternyata juga bisa lho digunakan lebih beragam.

Pada penggunaannya material marmer sebenarnya tidak hanya identik untuk lantai saja, namun juga beberapa elemen interior lainnya seperti bahan pada pelapis tangga, dinding hingga digunakan untuk eksterior rumah yang membawa kesan ekslusif. Tampilan dari bahan marmer yang selalu berhasil membuat objeknya menjadi mewah dan indah. Selain itu kepopuleran pemilihan marmer sebagai bahan utama konstruksi rumah terletak pada sifatnya yang mudah untuk dibentuk.

Untuk penggunaan pada lantai, bahan marmer sendiri memang memiliki daya tarik tersendiri. Terbentuk dari material alamiah, lantai marmer menampilkan tekstur serta corak berbeda yang tidak dimiliki oleh lantai jenis lainnya. Kesan elegan dan berkelas yang ditampilkannya membuat lantai marmer sering digunakan untuk membuat bangunan tampak mewah.

Namun Jika sobat memiliki keinginan memasang lantai marmer untuk menghadirkan kesan yang mewah nan idaman ke dalam rumah sobat, alangkah baiknya jika sobat mempertimbangkan terlebih dahulu apa saja keunggulan dan kekurangan dari penggunaan lantai marmer. Berikut rangkuman spesial dari Vira!

 

Keunggulan Menggunakan Lantai Marmer

 

1.Tahan Lebih Lama dan Mudah Dibersihkan

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer

source: pinterest

Tahukah sobat bahwa batu marmer terbentuk dari proses metamorfosa yang panjang dan alami. Dari proses tersebut kemudian membuat lapisan marmer menjadi tebal dan keras, sehingga lebih tahan lama bila digunakan sebagai lantai rumah. Kandungan mineral yang ada di dalam marmer juga akan menjaga kilau lantai sehingga tidak terlihat kusam.

Lantai marmer juga memiliki permukaan halus sehingga dapat mudah dibersihkan dengan menggunakan lap basah. Noda yang mengotori lantai tidak akan menempel karena dilindungi lapisan coating. Cukup dengan membersihkannya setiap hari dan mengecek apabila ada keretakan, lantaimu senantiasa panjang umur!

Jadi jangan percaya jika ada yang bilang lantai marmer memerlukan perawatan khusus. Sebab itu hanyalah mitos belaka. Sama seperti lantai keramik pada umumnya, Sobat hanya perlu membersihkannya dengan air dan pembersih lantai biasa.

2. Memiliki Banyak Variasi

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer

source: pinterest

Guratan cantik yang tertera pada permukaan lantai marmer telah lama dipercaya dapat menimbulkan kesan eksotis yang mewah. Beragam variasi motif juga bisa ditemukan pada lantai marmer, dari yang bening bagai gelas sampai yang dipenuhi mineral yang berkilau.

Setiap corak, pola, dan warna yang berbeda memiliki keunikannya masing-masing, dan semuanya tetap dapat meningkatkan estetika rumah menjadi terlihat lebih mewah dan elegan. Maka dari itu sobat tidak perlu khawatir apakah lantai marmer yang sobat inginkan tersedia untuk mencocokan dengan desain interior ruangan sobat.

Variasi dari lantai marmer ini juga sangat cocok untuk di letakkan pada setiap ruangan lho. Pada umumnya ruangan yang sering menjadi tempat untuk diaplikasikannya lantai marmer ini adalah ruang tamu. Namun dapur serta ruang makan juga menjadi ruangan yang cocok lho untuk di pasangkan lantai marmer. Sifatnya yang mudah dibersihkan ini Vira jamin bisa membuat ruang dapur dan ruang makan di rumah sobat selalu terlihat bersih.

3. Tidak Menghantarkan Panas

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer

source: pinterest

Kelebihan lantai marmer yang berikutnya adalah sifatnya yang dingin. Material batu marmer tidak termasuk dalam perangkat penghantar panas. Jadi, sobat VOIRE masih tetap bisa memasang lantai marmer di luar rumah tanpa harus mengkhawatirkan keretakan yang diakibatkan oleh suhu panas atau sinar cahaya matahari.

Sifatnya yang tidak menghantarkan panas ini membuat ruangan terasa lebih adem dan sejuk di siang hari yang terik lho sobat!

4. Bisa Digunakan di Setiap Ruangan

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer

source: pinterest

Sobat VOIRE bisa menggunakan lantai marmer dimana saja, di teras, ruang tamu, dapur, kamar, dan ruangan lainya. Ketersediaan motif yang bervariasi membuatmu bebas memilih lantai marmer mana yang bisa disesuaikan dengan konsep desain ruangan di rumahmu.

Namun, ada kalanya tampilan mewah jadi berlebihan dan ruangan terlalu penuh dengan aksen dari lantai marmer. Tidak ada salahnya memadukanya dengan elemen lain seperti furniture kayu dan barang logam, keseluruhan desain ruangan jadi lebih seimbang.

Kekurangan Lantai Marmer

1. Pemasangannya Lantai Marmer Cukup Sulit

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer

source: pinterest

Untuk memasang lantai marmer sobat VOIRE harus cermat dan jeli, kalau sembarangan lantai marmer bisa pecah. Material pembentuk lantai marmer juga sangat reaktif terhadap larutan yang besifat asam, lantai marmer akan rusak jika terkenalarutan asam. Saat lantai marmer pecah dan berlubang, mau nggak mau sobat VOIRE harus menggantinya dengan yang baru.

Jadi pastikan untuk memperkerjakan tukang yang memang berpengalaman dalam memasang lantai marmer ini ya. Tukan yang berpengalaman bisa sobat dapatkan pada perusahaan kontraktor interior. Selain harganya yang bersahabat, kualitasnya juga tidak bisa sobat ragukan lagi.

2. Permukaan yang Licin

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer

source: pinterest

Pada proses pembuatannya, finishing dan pembakaran membuat lantai marmer menjadi licin. Dalam keadaan basah, lantai juga tidak cepat kering. So, pada kamar mandi, tegel marmer lebih cocok dipasang pada dinding atau counter kamar mandi.

Jika sobat ingin dipasang pada bagian lantai, sebaiknya pasang pada area kamar mandi yang kering. Untuk Sobat yang memiliki anak kecil, Vira sarankan sih sebaiknya jangan menggunakan marmer di lantai ruang-ruang bermain anak agar buah hati Sobat tidak terpeleset.

Sebenarnya lantai yang licin ini bisa sobat atasi dengan memberikan karpet pada permukaan lantai marmer. Jadi jangan takut untuk memasang lantai marmer apabila sobat memiliki anak yang masih kecil yaa! Karena semua dari kekurangan penggunaan lantai marmer ini tentunya bisa diatasi dengan bijaksana.

3. Harganya Cukup Mahal

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lantai Marmer

source: pinterest

Proses metamorfosa yang mengambil banyak waktu membuat material batu marmer susah ditemukan dan diproduksi menjadi lempengan lantai, sehingga harganya pun menjadi mahal. Satu lantai marmer dapat berharga sampai tiga kali lipat lantai keramik biasa. Harga dari baru marmer sendiri biasanya berbeda-beda sesuai dengan tampilan dan bahan pendukung pembuatannya.

Maka dari itu siapkan kocek yang cukup dalam yaa jika sobat memang berencana untuk memiliki lantai dari marmer. Nah, setelah sobat mengatahui bagaimana kelebihan serta kekurangan dari penggunaan lantai marmer di rumah yang #benarbenaridaman, apakah sudah merasa yakin untuk memamsang lantai dari bahan marmer dengan tampilan yang memberikan kesan mewah ini di rumah sobat? Yuk mulai pelajari lebih seksama serta pertimbangkan secara matang dan baik-baik, sehingga sobat bisa mengantisipasi resiko dari kekurangan yang dimiliki lantai marmer apabila memang sobat merasa tertarik untuk memasangnya.

Baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?