Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 10 Ide Desain Arsitektur Rumah Bali

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 10 Ide Desain Arsitektur Rumah Bali

Jika sobat VOIRE menyukai arsitektur rumah adat bali, kamu tidak perlu jauh-jauh membelinya ke pu...
Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 10 Ide Desain Arsitektur Rumah Bali Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 10 Ide Desain Arsitektur Rumah Bali Jika sobat VOIRE menyukai arsitektur rumah adat bali, kamu tidak perlu jauh-jauh membelinya ke pulau Dewata tersebut. Kamu bisa membuat sendiri rumah dengan desain adat Bali. Sebenarnya, dalam rumah Bali sendiri tidak hanya terdapat 1 bangunan saja melainkan terdiri banyak bangunan yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula. Selain itu, rumah adat bali juga memiliki ciri khas yakni berbentuk segi empat.
Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 10 Ide Desain Arsitektur Rumah Bali
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 07 Januari 2020
Share
2020-01-07

       Mendengarkan kata Bali mungkin sobat VOIRE sudah membayangkan bagaimana keindahannya. Bali merupakan primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Keindahan Bali bukan sampai disitu saja lho sobat VOIRE, bangunan serta arsitektur rumah di Bali tidak diragukan lagi. Apalagi vila di Bali dngan suasana tropis dan asri.

       Jika sobat VOIRE menyukai arsitektur rumah adat bali, kamu tidak perlu jauh-jauh membelinya ke pulau Dewata tersebut. Kamu bisa membuat sendiri rumah dengan desain adat Bali atau kamu bisa konsultasi langsung dengan Tim VOIRE Project. Sebenarnya, dalam rumah Bali sendiri tidak hanya terdapat 1 bangunan saja melainkan terdiri banyak bangunan yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula. Selain itu, rumah adat bali juga memiliki ciri khas yakni berbentuk segi empat.

70 ideas house entrance ideas entrees #house

Source: Pinterest.com

       Desain rumah Bali biasanya dikelilingi oleh tembok yang sepintas jika dilihat mirip dengan tembok benteng zaman dulu. Dalam satu komplek rumah, jumlah bangunan paling sedikit ada enam buah. Namun, tentu sobat VOIRE tau dong, seiring dengan kemajuan zaman dan makin semitnya lahan, rumah Bali tidak lagi sebesar dulu. Arsitektur Bali adalah arsitektur yang diwariskan secara turun temurun di Bali. Arsitektur Bali Modern kini sudah sangat berkembang pesat, apalagi gaya arsitektur Vernacular dimana arsitek atau pembuat desain memanfaatkan bahan-bahan lokal untuk membangun bangunan struktur dan rumah-rumah di Bali.

Lighting Outdoor Landscape Ideas_41

Source: Pinterest.com

       Material yang biasa digunakan dirumah-rumah bangunan Bali yaitu batu bata, kayu, kelapa, jerami atap, bamboo, kayu jati dan batu alam. Banyak rumah dan vila di Bali menciptakan bangunan dengan suasana santai dan  desain tropis. Saat ini menggabungkan gaya tradisional dan modern dalam arsitektur di rumah Bali modern masih menempatkan filosofi arsitektur Bali sebagai prioritas utama. Filosofi yang sangat banyak di adopsi yaitu rumah memiliki kepala badan kaki menyerupai manusia. Yang dimaksud Kepala adalah atap bangunan. Badan adalah badan bangunan dan Kaki adalah peninggian bangunan yang dibuat kolom-kolomnya. Selain itu juga penambahan ornament seperti ukiran, patung dll.

Ciri Khas Arsitektur Bali

1. Angkul-Angkul Atau Gerbang Rumah Adat Bali

       Sebelum kamu memasuki pintu utama, kamu pasti melewati angkul-angkul. Dalam arsitektur Bali, angkul-angkul lebih berperan spiritual selain fungsi untuk keamanan dan privasi dari pandangan luar. Secara spiritual, tembok tinggi ini dipercaya dapat menangkal ilmu hitam dan roh jahat. Bentuk kotak dari batu alam berhiaskan pohon palem dan deretan bambu hias pada tembok jalan masuk berhasil memadukan arsitektur rumah Bali dengan gaya modern.

2. Suasana Halaman Yang Luas

Suasana alam membutuhkan halaman yang cukup luas agar dapat merasakannya.

3. Struktur Ruang Yang Rapi

       Gaya arsitektur Bali dibuat dengan konsep Tri Angga yang merupakan konsep keseimbangan. Tri Angga merupakan pembagian zona atau area dalam perencanaan arsitektur tradisional Bali, yang meperlihatkan tiga tingkatan seperti yang dijelaskan sebelumnya

  • Utama/Kepala : bagian ini diposisikan paling tinggi yang diwujudkan dalam bentuk atap. Pada arsitektur tradisional, bagian ini menggunakan atap ijuk dan alang-alang. Namun dikarenakan seiring berkembangnya zaman dan ingin membuat konsep arsitektur Bali modern maka menggunakan bahan modern seperti genteng.
  • Madya atau badan : bagian ini berada ditengah, dari bangunan ini diwujudkan dalam bentuk bangunan dinding, jendela dan pintu
  • Nista/Kaki merupakan bagian yang terletak dibawah dari sebuah bangunan, bagian ini diwujudkan dengan pondasi rumah atau bawahan rumah yang digunakan sebagai penyangga. Biasanya bagian ini terbuat dari batu bata atau batu gunung.

       Sebenarnya, tujuan gaya arsitektur tradisional dan modern adalah sama-sama untuk memberikan kenyamanan yang fungsional untuk penggunanya. Keduanya juga menerapkan keindahan arsitektur dengan keindahan elemen yang fungsional untuk penggunanya. Gaya tradisional dan modern keduanya juga menerapkan keindahan arsitektur dengan keindahan elemen yang berfungsi optimal. Jadi, tidaklah sulit memadukan arsitektur Bali tradisional dengan gaya modern.

Yuk simak desain-desain rumah Bali Modern yang #benarbenaridaman untuk sobat VOIRE dirumah.

Source: Pinterest.com

Source: Pinterest.com

Source: Pinterest.com

Source: Pinterest.com

rumah minimalis gaya bali_8

Source: Pinterest.com

Villa kalimaya I. Bali, Indonesia. www.beyondvillas.com

Source: Pinterest.com

Source: Pinterest.com

Baca Juga Artikel Lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?