Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

Desain interior ala Timur Tengah adalah soal penampilan kemewahan, penyempurnaan keindahan, yang ...
Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah Desain interior ala Timur Tengah adalah soal penampilan kemewahan, penyempurnaan keindahan, yang berpadu dengan asketisme kehidupan beragama. Dekorasi interior yang menampilkan kerendahan hati sekaligus kekayaan garis dan juga bentuk. Timur Tengah, terkenal dengan gaya arsitekturnya yang “halus” dan ikonik. Timur Tengah juga populer dengan ide dekorasi rumah yang berwarna-warni, yang terinspirasi dari bunga dan rempah-rempah yang indah, kayu manis, cendana, cengkeh dan kapulaga. Menjadi sebuah bangunan fantastis, perpaduan asketisme kehidupan beragam, semua bercampur melahirkan gaya interior dan arsitektur yang benar-benar khas. Ketika sisi spiritual kehidupan begitu memengaruhi segala aspek, tak terkecuali pada ide dan konsep desain interior, lahirlah suasana dan nuansa penuh warna yang benar-benar berbeda.
Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 07 Mei 2021
Share
2021-05-07

Desain interior ala Timur Tengah adalah soal penampilan kemewahan, penyempurnaan keindahan, yang berpadu dengan asketisme kehidupan beragama. Dekorasi interior yang menampilkan kerendahan hati sekaligus kekayaan garis dan juga bentuk.

Timur Tengah, terkenal dengan gaya arsitekturnya yang “halus” dan ikonik. Timur Tengah juga populer dengan ide dekorasi rumah yang berwarna-warni, yang terinspirasi dari bunga dan rempah-rempah yang indah, kayu manis, cendana, cengkeh dan kapulaga.

Menjadi sebuah bangunan fantastis, perpaduan asketisme kehidupan beragam, semua bercampur melahirkan gaya interior dan arsitektur yang benar-benar khas.

Ketika sisi spiritual kehidupan begitu memengaruhi segala aspek, tak terkecuali pada ide dan konsep desain interior, lahirlah suasana dan nuansa penuh warna yang benar-benar berbeda.

Meski interior rumah gaya Timur Tengah identik dengan tampilan yang mewah bak kerajaan, namun bukan berarti untuk merancangnya butuh budget yang besar. Karena, untuk mengkonsep gaya timur tengah sobat bisa menduplikasi hal-hal yang identik saja. Jika berhasil maka hasilnya akan mampu memberri kesan hunian yang anti mainstream.

Ketika sobat mampu memadukan gaya megah ala timur tengah menjadi sebuah hunian  yang elegan. Hanya saja sobat perlu mengadakan kebutuhan material yang secara kualitas di atas rata-rata rumah pada umumnya. Tujuannya agar tidak hany sekedar jadi namun juga punya nilai estetika lebih.

Desain interior ala timur tengah juga identik dengan gaya dekorasi menggunakan perabotan mewah, dibumbui dengan barang-barang buatan tangan dan pola hiasan tradisonal. Interior ala timur tengah ini selalu dikaitkan dengan kekayaan dan kenyamanan. Ia mencerminkan kekayaan budaya, kedalaman kebijaksanaan dan sedikit misteri zaman kuno.

Desain arsitektur dan detail dekoratis yang menajubkan, yang dikombinasikan dengan gagasan dekorasi rumah yang spektakuler menciptakan tren gaya interior kontemporer yang terinspirasi dari dekorasi interior ala Timur Tengah yang dihiasi dengan warna-warna cerah, kain alami, serta ornament dan ukiran kayu yang menakjubkan.

Kemewahan dan Asketisme

Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

 source:pinterest.com

Konsep interior ala Timur Tengah adalah soal penampilan kemewahan, penyempurnaan keindahan, yang berpadu dengan asketisme kehidupan beragama. Dekorasi interior ini menampilkan kerendahan hati sekaligus kekayaan garis dan juga bentuk.

Warna perak dan emas dikombinasikan dengan beludru dan sifon, menciptakan interior rumah yang indah dan modern. Tekstur alami pada furniture dan aksesoris dekorasi yang menambah kemewahan dan nuansa nyaman ke dalam setiap ruang.

Pilihan Warna Desain Interior ala Timur Tengah

Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

 source:pinterest.com

Magenta, merah, oren, hijau dan juga biru. Khususnya pilihan warna biru dan semua warna nuansa biru kehijauan, warna oranye yang kaya, menambah kecerahan dan kehangatan ke dalam setiap ruangan. Melahirkan suasana dan nuansa damai pada konsep interior kontemporer yang terinspirasi dari gaya Timur Tengah.

Interior yang didekorasi dengan selera tinggi, sensual dan meriah, dengan palet warna-warni yang terasa sangat nyaman. Hasilnya: suasana ruang yang penuh keramahan khas eastern yang unik.

Furnitur Desain Interior ala Timur Tengah

Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

 source:pinterest.com

Material atau bahan yang paling umu digunakan dalam desain dan dekorasi interior oriental ala Timur Tengah adalah kayu jati, gading, besi tempa dan keramik. Tak jarang juga dekorasi ini menggunakan mutiara, perak, kuningan, tembaga dan logam berlapis emas. Ukiran dan tatahan adalah teknik tradisional untuk menciptakan perabotan rumah yang menkjubkan dengan gaya khas dan ikonik.

Anyaman atau buatan tangah dari kayu yang sangat awet, melahirkan desain furniture yang terlihat unik dan sangat dekoratif. Tempat tidur dan sofa dihiasi dengan banyak bantal dalam berbagai bentuk dan juga gaya.

Bangku ottomans, pouf dan tempat duduk sederhana dengan bantal merupakan furniture ruangan yang paling populer yang mampu menambah fleksibilitas konsep desain interior klasik-kekinian.

Detai kecil dan aksesoris dekorasi unik menciptakan suasan nyaman, romantic dan mewah di rumah-rumah bergaya Timur Tengah. Lukisan dinding, patung religius, elemen dekoratif yang melahirkan suasana eksotis dan tekstur bunga-bunga yang indah, patung batu alam, patung perunggu, patung-patung tanah liat yang dilukis, menambah sentuhan menawan pada interior rumah gaya Timur Tengah.

Dekorasi Dengan Bantal Warna Warni

Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

 source:pinterest.com

Desain interior ala Timur Tengah biasanya menggunakan dekorasi warna-warni. Dekorasi tersebut dapat berupa bantal, kain penutup sofa atau tempat duduk, dan pajangan. Gunakanlah beberapa bantal dengan warna berbeda yang mencolok.

 Hal ini dapat mempertajam nuansa ruangan ala Timur Tengah. Kombinasikanlah bantal warna-warni tersebut dengan karpet yang juga berwarna cerah

Tenda di Rumah ala Timur Tengah

Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

 source:pinterest.com

Desain interior rumah ala Timur Tengah juga identik dengan keberadaan tenda. Kain untuk membuat tenda ini bisa dipasang di dalam dan luar rumah. Namun Disarankan memasang tenda ini di luar ruangan agar interior rumah tidak terihat sempit dan gelap.

Sobat bisa memasang tenda ini di halaman belakang rumah. Tentu menyenangkan sesekali bersantai di bawah tenda di belakang rumah.

Pengaplikasian Gaya Interior ala Timur Tengah pada Ruangan

Ruang Tamu

Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

 source:pinterest.com

Mulanya, budaya timur tenga memang mengistimewakan sajian untuk para tamu. Tentu saja ini berefek pada desain ruang tamu yang cenedrung mewah dan megah. Agar bisa mengimbangi Susana kesan glamor dan berlebihan terhadap ruangan lain dalam rumah, sobat bisa memadukannya dengan nuanasa tropis untuk memberikan kesan asri.

Bila sobat ingin lebih simple, pada bagian dinding bisa dipasangi wallpaper sesuai corak dan tema yang sobat inginkan. Selain praktis, Wallpaper akan memudahkan sobat apabila sewaktu-waktu ingin menggatinya dengan tema baru.

Pada bagian dinding yang dilapisi wallpaper, sobat bisa mencoba dengan memainkan warna cat natural yang bisa dikombinasikan dengan warna khas hunian timur tengah.

Ruang tamu ini juga bisa dibuat konsep lesehan. Sobat bisa menambahkan hiasan karpet ruang tamu yang motifnya mirip dengan yang biasa dipakai pada hunian Timur Tengah.

Kamar Tidur

Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

 source:pinterest.com

Ruang tidur merupakan bagian yang paling bisa dieksplor lebih dalam untuk menguatkan nuansa Timur Tengah. Banyak pernak-pernik yang bisa sobat pasang untuk dapat merasakan nuansanya.

Penggunaan kayu pada kamar tidur mampu melekatkan nuansa negri 1001 malam. Lagi-lagi sobat bisa menyiasati penggunaan kayu yang biasanya butuh cost besar degan menggunakan wallpaper bermotif kayu sesuai keinginan.

Sedangkan untuk bagian gorden, sobat bisa memilih jenis yang bergelombang dengan ujung-ujungnya yang menjuntai.

Ruang Makan

Mengenal Desain Interior Rumah ala Timur Tengah

 source:pinterest.com

Desain Timur Tengah tak akan lengkap tanpa mendekor bagian ruang makannya. Ini penting karena hampir setiap rumah di Timur Tengah mendesain ruang makan sebaik mungkin untuk memanjakan tamu-tamunya. Karakter desainnya akan lebih kuat lagi apabila diterapkan tema ruang makan lesehan klasik.

Salah satu furniture yang paling menonjol para duangan makan, yaitu lampu dinding model kolosa untuk ditempelkan pada salah satu sisi ruangan. Ciri khas ruang makan ala timur tengah adalah adanya karpet tebal dengan penyajian hidangan pada nampan lebar.

Namun begitu, bila sobat tetap ingin menggunakan meja dan kursi, tempatkan meja dengan ukuran lebar agar tetap memiliki sisa ruang untuk menempatkan nampan berisi aneka buah-buahan.

Pada prinsipnya, cukup mudah untuk mengadopsi gaya timur tengah. Tidak hanya terbatas pada tiga contoh penerapan di atas, Jika sobat mau bereksplorasi ruangan lain juga bisa. Tetapi tentu saja harus siapkan budget yang lebih besar ya.

Mengadopsi desian rumah minimalis gaya Timur Tengah ke dalam rumah ternyata tidak serumit yang dibayangkan ya. Bagaimana sobat tertarik untuk mencoba?

https://voireproject.com/

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?