Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya

Selain air, listrik adalah salah satu energi yang dibutuhkan oleh manusia ya sobat untuk beraktiv...
Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya Selain air, listrik adalah salah satu energi yang dibutuhkan oleh manusia ya sobat untuk beraktivitas dan menunjang kebutuhan sehari-hari. Penggunaan listrik yang lazim di keseharian, terkadang membuat penggunanya terlena dan lupa akan resiko korsleting listrik. Kurangnya pengetahuan perihal penyebab korsleting listrik di rumah, meningkatkan resiko timbulnya kerugian yang lebih besar. Salah satunya bisa menjadi penyebab kebakaran hebat lho sobat.
Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 23 Juli 2021
Share
2021-07-23

Pemicu Korsleting Listrik di Rumah dan Trik Untuk Mencegahnya

Selain air, listrik adalah salah satu energi yang dibutuhkan oleh manusia ya sobat untuk beraktivitas dan menunjang kebutuhan sehari-hari. Penggunaan listrik yang lazim di keseharian, terkadang membuat penggunanya terlena dan lupa akan resiko korsleting listrik.

Kurangnya pengetahuan perihal penyebab korsleting listrik di rumah, meningkatkan resiko timbulnya kerugian yang lebih besar. Salah satunya bisa menjadi penyebab kebakaran hebat lho sobat.

Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya

 source:google.com

Korsleting listrik ini merupakan hubungan pendek arus listrik yang terjadi secara mendadak.  Ini dapat terjadi karena adanya hubungan langsung antara konduktor negative dengan positif.

Penyebab korsleting listrik di rumah tersebut bisa timbul karena adanya penyambungan kabel yang tidak memperhatikan kutub-kutub listrik, atau karena adanya konduktor listrik yang tidak tertutup dengan bahan isolator sehingga bersentuhan dengan tidak sengaja.

Hubungan pendek ini bila dibiarkan akan menimbulkan panas yang memicu kebakaran. Korsleting listrik memang terjadi mendadak sobat.

Namu bukan berarti terjadi tanpa penyebab yang jelas ya. Maka dari itu, sebaiknya sobat ketahui dulu beberapa penyebab dan cara mencegah korsleting listrik yang dapat membahayakan keselamatan.

Simak penjelasan Vira berikut ini ya!

Instalasi Listrik yang Tidak Sempurna

Penyebab korsleting listrik yang paling umum adalah instalasi listrik yang tidak sempurna. Oleh karenanya, pastikan untuk menyerahkan pemasangan listrik kepada tenaga ahli yang memiliki Sertifikat Layak Operasi atau SLO.

Atau jika tidak pastikan tenaga ahli tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia atau AKLI. Mereka akan memastikan untuk menyambung kabel dengan tepat dan rapi, baik saat menyolder atapun memasangi isolator.

Komponen Tidak Tepat dan Berkualitas

Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya

 source:google.com

Kebanyakan orang awam tidak memahami bahwa ukuran kabel perlu disesuaikan dengan arus listrik yang digunakan. Semakin besar arus listrik, maka ukuran kabel harus besar juga. Pemilihan jenis kabel yang kurang tepat dapat menyebabkan korsleting listrik.

Komponen listrik seperti saklar dan kabel yang abal-abal juga meningkatkan resiko terjadinya korsleting listrik. Nah, supaya sobat terhindar dari korsleting listrik, pastikan untuk menggunakan komponen yang berkualitas ya.

Ciri-ciri komponen listrik yang berkualitas adalah yang sudah memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar PLN (SPLN) atau Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK).

Kabel Rusak

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia pemakaian, kabel akan mengalami kerusakan misalnya karena digigti tikus, terjepit lemari, dan sebagainya. Kabel yang rusak ini rentan menyebabkan korsleting listrik.

Jadi, rutinlah mengecek kondisi kabel di hunian sobat. Apabila ada yang terkelupas, balut dengan plester khusus. Jika rusaknya parah, segera hubungi layanan jasa instalasi listrik untuk menggantinya dengan yang baru.

Supaya tidak mudah rusak lagi, lindungi kabel dengan paralon.

Colokan Listrik yang Menumpuk

Karena zaman ini semuanya serba elektronik, jumlah colokan listrik di hunian rasanya selalu kurang. Maka, tak heran kalau orang-orang memanfaatkan colokan tambahan supaya bisa menggunakan banyak perangkat di saat bersamaan.

Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya

 source:google.com

Terdengan efisien, tapi inilah salah satu penyebab terjadinya korsleting listirk. Penumpukan colokan tersebut akan menimbulkan suhu panas dari aliran listrik. Suhu panas yang terperangkap kemudian akan memicu korsleting listrik.

Apanila terpaksa menggunakan colokan listrik tambahan, pilihan yang dilengkapi dengan tombol on dan off. Matikan colokan ketika perangkat tidak digunakan. Lalu, biasakan untuk tidak mencolok banyak perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Perangkat Elektronik dan Colokan Terkena Cairan

Sejak kecil kita, diajarkan untuk tidak menuangkan cairan ke arus listrik yang mengalir. Pasalnya, keteledoran ini dapat menyebabkan korsleting listrik dan membuat kita tersetrum.

Oleh karena itu, perangkat elektronik dan colokan listrik harus dijauhkan dari cairan, terutama di area dapur, kamar mandi, dan ruang laundry. Colokan listrik dapat dibuat di area yang tinggi dan jauh dari genangan.

Bisa juga diberi penutup khusus untuk melindunginya terciprat air.

Paparan Panas Berlebih

Perangkat elektronik rumah tangga yang terlalu panas dapat menimbulkan percikan api pada aliran listrik, lalu berujung pada korsleting listrik dan kebakaran. Oleh sebab itu, hentikan pemakaian perangkat elektronik apabila terasa panas.

Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya

 source:google.com

Istirahatkan sebentar sebelum menggunakannya kembali. Untuk lebih aman lagi, pilihlah perangkat elektronik dengan pemutus aliran listrik otomatis yang aktif ketika perangkat sudah panas.

Posisikan colokan listrik dan perangkat elektronik juga perlu dijauhkan dari sumber panas, seperti kompor. Perangkat elektronik berukuran besar seperti kulkas dan dispenser sebaiknya diberi jarak dengan dinding sekitar 20cm.

Sambungan Kabel Tidak Rapi

Selain perihal masalah instalasi listrik yang tidak baik, kondisi sambungan kabel yang tidak rapi juga akan menyebabkan korsleting listrik di rumah. Maka dari itu, jika memang harus menyambung kabel, ada baiknya untuk menyambung kabel dengan rapi, baik saat menyolder atau memberi isolator.

Tujuannya tentu agar potensi adanya hubungan arus pendek bisa diminimalisir.

Kapastias Kabel Tidak Sesuai

Kemudian, penyebab korsleting listrik di rumah yaitu adanya penggunaan ukuran serta kapasitas kabel yang tidak sesuai dengan arus listrik yang dihantarakannya. Padahal ukuran kabel hendaknya disesuaikan dengan besar arus listrik yang akan dilewatinya.

Kenali Penyebab Korsleting Listrik Di Rumah dan Cara Mengatasinya

Semakin besar arus listrik maka seharuanya semakin besar pula kaber yang diperlukan.

Kontak Colokan Kendur

Selanjutnya, penyebab korsleting listrik di rumah bisa karena kontak listrik kendur. Posisikan colokan yang sudah tidak stabil akan berpotensi menimbulkan percikan api yang bisa menyebabkan hubungan arus pendek.

Alat Elektronik yang Tidak Digunakan

Banyak peralatan yang memerlukan listrik dalam satu rumah, bisa menyebabkan beban listrik jadi terlalu berat. Hal tersebut bisa menyebabkan sekring menjadi naik turun dan akhirnya memutus aliran listrik tersebut.

Kemudian, yang menjadi berbahaya, jika terus menerus dibiarkan. Pasalnya, arus listrik bisa tidak stabil dan beresiko tinggi mengalami korsleting. Maka dari itu, solusinya dengan mengurangi beban listrik tersebut dengan mencabutnya atau menaikkan daya listrik di rumah sobat.

Komponen Atau Alat Listrik Tidak Standar

Selain itu, penggunaan kommponen atau alat listrik tidak standar seperti yang ditetapakn, juga meningkatkan resiko timbulnya korsleting listrik. Itulah mengapa, cara mencegah yang paling tepat adalah dengan menggunakan berbagai peralatan listrik.

baik seperti kabel-kabel, stop kontak, saklar, steker dan berbagai peralatan yang mebutuhkan daya listrik agar dapat beroprasi, yang tentunya harus memiliki label Standal Nasional Indonesia (SNI), Standar PLN (SPLN)  atau standar dari Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK).

Kebocoran Rumah

Mungkin jarang disadari, adanya kebocoran di atap rumah bisa membasahi beberapa bagian yang terdapat sumber listrik. Hal ini sangat perlu diwaspadai dan segera diatasi. Jika tidak, bukan tidak mungkin korsleting listrik ini akan terjadi.

Sumber Listrik Ilegal

Yang terakhir, penyebab korsleting listrik dirumah adalah karena adanya penambahan daya secara illegal atau memodifikasi KWH Meter sendiri. Hal ini tentu sangat tidak patut dicontoh ya sobat dan ada baiknya untuk tidak dilakukan.

Nah, sekarang sobat sudah tau kan apa saja penyebab korsleting listrik di rumah? Tetap Berhati-hati ya sobat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?