Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen

Menyewa apartemen merupakan pilihan terbaik saat sobat membuthkan hunian sementara. Budget terjan...
Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen Menyewa apartemen merupakan pilihan terbaik saat sobat membuthkan hunian sementara. Budget terjangkau, praktis, dan tidak perlu menyiapkan banyak dokumen untuk sewa apartemen. Apalagi, saat ini ada banyak jenis unit apartemen yang ditawarkan. Mulai dari apartemen studio untuk perantau lajang hingga apartemen 3 kamar untuk keluarga muda atau bahkan apartemen mewah seperti penthouse.
Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 07 September 2021
Share
2021-09-07

https://voireproject.com/

Tips dan Trik Sewa Aprtemen

Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen

 source:goole.com

Menyewa apartemen merupakan pilihan terbaik saat sobat membuthkan hunian sementara. Budget terjangkau, praktis, dan tidak perlu menyiapkan banyak dokumen untuk sewa apartemen.

Apalagi, saat ini ada banyak jenis unit apartemen yang ditawarkan. Mulai dari apartemen studio untuk perantau lajang hingga apartemen 3 kamar untuk keluarga muda atau bahkan apartemen mewah seperti penthouse.

Apabila ditinjau dari segi lokasi, kebanyakan apartemen berdiri di tengah kota yang merupakan titik strategis. Biasanya apartemen akan dekat ke sejumlah area seperti perkantoran, kampus, pusat perbelanjaan dan sebagainya.

Sebab itu, bisa disimpulkan bahwa hunian vertikal memang dirancang untuk memudahkan mobilitas penghuninya. Lalu ditinjau dari segi fasilitas, perusahaan pengembangan apartemen biasanya menghadirkan mobilitas penghuninnya.

Hal seperti ini dirancang untuk para penghuni yang suka kemudahan dan kepraktisan. Contohnya ada apartemen yang memiliki pusat perbelanjaan sendiri, guna memudahkan penghuni belanja kebutuhan hidup sehari-hari.

Akan tetapi, sebelum sewa apartemen, ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan nih agar sobat tidak rugi di kemudia hari. Yuk! Langsung simak penjelasan Vira berikut ini!

Layaknya membeli properti, sobat  juga wajib menetapkan angaran terlebih dahulu saat hendak menyewa apartemen. Hal ini dikarenakan harga sewa unit apartemen cukup beragam tergantung luas dan lokasinya.

Sesuaikan harga sewa per bulan dengan jumlah pemasukan sobat setiap bulannya. Selanjutnya, sobat bisa mulai mencari apartemen dengan harga sewa yang sesuai dengan anggaran yang sobat miliki.

Fasilitas yang ditawarkan

Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen

 source:goole.com

Beda pemilik maka beda juga fasilitas yang ditawarkan ya sobat. beberapa pemilik sudah menyediakan sejumlah fasilitas, seperti AC, Wi-Fi, kasur, lemari, peralatan dapur dan meja. Namun, ada juga yang hanya menyediakan unit kosong saja sobat.

Jadi sobat bisa mendesain sesuka hati juga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sobat. sewa apartemen yang sudah lengkap dengan berbagai fasilitas di satu sisi mungkin akan lebih menguntungkan karena sobat tidak perlu repot.

Untuk memindahkan atau menginstal furniture lagi. Anggaran sewa apartemen pun bisa lebih ditekan. Akan lebih baik lagi jika apartemen yang diincar memiliki fasilitas public seperti kolam renang, gym, minimarket dan sebagainya.

Biaya-Biaya Tambahan

Saat menghuni sebuah properti, aka nada biaya tambahan. Misalnya untuk perawatan bangunan, iuran pengelolaa apartemen, iuran parkir, iuran kebersihan, iuran keanaman dan lain-lain.

Sebelum menyewa sebuah apartemen tanyakan kepada pemilik apakah biaya-biaya tambahan tersebut dibebankan kepada penyewa atau sudah termasuk dalam biaya sewa per bulan.

Jangan sampai sobat tergoda dengan harga sewa aprtemen yang murah, tetapi belum termasuk biaya tambahan yang melebihi anggaran.

Survei Lokasi dan Kondisi Unit

Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen

 source:goole.com

Layaknya membeli rumah baru, sobat wajib untuk mensurvei unit apartemen yang akan sobat sewa. Yang pertama cek lokasinya apakah memiliki akses transporatasi yang baik, kedua apakah kecil resiko tindak kejahatannya.

Lalu apakah dekat dengan pusat perbelanjaan, dan yang lain sebagainya. Nah, selanjutnya perhatikan kondisi unit apartemen yang akan disewa. Mulai dari kondisi bangunan. Apakah layak untuk dihuni?

Apakah memungkinkan untuk minta diperbaiki dulu jika ada kerusakan? Lalu, bayangkan jika sobat jadi memutuskan untuk menyewa apartemen tersebut. Apakah sudah sesuai dengan harapan dan bisa menghuninya dengan nyaman?

Latar Belakang Pemilik Apartemen

Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen

 source:goole.com

Mengetahui latar belakang pemilik unit apartemen juga cukup memegang peran saat sobat hendak menyewa apartemen. Tidak perlu menggali terlalu dalam. Setidaknya, sobat tahu apakah yang bersangkutan memiliki catatan kriminal.

Atau bahkan kesan buruk terhadap penyewa properti sebelumnya. Lalu, cari tahu juga di mana lokasi ia tinggal agar mudah menghubunginya jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Penting juga untuk membangun komunikasi yang baik dengan pemilik unit apartemen demi kenyamanan bersama.

Cermati Perjanjian Sewa Apartemen

Jika sobat sudah cocok dengan harga dan kondisi unit apartemen yang akan disewa, selanjutnya adalah mencermati perjanjian sewa apartemen yang dibuat oleh pemilik. Pastikan harga sewa yang sudah disepakati dan masa sewa telah tercantum dalam perjanjian sewa apartemen tersebut.

Perhatikan kembali juga hak penyewa dan kewajiban yang perlu dilaksanakan, termasuk tat acara pembayaran dan penalty jika telat membayar. Jangan segan untuk negosiasi isi perjanjian jika dirasa ada yang berpotensi merugikan sobat selama masa sewa apartemen.

Jangan lupa ya sobat untuk membuat perjanjian atau kesepakatan tertulis. Hal ini penting, karena menyangkut hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat.

 Kesepakatan tertulis atau perjanjian sewa membuat tentang besaran uang sewa, tanggal pembyaran setiap bulannya, jangka waktu sewa, biaya deposit, biaya tambahan lainnya, serta hal-hal lain yang disepakati bersama.

Dengan adanya kesepakatan tertulis atau perjanjian sewa, maka hak dan kewajiban menjadi lebih jelas. Apabila ada masalah di kemudia hari, maka kesepakatan tertulis bisa menjadi rujukan.

Dokumen ini sebaiknya dibubuhi materai dan tanga tangan agar sifatnya legal.

Tips Sewa Apartemen Bulanan

Cari Apartemen yang Akses Transportasinya Mudah

Tinggal di apartemen yang berada di tengah kota memang menguntungkan dan memudahkan mobilitas sehari-hari. Namun sayangnya, harga sewa apartemen bulanan di lokasi tersebut biasanya lebih mahal.

Nah untuk menyiasatinya, carilah apartemen yang berada di pinggiran, tetapi memiliki akses transportasi yang mudah ke tempat kerja, kampus atau sekolah. Mudah di sini artinya tidak memakan biaya transportasi besar.

Tips sewa apartemen bulanan satu ini jadi pilihan jitu, bagi sobat yang mengingingkan apartemen dekat dengan tempat kerja atau sekolah.

Apartemen yang Fasilitasnya Sesuai Kebutuhan

Memliih apartemen dengan kondisi ruangan furnished memang menguntungkan , tapi akan terasa mahal apabila budget yang dimiliki terbatas. Oleh karena itu jika sobat sudah punya perabotan sendiri, tips sewa apartemen bulanan agar tetap hemat adalah dengan memilih apartemen dengan kondisi unfurnished saja.

Selain itu juga, carilah tipe kamar yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai ruangan dalam apartemen mubazir karena menyewa tipe unit apartemen yang terlalu luas.

Apartemen yang Menawarkan Banyak Keuntungan

Mau Tinggal di Apartemen? Ketahui dulu Tips&Trik Menyewa Apartemen

 source:goole.com

Banyak pemilik apartemen yang mengharuskan penyewa membayar biaya lain di luar biaya sewa apartemen. Biaya lain ini biasanya ditagihkan dalam bill terpisah, misalnya biasa listrik, air, dan biaya perawatan apartemen.

Tips sewa apartemen bulana untuk mengatasi masalah ini, yakni pilih apartemen yang biaya swanya all in one. Jika semua biaya sudah menjadi satu, maka biasanya akan lebih murah dan lebih menenangkan.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Mengikuti gaya hidup modern dengan tinggal di apartemen bukan berarti harus menghambur-hamburkan uang kan sobat? justru hidup hemat sangat disarankan untuk siapapun termasuk mereka yang memiliki budget lebih.

Menerapkan gaya hidup hemat pun bisa dilakuka dengan berbagai cara seperti membiasakan berjalan kaki atau bepergian dengan kendaraan umum, hingga membawa makan siang sendiri saat bekerja.

Sobat tertarik untuk tinggal di apartemen?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?