Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama

Setiap rumah atau pun bangunan lainnya pasti membutuhkan kusen untuk jendela dan juga pintu. Kuse...
Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama Setiap rumah atau pun bangunan lainnya pasti membutuhkan kusen untuk jendela dan juga pintu. Kusen adalah bagian dari konstruksi pintu dan juga jendela yang berfungsi untuk membentuk hubungan antara pintu atau jendela dengan tembok.
Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Furniture 28 Desember 2020
Share
2020-12-28

Setiap rumah atau pun bangunan lainnya pasti membutuhkan kusen untuk jendela dan juga pintu. Kusen adalah bagian dari konstruksi pintu dan juga jendela yang berfungsi untuk membentuk hubungan antara pintu atau jendela dengan tembok.

Selain itu, kusen juga merupakan salah satu bagian yang utama dan bagian yang paling memungkinakan untuk meletakkan daun pintu maupun jendela agar dapat membuka tutup.

Dulu, kusen umumnya terbuat dari kayu. Namun seiring berjalannya waktu disertai perkembangan zaman yang semakin modern,  banyak orang-orang yang sudah meninggalakn material kayu sebagai komponen kusen.

Orang-orang mulai beralih menggunakan kusen dengan material non kayu untuk membangun rumah atau gedung. Hal ini dikarenakan kayu mudah sekali lapuk dan tidak tahan terhadap serangan serangga.

Bahkan jika udara dan cuaca sedang lembab, kusen kayu akan lebih cepat untuk keropos dan juga membusuk. Maka dari itu, kusen dengan material non kayu kini lebih dipilih banyak orang karena dianggap praktis dan juga bisa lebih awet tahan lama.

Beberapa pilihan kusen non kayu yang paling banyak digemari adalah kusen alumunium dan kusen uPVC. Dilihat dari segi tampilannya, kedua kusen ini memang terlihat mirip. Akan tetapi sebenarnya ada banyak sekali perbedaan di antara keduanya.

Sebenanrya kedua material ini bisa dibilang mirip karena sama-sama tahan air, tahan terhadap serangan rayap dan juga tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim.

Kedua material ini juga sama-sama ringan sehingga tidak akan memberatkan saat proses pengangkutan dan pemasangan. Dan yang cukup penting, perawatan kedua material ini terbilang mudah dan cukup sederhana.

Karena kedua material ini sama-sama dimanfaatkan sebagai opsi kusen rumah non kayu, sebagian dari sobat VOIRE mungkin ada yang merasa kebingungan memilih material manakah yang bagus untuk rumah sobat.

Agar dapat mempertimbangkan dengan maksimal, yuk cek dulu beberapa perbedaan yang dimiliki oleh kedua material tersebut, diantaranya:

Kusen Alumunium

Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama

 source: pinterest

Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan material alumunium. Material alumunium merupakan salah satu alternative prnggunaan kayu yang digunakan untuk kusen. Jika sobat membandingkan kayu, material ini juga relative lebih ramah lingkungan.

Jika sobat membandingkan kayu, material ini juga relatif lebih ramah lingkungan karena dapat sobat daur ulang. Material alumunium sangat ringan, tahan karat, taha air, tahan api, tahan pada cuaca ekstrem serta tahan dari serangan rayap.

Kelebihan Kusen Alumunium

1. Tampilan Kusen Minimalis

Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama

 source: pinterest

Kusen yang terbuat dari alumunium akan membuat kusen terlihat lebih ramping. Dengan menggunakan kusen berbahan alumunium, sobat VOIRE bisa mendapatkan tampilan yang lebih minimalis.

Tentunya tampilan kusen yang minimalis ini akan memberikan ruang atau space lebih untuk kaca. Maka dari itu jendela akan terlihat lebih lebar dan lapang. Pencahayaan yang alami juga akan masuk ke dalam rumah lebih banyak dan tentunya membuat rumah terasa lebih segar.

2. Ramah Lingkungan dan Tahan Lama

Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama

 source: pinterest

Kusen aluminum merupakan kusen yang cukup ramah lingkungan karena dapat sobat daur ulang setelah pemakaiannya. Sobat bisa mendaur ulang kusen alumunium menjadi perabotan sederhana yang bermanfaat seperti gantungan baju.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan kusen yang terbuat dari material kayu. Karena kayu sulit untuk didaur ulang. Maka dari itu sudah saatnya sobat berkontribusi terhadap perbaikan pada lingkungan sekitar.

Alumunium merupakan material yang tahan lama karena tahan terhadap serangan rayap. Perubahan cuaca dan juga kelembapan, kusen alumunium akan lebih tahan lama, material ini tahan terhadap keropos dan tidak akan lapuk seperti kayu.

Kekurangan Kusen Alumunium

1. Model Kusen yang monoton

Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama

 source: pinterest

Model kusen alumunium yang tidak variatif. Kusen alumunium merupakan produk pabrikan, sehingga modelnya sudah standar. Variasi bentuk dan model ini cenderung terbatas karena tergantung dari pabrik pembuatnya.

Oleh karena itu, kusen alumunium kurang cocok jika dipakai untuk rumah yang bergaya klasik dengan ornament yang detail. Kusen alumunium cenderung lebih cocok diaplikasikan pada rumah yang bergaya minimalis.

2. Pemasangan yang relatif sulit

Kusen uPVC vs Kusen Alumunium. Alternatif Kusen non Kayu yang Lebih Tahan Lama

 source: pinterest

Pemasangan kusen alumunium relative lebih sulit. Kusen adri material ini biasanya dipasang dengan sistem fischer. Kusen alumunium dibor dan dibaut merapat ke tembok pada sekeliling kusen yang sudah diplester dengan rapi.

Hal yang membuat sulit adalah banyak dari sobat adalah pemasangannya yang kurang hati-hati seolah-olah kusen alumunium tidak dapat kita di pakai kembali.

Kusen uPVC

 source: pinterest

Kusen uPVC merupakan singkatan dari unplasticized Poly Vinyl Chloride. Material yang bernama uPVC ini adalah material turunan plastic yang sifat plastiknya terkurangi sehingga cukup berkurang tingkat kelenturannya.

Oleh sebab itu material uPVC ini terkenal tidak mudah patah. Bagian dalam kusen uPVC sering kali diberi rangka dari baja maupun besi galvanis agar terlihat lebih kokoh. Sama seperti alumunium, material ini pun tahan terhadap cuaca maupun korosi, serta tahan serangan rayap.

Keunggulan Kusen uPVC

1. Kokoh dan Ramah Lingkungan

 source: pinterest

Material uPVC buatan pabrik dikenal tahan terhadap seragan rayap, perubahan cuaca yang ekstrim dan tidak gampang keropos. Dan apabila dibandingkan dengan kusen alumunium, kusen uPVC lebih unggul karena tahan terhadap muai susut.

Kusen uPVC juga tidak merambatkan panas, seperti halnya logam lainnya dan sangat berbeda dengan material alumunium yang dapat dengan mudah merambatkan suhu panas

Selain kokoh, material ini juga ramah lingkungan karena dapat sobat VOIRE daur ulang. Material uPVC lebih mudah untuk daur ulang jika sobat bandingkan dengan alumunium.

2. Model yang bisa menyesuaikan keinginan

 source: pinterest

Berbeda dengan kusen alumunium, kusen uPVC bisa dipesan dengan ukuran kusen jendela maupun pintu yang sesuai dengan keinginan sobat.

Dan modelnya juga bisa lebih bervariasi jika sobat bandingkan dengan kusen alumunium. Bahkan model jendela sobat juga dapat sobat buat lebih melengkung dan juga agak melingkar.

Kekurangan Kusen uPVC

1. Harganya yang lebih mahal

 source: pinterest

Harga kusen uPVC cenderung lebih mahal daripada harga kusen alumunium. Terutama untuk kusen uPVC yang berprofil baja dan harganya lebih mahal.

Harga pasaran kusen alumunium lebih terjangkau. Namun dengan kualitas yang jauh lebih baik, harag kusen uPVC terbilang wajar-wajar saja.

2. Warnanya yang cepat memudar

 source: pinterest

Pewarnaan pada kusen alumunium menggunakan powder coating sehingga tidak mudah memudar. Nah dikarenakan sifat uPVC yang mirip plastic membuat warnanya juga lebih cepat memudar.

Meskipun demikian, sekarang sudah banyak beberapa kusen berbahan uPVC yang sudah dipalapisi coating untuk melindungi warnanya.

Nah itu dia beberapa perbandingan yang bisa sobat VOIRE jadikan referensi sebelum menentukan menggunakan kusen alumunium atau kusen uPVC. Apakah sobat sudah tahu akan memutuskan memilih yag mana?

Jika masih bingung, sebenarnya sobat dapat memutuskan pilihan sobat tergantung dari kebutuhan serta ketersediaan dana milik sobat. apabila desain bangunan sobat tidak menggunakan lengkungan serta sobat ingin dana yang lebih terjangkau, Vira sarankan untuk memilih kusen alumunium.

Akan tetapi perhatikan ukuran yang sudah tersedia di pasaran terlebih dahulu agar diseusaikan dengan desain rumah secara harmonis. Namun apabila sobat ingin material yang lebih mudah, maka kusen uPVC dapat menjadi opsi dan solusi.

Di samping itu, profil kusen yang berbentuk lengkungan, maka material uPVC akan lebih mudah di atur sesuai dengan keinginan sobat VOIRE.

Semoga artikel ini bermanfaat ya sob!

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?