Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

Sobat udah pernah dengar belum gaya gotik atau gothic style pada interior? Mungkin terdengar unik...
Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior Sobat udah pernah dengar belum gaya gotik atau gothic style pada interior? Mungkin terdengar unik dan asing ya sobat. Tetapi sebenarnya gaya gotik ini sudah ada sejak lama dan banyak juga yang menerapkan gaya ini pada sebuah hunian, terutama pada hunian-hunian yang berbau klasik. Penasaran, apa sih gaya gotik itu? Yuk kita bahas!
Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 26 April 2021
Share
2021-04-26

https://voireproject.com/

Sobat udah pernah dengar belum gaya gotik atau gothic style pada interior? Mungkin terdengar unik dan asing ya sobat. Tetapi sebenarnya gaya gotik ini sudah ada sejak lama dan banyak juga yang menerapkan gaya ini pada sebuah hunian, terutama pada hunian-hunian yang berbau klasik.

Penasaran, apa sih gaya gotik itu? Yuk kita bahas!

Gotik atau gothic adalah seni keindahan era medival yang sangat historis alis bersejarah. Gaya desain dan arsitektur gothic sangat populer dan digemari pada masanya. Gothic style menawarkan suasana yang elegan sekaligus misterius dan sedikit mistik.

Interior  gotik ini mulai berkembang pada 1700an di Eropa, dan menjadi salah satu gaya desain interior dan arsitektur yang sangat populer dan digemari banyak orang pada saat itu. Tidak tekecuali di Amerika pada 1800an.

Menurut beberapa sumber, gaya desain ini pada masanya disebut juga sebagai gaya Perancis atau French style. Karena mimiliki beberapa kesamaan fundamental dengan gaya desain klasik ala Perancis.

Jika sobat adalah seorang yang menggemari gaya arsitektur dan konstruksi ruangan dengan banyak detail, kaya akan warna dan penggunaan dekorasi serta aksesoris dalam skala besar, Sobat akan terkejut karena gaya gotik bisa memberikan itu semua.

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Gaya gotik menjadi salah satu gaya interior yang menawarkan suasana yang misterius, romantic dan extravagant.

Seiring dengan perkembangan zaman, gaya gothic mulai tersisih. Apalagi di Indonesia, masyarakat lebih mencintai gaya minimalis yang ringkas dan praktis. Tetapi, Sobat yang menggandrungi gaya gothic tetap bisa menampilkan kesan modern bernuansa gothic di rumah.

Berikut ini ciri khas dari gaya gotik yang bisa sobat terapkan di rumah sobat:

Pemilihan Warna

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Gaya gotik ini memang ditandai dengan penggunaan unsur warna hitam atau gelap yang tegas pada dinding, langit-langit dan lantai. identik dengan nuansa yang gelap.

Jendela vertikal yang besar, lengkap dengan gorden yang menampilkan suasana klasik nan mewah, furniture serta aksesori dan dekorasi-dekorasi yang khas serta ikonik.

Tetapi sobat tidak harus selalu menggunakan warna hitam. Untuk memberikan kesan tedun dan gelap, warna-warna bold bisa digunakan. Misalnya warna merah pada cushion, warna maroon pada wallpaper, lantai parket dengan motif gelap, atau warna-warna gelap lainnya yang bisa diaplikasikan pada counter top dan furniture.

Namun tidak selamanya penggunaan warna hitam dan gelap yang dominan menjadi satu-satunya faktor yang esensial. Modern gothic dan Scandinavian gothic melahirkan gaya desain interior eklektik era sekarang yang menghilangkan dominasi warna hitam dan gelap yang melekat pada gaya interior gothic sebelumnya.

Pencahayaan

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Soal pencahayaan menjadi salah satu faktor terpenting dalam interior gothic. Namum tidak dalam tampilan visual atau tercitrakan menjadi suasana ruangan yang temarana nan gelap dengan penggunaan cahaya lilin yang dominan misalnya.

Atau penggunaan lampu seminimal mungkin. Tidak, untuk mendapatkan suasana gothic tidaklah mesti seperti itu.

Saat ini, ruangan dengan gaya interior gotik dominan menggunakan konstruksi jendela vertikal yang menjulang tinggi dan besar. Dengan konstruksi semacam itu dapat memberi atmosfer pencahayaan yang maksimal pada keseluruhan ruangan.  

Ruangan dengan gaya gotik mampu keluar dari kesan suram dan gelap seperti yang terdapat pada ruangan di gereja-gereja zama Romawi yang menggunakan arsitektur bergaya gotik.

Jendela dan Lengkungan

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Ciri khas gaya gotik adalah penggunaan jendelan yang besar dengan ukiran-ukiran di sisi jendela. Sebagai dekorasi, turret dan ornament kerawang dapat digunakan, yang penggunaannya sangat khas dari jenis gaya gotik, sehingga tidak dapat disamakan dengan gaya lain.

Suasana ruangan penuh kemegahan dan keanggunan. Jendela bisa didekorasi dengan ornament, atau. Gaya gotik modern cenderung mirip dengan kastil abad pertengahan dank arena lebih banyak perhatian selalu diberikan pada jendela dan lengkungan.

Lampu

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Karena gaya gotik tidak kehilangan relevansinya, lampu yang dibuat dengan gaya ini sempurna untuk menciptakan suasana abah pertengahan dengan bantuannya. Karena elemen ini memainkan peran penting dalam menciptakan gaya.

gotik dan suasana abad pertengahan. Tetapi karena permintaanya yang rendah, mereka diproduksi relatif sedikit. Jadi jika sobat ingin memilikinya sobat harus membuatnya secara custom

Lantai

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Tidak ada jenis lantai khusus. Tapi, sebaiknya sobat memilih yang berwara gelap, misalnya lantai dari batu poselen warna hitam dove, lantai parket motif mahogany atau lantia semen ekspos mengkilat.

Material

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Gaya gotik dicirikan oleh penggunaan bahan alami yang mulia, kayu, dan marmer. Dalam gaya gotik modern, dibutuhkan sejumlah besar kaca dan logam. Dan juga penggunaan kayu pilihan terbaik seperti dark oak, beech, larch, alder, cedar, juniper dan sebagainya.

Untuk menghiasi dinding dalam interior gotik ini bisa menggunakan permadani dengan gambar sejarah tertentu, lukisan begaya abad pertengahan dan sebagainya.

Sangat sering ukiran logam atau kayu digunakan, yang menghiasi misalnya pintu atau kubah kayu untuk menjadi dekorasi yang indah untuk langit-langit.

Gaya ini ditandai dengan penggunaan furniture yang masif namun elegan. Tepmat tidur yang besar dengan kepala tempat tidur yang tinggi juga dihiasi ukiran kayu atau detail besi temple asli.

Perabotan untuk interior gotik menghadirkan meja kayu tinggi dengan kaki berukir yang  indah, kursi dan kursi berlengan dengan sandaran tangan kayu, peti berukir yang dihiasi dengan alat kelengkapan logam tempa, cermin dalam bingkai logam berat.

Sobat juga bisa memadukan gaya gothic ini dengan gaya yang lain seperti modern dan scandinavian, akan tetapi ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan seperti berikut ini:

Sentuhan Logam yang Tegas

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Terapkan warna-warna dan bentuk yang tegas pada unsur logam yang ada di ruangan, misalnya kaki-kaki furniture, rail tangga, handle, atau frame. Logam yang digunakan sebaiknya berwarna gelap. Boleh memilih warna lainnya, seperti merah, indigo, atau gold, tetapi warna-warna ini tidak semuanya dominan.

Dominasi Bentuk Minimalis

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Sobat tinggal di era modern yang mengutamakan kepraktisan dan keindahan dari bentuk-bentuk yang sederhana. Untuk mengombinasikan dengan pola minimalis, pilihlah beberapa furniture minimalis, misalnya pad arak buku, meja dan kabinet dapur, serta lampu-lampu yang simple elegant.

Terapkan Gaya Victoria

Kenali Lebih Dalam Apa itu Gothic Style Dalam Interior

 source:pinterest.com

Saatnya menambahkan unsur gotik yang menjadi jati diri ruangan. Karena gaya gotik berasala dari eropa, jangan lupa menambahkan gaya Victoria dalam rumah.

Gaya Victoria bisa didapat dari hiasan dinding bermotif kepala dengan ukiran ala renaissance. Bisa juga dari pemilihan material kulit, bulu, dan kain yang tebal. Tambahkan sebuah cermin berukir atau chandelier klasik di dalam ruangan.

Bagaimana sobat? apakah sobat berminat untuk menerapakan gaya gotik ini dirumah sobat? walaupun gaya ini merupakan gaya yang terkenal pada abad pertengahan sobat dapat memadukannya dengan gaya modern atau Scandinavian.

Jadi sobat masih bisa mendapatkan suasanya yang terwujud dari gaya gotik ini yaitu kesan yang mewah, elegan dan misterius. Tetapi tetap modern dan tidak ketinggalan jaman. Walapun cukup merogoh kocek yang dalam, gaya interior yang unik ini patut dicoba

https://voireproject.com/

Baca juga artikel menarik lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?