Mengenal Apa itu Resin, Jenis dan Fungsinya

Sobat pasti udah gak asing mendengar kata resin bukan? Mungkin yang sobat tahu material ini banya...
Mengenal Apa itu Resin, Jenis dan Fungsinya Mengenal Apa itu Resin, Jenis dan Fungsinya Sobat pasti udah gak asing mendengar kata resin bukan? Mungkin yang sobat tahu material ini banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai macam kerajinan bahkan dapat digunakan untuk membuat furniture. Tapi tidak hanya itu sobat karena resin itu gak hanya satu jenis loh, ada beberapa jenis resin sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Kali ini Vira mau bahas apa aja jenis-jenis resin yang ada sesuai fungsi dan kegunaannya. Yuk simak penjelasan Vira berikut ini.
Mengenal Apa itu Resin, Jenis dan Fungsinya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 23 April 2021
Share
2021-04-23

https://voireproject.com/

Sobat pasti udah gak asing mendengar kata resin bukan? Mungkin yang sobat tahu material ini banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai macam kerajinan bahkan dapat digunakan untuk membuat furniture.

Tapi  tidak hanya itu sobat karena resin itu gak hanya satu jenis loh, ada beberapa jenis resin sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Kali ini Vira mau bahas apa aja jenis-jenis resin yang ada sesuai fungsi dan kegunaannya.

Yuk simak penjelasan Vira berikut ini.

Apa itu Resin

Resin merupakan eksudat (getah) yang keluar dari berbagai jenis tumbuh-tumbuhan, umumnya oleh jenis pohon runjung atau konifer. Getah ini biasanya membeku, bisa dalam proses yang cepat maupun lambat dan membentuk massa yang keras dan transparan.

Resin digunakan manusia khususnya untuk bahan perekat, pernis, pelapis makanan (agar mengkilap) , sebagai bahan pencampur parfum dan dupa, juga untuk sumber bahan baku berbagai bahan organic olahan.

Resin banyak digunakan orang semenjak zaman peradaban, seperti yang telah dikutip oleh orang Yunani bernama Theophratus dan orang Romawi Kuno bernama Plinius.

Semua bahan tadi secara kimiawi mempunyai kesamaan dan tersusun dari polimer atau molekul-molekul kompleks dengan berat molekul yang tinggi . Bentuk khas dari tiap molekul menentukan wujud plastik apakah plastik ini berupa fiber, seperti karet atau suatu resin.

Resin sintetis memliki dua sifat jika dilihat dar proses pembentukannya. Jika dibentuk dengan tanpa reaksi kimia ia akan bersifat termoplastik (dapat kembali ke bentuk yang semula) dan apabila dibentuk secara reaksi kimia maka sifatnya adalah thermoset (tidak bisa kembali ke bentuk semula) sebagai contoh: epoxy, polyuretan, polyster dll.

Resin sintesis yang banyak ditemukan di tempat berjualan untuk membuat kerajinan fiberglass biasanya terdiri dari2 zat yaitu polymed yang berfungsi untuk hardenernya dan resin sintesis yang berfungsi sebagai basenya.

Rupa-rupa resin yang dibuat menjadi kerajinan yang kita lihat di pasaran:

Epoxy Clear Resin AB

Mengenal Apa itu Resin, Jenis dan Fungsinya

Kuatnya daya tahan yang dimiliki, mempunyai sifat waterproofing yaitu begitu tinggi, tahan pada asam dan alkali. Terdapat 2 unsur yaitu Epoxy resin PolyAmido Amine yang bersifat cair dan juga bersifat transparan dengan adanya perbandinga antara based:hardener tergantung jenis kebutuhan.

Resin Lycal

Mengenal Apa itu Resin, Jenis dan Fungsinya

Resin jenis ini memiliki kualitas yang cukup diakui dan banyak digunakan. Terdiri dari 2 kompenen yaitu part A (resin) dan part B (hardener). Resin ini memang dibuat secara khusus untuk kerajinana tangan dan untuk pelapisan yang sangat bening dan tranpasaran.

Tahan terhadap pancaran sinar matahari. Salah satu sifat resin lycal ini dibanding jenis lainnya, yaitu sifatnya yang lebih kental. Apabila sobat ingin menggunakan resin lycal ini, yaitu sifatnya yang lebih kental. Apabila sobat ingin menggunakan resin lycal ini, Sobat dapat menggunakan perbandingan sebagai berikut, resin:hardner umumnya 2:1.

Resain Upcast

Mengenal Apa itu Resin, Jenis dan Fungsinya

Jenis resi yang kemungkinan paling mudah sobat temui di pasaran. Namun, resin jenis ini sering disebutin sebagai resin bening karena biasanya para penjual di toko kimia memiliki nomor seri resin 3126 atau resin 108.

Kelemahan resin jenis ini tidak tahan pada sinar UV, apabila terkena sinar matahari maka resin jenis ini akan kuning. Dengan sifatnya yang sedikit buram, resin seperti ini tepat sekali jika digunakan untuk keperluan pelapis tipis.

Manfaat Dari Resin 

Selain digunakan untuk media kerajinan, resin memiliki manfaat lainnya yang tidak lepas dari keseharian kita selama ini. berikut ini manfaat-manfaat resin:

Membuat Sabun Vernis

Resin sendiri ternyata bisa digunakan unutk salah satu bahan untuk membuat sabun, dimana pada resin mengandung asam-asam resinat yang memiliki sifat gabungan dari fenol-fenol dan asam-asam karboksilat. Asam-asam ini pula keadaanya bebas, adapun yang terikat sebagai ester-ester, dari asam-asam tersebut maka akan dilaturkan dengan alkali yang nantinya akan membentuk larutan seperti sabun atau suspense koloid yang memiliki buih.

Lalu terdapat resinat yang merupakan garam-garam logam pada resin, logam-logam tersebut adalah bahan yang digunakan untuk membuat sabun vernis.

Kegunaan Dalam Lapangan Farmasi

Selain dipakai sebagai bahan untuk membuat sabun ternyata resin juga dapat dipakai untuk kepentingan bidang farmasi khususnya dilapangan. Tipe resin yang sulit dipakai untuk kepentingan farmasi ini sering diebut sebagai Resin Farmaseutis.

Pada kepentingan farmasi ini, resin didapatkan dengan banyak cara salah satunya dengan pemisahan minyak, menanasan pada tumbuhan yang mengandung resin sopaive, pengumpulan eksudat atau getah yang masih terdapat dalam tumbuhan, pengumpulan resin yang bersumber dari fosil.

Menghilangkan Kandungan Kapur (CaCo3)

Kapur yang dihilangkan dalam air tanah dan mengandung nilai kapur tinggi dimana air tersebut akan dipergunakan untuk air minum atau untuk keperluan sehari-hari lainnya. Resin yang dipakai untuk membuang kandungan kapur dalam air tanah dan juga gunun adalah resin kation.

Menghilangkan Kandungan Magnesium (Mg)

Kandungan yang dihilangkan dalam air gunung dan air tanah tidak hanya kandungan kapur, namun juga magnesium yang juga ikut menghilang di dalam prosesnya. Sama seperti halnya pada proses menghilangkan kandungan kapur, pada magnesium pula menggunakan resin kation dalam proses menghilangkan magnesium tersebut.

Menghilangkan Kandungan Kalsium

Tidak hanya kandungan kapur dan magnesium saja yang dihilangkan, Pada air gunung atau air tanah yang masih mempunyai kesedahan tinggi pun masih mengandung banyak akalsium. Dengan menggunakan proses yang sama yaitu dengan resin kation, kalsium yang terdapat dalam air tersebut juga akan menghilang. Maka air tersebut akan mengandung kesedahan yang rendah agar bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari

Sebagai Softner

Softner merupakan pelembut terhadap air yang memiliki kesedahan yang tinggi dimana air yang memiliki kesedahan yang tinggi tidak dapat digunakan dan jika digunakan akan menyebabkan terhadap fungsi air pada proses pencucuian dan pembersihan. Resin yang dipakai dalam proses tersebut adalah resin kation.

Mengancurkan Berbagai Herbivora, Serangga dan Pathogen

Selain sebagai kepentingan limbah, resin juga bisa dimanfaatkan untuk hal yang lainnya, misalnya pada point ini. Dimana pada point ini senyawa resin dapat beracun yang dimana dapat mengahancurkan berbagai macam herbivora, serangga dan pathogen, jadi bisa digunakan pula jika dilihat dari statement ini untuk obat serangga.

Untuk Pernis dan Perekat

Resin yang memiliki tekstur keras dan bermassa ini bisa digunakan sebagai bahan dari pernis dan pelekat atau bahkan dapat digunakan untuk pelapis makanan agar tampak terlihat aga mengkilat.

Untuk Membuat Kemenyan

Jenis resin-resin yang mempunyai bau-bauan lembut merupakan resin yang biasanya dipakai untuk kemenyan.

Untuk Terapi dan Dupa

Manfaat lainnya dari resin yang dipakai merupakan resin permanen yang terdapat kandungan minyal essensial untuk terapi dan dupa. Kandungannya adalah gamboge asofoetida dan ammoniacum.

Gimana sobat? sekarang sobat udah tau kan kalau ternyata resin itu bukan hanya untuk membuat kerajinan dan sebagai bahan finishing saja. Banyak sekalu fungsi dan kegunaan resin untuk mengolah kebutuhan kita sehari-hari.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?