Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah

Apakah sobat ada yang belum mengetahui apasih plafon gypsum itu? Plafon, lebih dikenal sebagai l...
Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah Apakah sobat ada yang belum mengetahui apasih plafon gypsum itu? Plafon, lebih dikenal sebagai langit-langit, merupakan salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk melapisi pembatas tinggi dari suatu ruangan. Selain itu, plafon juga berguna untuk keamanan, kenyamanan serta keindahan sebuah ruangan.
Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 01 Mei 2020
Share
2020-05-01

Apakah sobat ada yang belum mengetahui apasih plafon gypsum itu?

Plafon, lebih dikenal sebagai langit-langit, merupakan salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk melapisi pembatas tinggi dari suatu ruangan. Selain itu, plafon juga berguna untuk keamanan, kenyamanan serta keindahan sebuah ruangan.

Yang lebih mudahnya plafon gypsum ini semacam langit-langit rumah yang memiliki desain yang unik dan terkadang malah menakjubkan, karena hingga saat ini plafon gypsum banyak digunakan pada rumah modern.

Pada dasarnya plafon gypsum ini dibuat dengan tujuan untuk mencegah cuaca panas atau dingin agar rumah sobat tidak langsung terpapar panasnya matahari atau dinginnya cuaca malam hari. Namun pada zaman sekarang ini plafon tidak hanya sekedar untuk menghambat panas atau dingin langsung masuk ke rumah saja, melainkan juga bisa sebagai hiasan untuk mempercantik interior suatu bangunan.

Meskipun plafon sendiri memiliki jenis bahan yang beraneka ragam misalnya seperti plafon pvc, kayu, triplek, lembar semen asbes, alumunian dan lain sebagainya. Jenis plafon yang terbuat dari bahan gypsum merupakan plafon yang paling populer lho, hal ini disebabkan karena harganya yang terjangkau juga perawatannya yang mudah.

Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah

Pada dasarnya plafon gypsum yang biasanya tersedia di pasaran dijual dalam bentuk lembaran dengan ukuran 120 cm x 240 cm dan harga dari plafon gypsum pun beragam. meskipun demikian ada juga lho produsen yang memproduksi dalam ukuran khusus dengan tingkat ketebalan yang bervariasi antara 9 mm hingga 15 mm dengan ketebalan idelanya sampai 9 mm. pada saat sobat berencana memilih plafon gypsum ini ketelitian harus diperlukan lho agar dapat memilih plafon gypsum yang pas dengan bantuan para ahli bisa menjadi solusi untuk sobat.

Setelah berkenalan secara ringkas dengan plafon gypsum, Vira mau ajak sobat untuk mengenal lebih dekat nih dari segi fungsi dan manfaat dalam penggunaan plafon gypsum pada rumah yanag #benarbenaridaman. Yuk simak bersama-sama!

Secara fungsi, plafon gypsum berfungsi untuk merapikan desain rumah. Sedangkan karena plafon gypsum itu sendiri merupakan material plafon yang bersal dari batu layaknya mineral lainnya, sehingga terkadang plafon gypsum ini dapat ditemukan di dalam kerak bumi lho sobat! Pada prosesnya sendiri, gypsum diambil dan diproses sedemikian rupa dengan teknologi mutakhir sehingga menciptakan komponen sebuah konstruksi atau hiasan yang berbentuk plester atau gips. Perlu sobat ketahui, proses ini sudah dilakukan sejak lama dan masih digunakan hingga sekarang.

Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah

Manfaat Plafon Gypsum

 

1. Merapikan Konstruksi Rumah

Konstruksi rumah sobat bisa menjadi terlihat sangat sempurna ketika langit-langit rumah sudah diberi plafon gypsum. Hal ini juga membuat rumah mempunyai kesan yang terlihat begitu nyaman dan juga terlihat sangat rapi. Sobat bisa membedakan sendiri lho dengan rumah yang tidak menggunakan plafon gypsum.  Akan terlihat genteng di langit-langit sebagai pemandangan. Hal ini membuat rumah menjadi terlihat kurang elegan. Dan juga suasana rumah akan terlihat dingin dan hambar lho.

Jika memasan plafon gypsum, tentu sobat bisa menikmati suasana rumah uang nyaman dan juga tenang. Ruangan juga menjadi lebih kedap suara dari suara yang berasal dari ruangan luar. Hal ini tentu menambahkan kenyaman dan ketenangan di dalam rumah. #benarbenaridaman sekali bukan?

Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah

2. Rumah Terbebas dari Kotoran dan Debu

Rumah yang tidak memasang plafon gypsum di langit-langit rumahnya akan menjadi cepat kotor lho. Tidak bisa dipungkiri hal ini akan membuat debu dan kotoran dengan mudahnya masuk kedalam rumah melalui celah-celah genteng . meskipun bisa diatasi dengan cara rutin membersihkan rumah dari debu namun hal ini akan membuat sobat kewalahan dalam menjaga kebersiha rumah lho!

Bayangkan saja debu bisa dengan mudahnya menempel pada perabotan atau furniture di ruangan pada rumah sobat. Misalnya menempel pada lemari, sofa dan juga Kasur. Opsi pemasangan plafon dari gypsum ini bisa menjadi pilihan yang tepat apabila sobat tidak ingin peranotan kesayangan di rumah menjadi mudah rusak dan juga kotor.

Debu memang bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan. Maka jika kita memasang plafon gypsum polos dirumah rutinitas membersihkan rumah akan teraas lebih gampang dan juga ringan lho. Bagaimana sudah terbayangkan betapa bermanfaatnya memasang plafon dari gypsum ini?

Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah

3. Membuat Rumah Terlihat Elegan

Rumah yang didesain dengan memasang plafon dari gypsum akan terlihat sangat menawan dan terlihat juga berbeda dengan rumah biasa yang tidak memasang plafon gypsum. Hal yang menarik dari memilih plafon yang terbuat dari gypsum ini adalah sobat bisa dengan beabd memili desain kesukaan sobat.

Supplyer plafon gypsum biasanya bisa menyajikan desain yang unik yang juga menawan sehingga akan membuat suasana rumah sobat menjadi sangat nyaman dan tentu akan terlihat berbeda dengan milik orang lain. Memadukan warna juga bisa dengan mudahnya sobat lakukan lho, hal ini disebabkan sobat bisa mengecat plafon yang terbuat dari gypsum menyesuaikan dengan desain interior di rumah sobat. Pasti sobat akan lebih betah ketika berada di rumah.

Plafon ada yang memiliki gambar yang macam-macam. Hal itu tergantung sesuai dengan selera sobat tentunya. Ada plafon yang memiliki gambar langit yang sangat cerah. Tentu hal ini akan memicu semangat sobat dan mood sobat menjadi lebih baik lagi untuk menjalai aktivitas harian. Siapa sih yang tidak memu mendapatkan semangat baru setiap hari nya?

Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah

4. Membangun Suasan Nyaman di Rumah

Sifat dari plafon gypsum yang bisa mencegah cuaca panas dan dingin yang masuk ke dalam rumah setelah melewati atap tentunya bisa membuat suasana nyaman dan juga rasa semakin betah di rumah.

Belakangan ini pemasangan gypsum sudah lebih modern karena menggunakan papan gypsum. Tentunya hal ini dapat menambah nilai estetika yang di hasillkan akan sangat baik, plafon yang terlihat rapi, rata dan juga mulus seolah tidak memiliki sambungan sama sekali. Pemasangan plafon gypsum juga bisa menjadi indicator yang baik apakah atap rumah bocor atau tidak ketika hujan turun.

Hal yang membuat plafon gypsum membuat suasana nyaman di rumah juga karena kemudahan untuk memperbaiki plafon yang tidak diperlukan pembongkaran secara total. Sehingga cukup dengan menambal baikan yang rusak dengan dipotong atau juga di plester. Nyaman sekali kan?

Manfaat Memasang Gypsum untuk Plafon Rumah

Apabila sobat sedang tidak terburu-buru untuk membangun rumah dalam waktu cepat, memilih menggunakan plafon gypsum minimalis sangat di sarankan lho. Pasalnya pengerjaan plafon berbahan gypsum juga lebih cepat lho.

Namun ada beberapa hal yang sebaiknya sobat perhatikan secara jeli ketika akan membangun plafon yang terbuat dari gypsum seperti hal-hal teknik yang banyak disepelekan orang namun penting untuk sobat ketahui. Misalnya proses pemasangan plafon gypsum yang harus dilakukan dengan benar karena jika di pasang secara asal akan menimbulkan kebocoran dan juga plafon gypsum yang mudah roboh. Selain itu pastikan konstruksi atap dan pengencang rangka plafon gypsum diaplikasikan dengan benar unutk menghindari gypsum yang mudah rusak.

Bagaimana nih sobat? Sudah tahukan manfaat apa saja yang dapat di berikan plafon gypsum dalam pemasangannya di atap rumah sobat? Apabila sobat mengalami kesulitan menentukan desain interior untuk rumah sobat VOIRE yang #benarbenaridaman, tim desain interior VOIRE Project siap membantu!  

Baca artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?