Mengenal 5 Jenis Material Kanopi, Serta Manfaat dan Tips Benarbenaridaman Untuk Dirumahmu

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mengenal 5 Jenis Material Kanopi, Serta Manfaat dan Tips Benarbenaridaman Untuk Dirumahmu

 Kanopi merupakan bagian struktur bangunan yang memiliki fungsi sebagai atap tambahan yang berfun...
Mengenal 5 Jenis Material Kanopi, Serta Manfaat dan Tips Benarbenaridaman Untuk Dirumahmu Mengenal 5 Jenis Material Kanopi, Serta Manfaat dan Tips Benarbenaridaman Untuk Dirumahmu  Kanopi merupakan bagian struktur bangunan yang memiliki fungsi sebagai atap tambahan yang berfungsi memberikan perlindungan dari panas dan hujan. Selain itu juga kanopi bisa menambah nilai estetika rumah. Kanopi bisa dibuat di bagian depan, belakang atau samping rumah. Adanya kanopi ini bisa menambah fungsi ruang misalkan untuk garasi, gudang dll.
Mengenal 5 Jenis Material Kanopi, Serta Manfaat dan Tips Benarbenaridaman Untuk Dirumahmu
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Dekorasi Ruangan 03 Januari 2020
Share
2020-01-03

       Kanopi merupakan bagian struktur bangunan yang memiliki fungsi sebagai atap tambahan yang berfungsi memberikan perlindungan dari panas dan hujan. Selain itu juga kanopi bisa menambah nilai estetika rumah. Kanopi bisa dibuat di bagian depan, belakang atau samping rumah. Adanya kanopi ini bisa menambah fungsi ruang misalkan untuk garasi, gudang dll.

Membangun kanopi rumah sangat bermanfaat untuk sobat VOIRE yang tinggal di daerah beriklim tropis. Rumahmu akan terhindar dari panas matahari yang terik dan hujan badai.

Tetapi, sebelum sobat VOIRE memutuskan untuk memasang sebuah kanopi rumah ada baiknya untuk mengetahui material-material apa saja untuk kanopi.

1. Kanopi Kaca

 Atap kanopi ini terbuat dari bahan kaca yang tebal berkualitas dan tidak mudah pecah/retak. Jenis kanopi kaca biasa digunakan di wilayah tropis.

Source: Pinterest.com

Penggunaan atap kanopi kaca bisa menambah rumah sobat VOIRE semakin indah dan #benarbenaridaman

2. Kanopi Polycarbonate

       Atap kanopi jenis ini terbuat dari plastik yang berongga. Kanopi ini bisa menyerap dan menahan sinar matahari, kemudian jenis ini kuat, kokoh dan ringan. Biasanya penggunaan bisa tahan 6-10 tahun. Bahan ini adalah yang paling sering digunakan untuk pembuatan atap kanopi. Bahan ini dikenal kuat dan ringan sehingga saat pemasangat tidak mengalami banyak hambatan.

Source: Pinterest.com

3. Kanopi Spandek

Atap kanopi jenis ini memiliki bentuk yang bergelombang terbuat dari campuran bahan alumuniun dan seng. Kanopi ini lebih kuat dan awet dibandingkan Polycarbonate.

Source: Pinterest.com

4. Kanopi Kain

  • Awning free standing

Model kanopi yang ini adalah jenis kanopi yang memiliki keuntungan karena bisa di pindahkan dengan mudah dari satu tempat ketempat yang lain.

Source: Pinterest.com

Pemakaian awning free standing untuk dekorasi rumah pribadi juga tidak kalah menariknya. Sobat VOIRE bisa menempatkan kanopi kain ini di are terbuka didalam rumah, seperti teras dan balkon.

  • Awning stasioner

Awning yang satu ini merupakan jenis kanopi kain yang ditempatkan secara permanen pada dinding. Dibandingkan dengan 2 jenis awning yang lain. Awning stasione memiliki tingkat ketahan yang lebih tinggi.

  • Awning Gulung

 Awning gulung mempunyai desain yang hampir mirip dengan awning stasioner. Frame yang ada pada awning gulung dipasang menempel secara permanen pada dinding bangunan.

Source: Pinterest.com

Namun, kain penutup awning ini didesain secara khusus sehingga bisa digulung.

5. Galvalum

Galvalum adalah bahan kerangka dari kanopi. Bahan ini terbuat dari baja ringan yang kekuatannya cukup tinggi. Bahan ini mulai banyak digunakan ketimbang besi yang terlalu berat dan mudah mengalami karatan.

Source: Pinterest.com

Tips Memilih Kanopi

  • Perhatikan Ukuran Lahan

       Sobat VOIRE harus diperhatikan dengan baik ukuran lahan yang akan dipasangi kanopi. Sehingga tidak terjadi kesalahan jika pemasangannya.ada baiknya sobat VOIRE mengukur luas teras/taman yang akan dipasangi. Saat pengukuran itu juga dipertimbangkan juga dengan baik lebar, panjang serta tinggi yang diinginkan.

  • Pilih Kanopi Sesuai Dengan Kebutuhan

Kanopi memang ditawarkan dengan bentuk, ukuran, fungsi, dan kegunaan yang berbeda-beda. Akan tetapi, sebaiknya jika sobat VOIRE memilih dan memasang kanopi sesuai kebutuhan yang kamu pilih.

  • Pilih Kanopi Yang Tahan Lama

       Kanopi yang bagus dan berkualitas cenderung lebih tahan lama dan awet. Sehingga bisa digunakan untuk jangka yang cukup lama. Nah, sobat VOIRE bisa menghemat biaya pengeluaran untuk memasang kanopi yang baru lagi.

  • Carilah Rekomendasi

       Sobat VOIRE mungkin belum banyak mengetahui mengenai cara membedakan antara kanopi yang berkualitas dan yang tidak berkualitas. Nah, alangkah baiknya jika sobat VOIRE mencari tips/trik dan rekomendasi terbaik dulu dari berbagai sumber, kamu bisa menemukan informasi bisa dari majalah, internet, teman, rekan kerja dll sebagainya.

Manfaat Memasang Kanopi

  • Sebagai Pelindung Rumah

Menggunakan kanopi untuk melindungi rumah kamu dari panas dan hujan. Sehingga rumah kamu akan terlihat rapi dan indah dilihat.

  • Memberikan Kesan Berkelas Bagi Rumah Kamu

       Jika sobat VOIRE menginginkan rumah kamu tampak lebih elegan dan berkelas. Maka, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kanopi dengan konsep dan desain beragam yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?