Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya

Dalam dunia konstruksi, alumunium composite panel atau bisa juga disebut panel komposit alumunium...
Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya Dalam dunia konstruksi, alumunium composite panel atau bisa juga disebut panel komposit alumunium biasanya menjadi pilihan bagi sobat yang ingin menambah unsur dan nilai artistik pada sebuah bangunan
Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 19 Mei 2020
Share
2020-05-19

Dalam dunia konstruksi, alumunium composite panel atau bisa juga disebut panel komposit alumunium biasanya menjadi pilihan bagi sobat yang ingin menambah unsur dan nilai artistik pada sebuah bangunan dengan cara yang simpel dan mudah namun hasilnya akan sangat memuaskan. Meskipun seperti itu, banyak dari sobat yang sepertinya masih awan dan belum terlalu mengerti dengan bahan yang satu ini. Apakah sesungguhnya material ini, seperti apa kelebihannya.

Bagi sobat yang tertarik untuk mengetahui material dalam dunia konstruksi wajib banget nih untuk simak artikel ini karena Vira akan bahas tuntas apa itu Alumunium Composite Panel serta kelebihannya. Yuk simak pelan-pelan!

 

Alumunium Composite Panel

Alumunium composite panel adalah alumunium yang memadukan plat berbahan alumunium dengan bahan komposit. Plat datar yang biasa disebut alumunium composite panel atau ACP ini merupakan material yang terbuat dar bahan polyethylene (PE). Plat datar ini juga dilapisi dengan alumunium di kedua sisinya. Material ACP ini umumnya digunakan sebagai pelapis dinding pada eksterior rumah atau bangunan untuk menonjolkan kesan artistik dan elegan pada fasad bangunan. Meskipun pada umumnya penggunaan ACP ini lebih sering diperuntukkan pada bangunan komersial seperti pusat pertokoan, pusat bisnis, hotel atau pun ruko.

Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya

 source: royaltouchinteriors.in

Penggunaan material ACP ini biasanya dikombinasikan dengan material kaca, papan reklame atau pun panel kanopi. Pada dinding interior, ACP biasa juga digunakan sebagai plafon artistic, partisi ataupun penutup kolom. Untuk jenisnya sendiri, ACP yang digunakan untuk interior dan eksterior berbeda. CP polyester lebih banyak digunakan untuk dinding eksterior. Sedangkan untuk dinding interior, jenis ACP yang biasanya digunakan adalah PVDF (polyvinyl defluoride).

Standarisasi ukuran ACP pada umunya adalah 1220 x 2440 mm dengan ketebalan 4 mm. ACP juga merupakan material yang biasa dikenal dengan sebutan sandwich panel. ACP telah digunakan sebagai bahan konstruksi yang terkenal ringan namun kokoh sejak lama, terutama pada struktur sementara seperti stan pameran dagang ataupun partisi portable dan juga struktur temporer lainnya. Namun, baru-baru ini juga telah diadopsi sebagai bahan pendukung untuk mendisplay karya fotografi seni rupa, sering kali dipadukan dengan bahan akrilik yang melalui proses finisihing atau teknik face mounting lainnya.

Sebagai contoh bagaimana rupa tampilan dari ACP yang sudah diterapkan di sebuah bangunan bisa sobat lihat pada beberapa bangunan terkenal, di antaranya adalah Spaceship Earth  di Orlando, Florida, Amerika Serikat, Van Dusen Votanical Garden di Kanada dan juga Perpustakaan Nasional Jerman di Leipzig.

Jenis-jenis Alumunium Composite Panel

Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya

 source: royaltouchinteriors.in

Seperti yang sudah Vira jelaskan diawal pembahasan, ACP memiliki jenis yang berbeda untuk pemasangan eksterior dan juga interior. Kali ini Vira akan membahas penggunaan ACP alumunium.

1. ACP pada Dinding

Lembaran Alumunium Composite Panel banyak digunakan sebagai penutup pada permukaan dinding. Bahan ini biasanya digunakan untuk bangunan gedung atau rumah berbentuk minimalis. Bagi sobat yang berencana untuk membangun rumah minimalis yang terlihat mewah, menggunakan ACP alumunium bisa menjadi opsi terbaik lho.

2. ACP pada Keindahan Arsitektur

Material ini juga kerap digunakan dengan kombinasi penggunaan kaca dan logam. Kombinasi kedua material ini dilakukan untuk membuat arsitektur sebuah bangunan terlihat lebih indah dan juga tampak elegan.

3. ACP pada Interior

Sedangkan untuk bagian interior, ACP biasanya digunakan untuk material partisi. Selain material partisi, alumunium ini juga biasanya dapat digunakan sebagai penutup kolom dan juga untuk plafon plastik.

 

Karakteristik Alumunium Composite Panel

Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya

 source: royaltouchinteriors.in

Alumunium Composite Panel memiliki beberapa karakteristik yang membuat material ini menjadi idola di kalangan para penggerak bidang konstruksi yaitu sifatnya yang tahan panas dan juga tahan api. Hal ini disebabkan karena panel sandwich memiliki λ-nilai dari 0,024 W / (m · K) untuk poliuretan menjadi 0,05 W / (m · K) untuk wol mineral. Pada beberapa penilitian mengungkapkan bahwa ACP tidak mengakibatkan kebakaran, meskipun telah terlibat dalam penyebaran api. Api sering kali dimulai menyebar memalui area berisiko tinggi seperti sebagai area memasak, kemudian menyebar sebagai akibat dari manajemen risiko kebakaran, pencegahan dan sistem pengamanan api yang buruk.

Karakteristik alumunium composite panel lainnya juga memiliki kemampuan kedap air yang dikarenakan sistem pada saat perakitan ACP membantu menciptakan bangunan yang kedap udara dan kedap air. Selain itu karakterstik dari ACP adalah sebagai isolasi akustik yang berperan sebagai isolator untuk reduksi suara.

Kelebihan Alumunium Composite Panel

Setelah membaca karakteristik di atas, maka dapat sobat simpulkan beberapa kelebihan ACP sebagai berikut:

1. Tahan terhadap Segala Kondisi Cuaca

Salah satu karakteristik dari ACP yang telah Vira sebutkan ialah tahan panas dan tahan air. Hal ini disebabkan sifat alumunium composite panel yang tahan terhadap korosi, asam, garam dan sinar ultra violet membuat material ini tahan terhadap cuaca ekstrim yang panas maupun dingin. Sehingga bisa dikatakan material ACP ini merupakan material tahan lama bahkan umurnya bisa tahan hingga puluhan tahun lamanya.

Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya

 source: wfmmedia.com

2. Tahan Terhadap Benturan

Permukaan ACP tidak mudah tergores atau patah meski dilengkukkan sampai sudut kemiringan yang tajam. Benturan saat proses pemasangan atau transportasi material tidak akan mempengaruhi bentuk fisiknya. Hal ini disebabkan karena ACP memiliki sifat mekanis yang geometris dan juga dipengaruhi oleh ketahanan prilaku global sehingga akan tahan terhadap indentasi, benturan dan juga lengkungan.

3. Ringan dan Mudah Dipindahkan

Massa beban dari ACP ini adalah sekitar 3,5 – 5,6 kg per meter persegi. Hal ini membuat material ACP sangat mudah dipindahkan karena ringan. Pemangkasan dan pengeboran dapat dilakukan menggunakan peralatan yang tidak sulit ditemukan. ACP memiliki lebih sedikit komponen dan baut-baut penyambung sehingga biaya perakitannya pun akan jauh lebih murah dibandingkan merakit material yang massa bebannya cukup berat.

Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya

 source: royaltouchinteriors.in

4. Tersedia dalam berbagai pilihan warna

Karena kebutuhan artistik eksterior, saat ini ACP telah tersedia dalam 30 macam jumlah pilihan warna. Bahkan pada beberapa produsen ditemukan ada juga yang mampu melayani permintaan pesanan ACP salam warna custom atau warna sesuai dengan pilihan konsumen/ pengguna. Selain warna-warna solid tertentu seperti warna merah, warna biru dan warna hijau, dll. Tersedia juga pola alumunium composite panel yang tampilannya meniru pola material lain seperti marmer dan juga kayu. Harga alumunium composite panel dipasaran berkisar antara Rp. 400.000,00 sampai dengan Rp. 600.000 per lembar.

5. Tidak perlu dibersihkan

Kelebihan dari ACP lainnya yaitu kemampuannya yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Hal ini jelas merupakan sebuah keuntungan apalagi jika panel ACP dipasangkan di gedung-gedung tinggi seperti mal atau pusat pertokoan, di mana jika tidak memasang ACP biaya pembersihan yang diperlukan tidak sedikit karena membutuhkan tenaga ahli dan juga peralatan yang khusus.

Namun apabila ACP dipasang di gedung yang berada di daerah dengan kadar polusi udara yang cukup tinggi, alumunium composite panel memang tetap perlu melakukan perawatan pembersihan secara rutin karena akan lebih cepat kotor dan banyak debu menempel.

Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya

 source: royaltouchinteriors.in

Memasang Alumunium Composite Panel

Apabila sobat tertarik untuk memasang ACP pada bagian eksterior maupun interior bangunan sobat, untuk hasil yang memuaskan Vira akan berikan beberapa tips diantaranya adalah untuk meminta bantuan profesial yang sangat berpengalaman di bidang konstrusi alumunium composite panel.

Apabila sobat berencana memasangnya diantara dinding pastikan dinding yang akan dilapisi ACP sebaiknya sudah diplester rapi. Lakukan marking sebelum melakukan pemasangan agar hasilnya memuaskan dan maksimal.

Hal yang perlu juga diperhatikan ketika akan memasang alumunium composite panel yaitu ketika proses pengirimannya. Pastikan panel ACP diletakkan secara medatar. Pada saat proses pembongkaran sobat juga harus melakukannya dengan sangat hati-hati agar panel tidak saling bergesekan dengan panel lainnya. Apabila panel ACP disimpan dalam ruangan ada baiknya diletakkan dengan posisi vertikal dan bersandar erat. Penyimpanan juga tidak boleh lebih dari 6 bulan.

Mengenal Alumunium Composite Panel dan Kelebihannya

 source: pasangalumuniumcompositepanelpintu.wordpress.com

Apakah sobat merasa tertarik untuk menggunakan alumunium composite panel untuk mempercantik dinding ruangan rumah sobat?  Jika tertarik ada beberapa hal terkait kekurangan dari ACP ini yang wajib ketahui agar tetap menciptakan keamanan dan kenyaman di rumah sobat.

Kekurangannya antara lain kekuatan tekanan anginnya kurang kuat sehingga dalam konstruksi yang kurang baik akan memiliki resiko bahaya terhadap keselamatan maka dari itu pastikan konstruksi bangunan selalu dalam keadaaan yang baik. Kekurangan lainnya yaitu, pada beberapa kasus, jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup berisiko terdapat sambatan petir.

Itu dia beberapa informasi yang bisa Vira berikan terkait alumuniun composite panel.Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat VOIRE ya!

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?