Kenali 7 Tipe Jendela Dan Ukuran Jendela Yang Ideal Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Kenali 7 Tipe Jendela Dan Ukuran Jendela Yang Ideal Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman

Jendela memiliki peran penting pada hunian. Selain berfungsi sebagai ventilasi udara, dan jalan u...
Kenali 7 Tipe Jendela Dan Ukuran Jendela Yang Ideal Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman Kenali 7 Tipe Jendela Dan Ukuran Jendela Yang Ideal Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman Jendela memiliki peran penting pada hunian. Selain berfungsi sebagai ventilasi udara, dan jalan untuk masuknya cahaya. jendela juga mempengaruhi tingkat kesehatan lingkungan suatu rumah atau bangunan. Tak hanya sampai di situ, jendela dapat mempengaruhi nilai estetika pada rumah loh sobat. Karena idealnya, pemilihan jendela disesuaikan dengan tema atau konsep rumah yang sobat inginkan.
Kenali 7 Tipe Jendela Dan Ukuran Jendela Yang Ideal Untuk Hunian Yang #benarbenaridaman
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 28 Desember 2021
Share
2021-12-28

Jendela memiliki peran penting pada hunian. Selain berfungsi sebagai ventilasi udara, dan jalan untuk masuknya cahaya. jendela juga mempengaruhi tingkat kesehatan lingkungan suatu rumah atau bangunan. Tak hanya sampai di situ, jendela dapat mempengaruhi nilai estetika pada rumah loh sobat. Karena idealnya, pemilihan jendela disesuaikan dengan tema atau konsep rumah yang sobat inginkan. Contohnya, jika rumah sobat memiliki konsep mediterania, saran Vira sih sobat bisa menggunakan jendela dengan tipe bay atau transom window.

Jika sobat sedang merenovasi rumah, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan bentuk dan tipe jendela seperti apa yang akan sobat pasang. Baik itu dari segi ukuran, bentuk, posisi pemasangan, hingga bahan dari jendela. Terus, ada berapa tipe jendela dan berapa ukuran jendela yang tepat? Daripada bingung, langsung Vira bahas aja deh di bawah!

 

Tipe-Tipe Jendela

 

Stationary Window

 hgtv.com

Stationary window adalah tipe jendela yang tidak bisa sobat buka. Umumnya, stationary window dipasang di sudut ruangan. Karena desainnya yang sederhana, jendela tipe berikut juga kerap kali ditemukan pada rumah minimalis modern atau rumah kontemporer.

 

Casement Window

 pinterest.com

Casement window adalah tipe jendela yang bisa dibuka dengan engsel pada bagian samping jendela. Dengan letak engsel berada di samping tersebut, jendela bisa sobat buka sangat lebar saat sobat butuh udara segar. Oh iya, berbeda letak engselnya, beda juga sebutannya sobat. Untuk jendela dengan letak engsel di atas disebut awning windows. Sedangkan jendela dengan letak engsel di bawah disebut hoppers.

 

Picture Window

 forbes.com

Picture window hampir serupa dengan stationary window karena sama-sama tidak bisa dibuka. Namun, picture window memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan stationery window. Bahkan, jendela tipe ini dipasang sebagai pengganti tembok. Umumnya picture window digunakan pada rumah-rumah minimalis guna menghadirkan kesan luas. Selain itu juga untuk menghadirkan pengcahayaan alami ke dalam rumah. Jika sobat menginginkan rumah dengan konsep minimalis, maka picture window bisa menjadi pilihan untuk sobat.

Kebanyakan picture window diaplikasikan di lantai dua. Kenapa tidak di lantai satu? Karena penggunaan picture window di lantai satu dapat membuat kegiatan di dalam rumah terlihat oleh orang yang berlalu-lalang di sekitar rumah, sehingga membuat sobat beserta penghuni rumah risih.

 

 

Awning Window

 pinterest.com

Seperti yang sudah Vira bahas sebelumnya, awning window memiliki engsel yang terletak pada bagian atas jendela, sehingga jendela pun dapat dibuka ke arah atas. Di luar negerim umumnya jendela tipe berikut digunakan pada ruang basement atau pada ruangan yang tidak punya banyak ruang untuk memasang jendela. Di rumah bergaya minimalis, awning window sering digabungkan dengan stationary window dan ditempatkan di bagian atas atau bawah jendela. Ketika sobat butuh ventilasi, sobat bisa membuka awning window yang berukuran kecil saja.

 

Double-Hung Window

 awsaustralia.com.au

Double-hung window adalah jendela yang terdiri dari dua daun jendela, yaitu pada bagian bawah dan atas. Meskipun begitu, porposinya tidak selalu sama loh sobat. Daun jendela atas bisa dibuka dengan digeser ke bawah. Untuk daun jendela bawah bisa sobat buka dengan digeser ke atas.

 

Single-Hung Window

 google.com

Single-hung memiliki bentuk yang sangat mirip dengan double-hung. Namun sesuai namanya, hanya ada satu jendela yang bisa dibuka pada tipe single-hung. Yaitu bagian atas digeser ke bawah, atau bagian bawah digeser ke atas.

 

Sliding Window

 google.com

Sesuai dengan namanya, tipe jendela berikut dibuka dengan cara digeser. Untuk memaksimalkan bukaan, sobat bisa membuat dua atau lebih daun jendela. Tipe jendela berikut bisa sobat pasang pada dapur atau kamar tidur.

 

Ukuran Jendela yang Ideal

Setelah mengetahui tipe-tipe jendela di atas, pasti sobat bertanya-tanya mengenai ukuran jendela untuk setiap ruangan. Vira tahu kalau setiap ruangan di rumah sobat memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, jendela memiliki ukuran yang ideal untuk setiap ruangan di rumah sobat. Daripada sobat semakin bingung, langsung saja simak pembahasan Vira di bawah ya!

 

Ukuran Jendela Ruang tamu

 tokopedia.com

Jendela pada ruang tamu harus memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jendela pada ruangan lain. Kenapa harus besar? Karena jendela pada ruang tamu berada di area paling depan pada rumah, hal ini bertujuan agar akses sinar matahari dan udara bisa masuk dengan leluasa ke dalam rumah. Saran Vira sih, untuk jendela pada ruang tamu sebaiknya berukuran sekitar 80 cm x 100 cm, atau bisa juga sobat sesuaikan dengan luas ruang tamu di rumah sobat.

 

Kusen Jendela

 kompas.com

Saat sobat menentukan ukuran jendela, pastikan sobat juga menentukan ukuran besar untuk kusen jendela. Selain itu, sobat juga harus menyisakan ruang untuk bagian kanan, kiri, atas dan bawah dari jendela untuk kusen. Ukuran ideal kusen jendela adalah sekitar 6 cm, jadi sobat tinggal menghitung setiap sisi untuk dikurangi 12 cm untuk kusen.

 

Ukuran Kaca Jendela

 pinhome.id

Eits, jangan sampai sobat melupakan yang satu ini. Ya betul, kaca jendela. Meskipun tidak semua jendela memiliki kaca, namun umumnya jendela memiliki kaca pada bagian dalamnya. Untuk menentukan ukuran kaca pada jendela, tentu sobat tinggal menyesuaikan dengan ukuran jendela pada rumah sobat. Namun untuk ketebalan kaca, saran Vira sih pilihlah jendela dengan ketebalan minimal 5 mm.

 

Jendela Kamar Tidur

 rumah.com

Ruangan lain yang perlu sobat pasang jendela yaitu kamar tidur. Selain berfungsi sebagai jalur masuk untuk udara dan cahaya, dipasangnya jendela pada kamar tidur dapat mencegah ruangan menjadi lembap. Menurut Vira, ukuran jendela kamar tidur yang ideal adalah 40 cm x 90 cm, 50 cm x 100 cm, atau bisa juga disesuaikan dengan ukuran kamar sobat.

 

 

Jendela Dapur

 

Meskipun sobat telah memasang cooker hood untuk menghisap asap dan bau makanan, tapi dapur tetap membutuhkan jendela loh sobat. Karena jendela dapat mengalirkan udara segar pada dapur dan juga mengeluarkan asap dan bau makanan. Ukuran jendela dapur yang ideal adalah 50 cm x 70 cm, atau sobat bisa menyesuaikan dengan luas dinding dapur sobat.

 

Jendela Kamar Mandi

 pinterest.com

“Vira, perlu tidak sih pasang jendela di kamar mandi? Kan malu,” Memang biasanya kamar mandi menjadi satu-satunya ruangan yang tidak dipasangkan jendela karena masalah privasi. Tetapi perlu sobat tahu, bahwa kamar mandi akan menjadi lembap karena terkena air setiap saat. Maka dari itu, kamar mandi perlu dipasangkan jendela. Sobat bisa memasang jendela kecil berukuran 40 cm x 50 cm di bagian atas kamar mandi.

Itu dia tipe-tipe jendela beserta ukuran jendela yang ideal untuk setiap ruangan rumah yang dapat Vira rangkum untuk sobat. Kini sobat tidak perlu ragu lagi dalam menentukan tipe dan ukuran jendela yang tepat untuk hunian sobat. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?