Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali

Jika sobat VOIRE menyukai arsitektur rumah adat bali, kamu tidak perlu jauh-jauh membelinya ke pu...
Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali Jika sobat VOIRE menyukai arsitektur rumah adat bali, kamu tidak perlu jauh-jauh membelinya ke pulau Dewata tersebut. Sobat bisa membuat sendiri rumah dengan desain adat Bali. Sebenarnya, dalam rumah Bali sendiri tidak hanya terdapat 1 bangunan saja melainkan terdiri banyak bangunan yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula. Selain itu, rumah adat bali juga memiliki ciri khas yakni berbentuk segi empat.
Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 07 Januari 2020
Share
2020-06-15

Mendengar kata Bali mungkin sobat VOIRE sudah membayangkan bagaimana segala keindahan yang terdapat di dalamnya. Bali merupakan primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budaya kentalnya yang unik dan menarik. Keindahan Bali bukan sampai di situ saja lho sobat VOIRE, bangunan serta arsitektur rumah di Bali tidak diragukan lagi. Apalagi vila di Bali dengan konsep interior modernya yang memiliki suasana kontemporer tropis dan asri.

Jika sobat VOIRE menyukai arsitektur rumah adat bali, sobat tidak perlu jauh-jauh membelinya ke pulau Dewata tersebut. Sobat bisa membuat sendiri rumah dengan desain adat Bali atau sobat bisa konsultasi langsung dengan Tim VOIRE Project. Sebenarnya, dalam rumah Bali sendiri tidak hanya terdapat 1 bangunan saja melainkan terdiri banyak bangunan yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula. Selain itu, rumah adat bali juga memiliki ciri khas yakni berbentuk segi empat.

Desain rumah Bali biasanya dikelilingi oleh tembok yang sepintas jika dilihat mirip dengan tembok benteng zaman dulu. Dalam satu komplek rumah, jumlah bangunan paling sedikit ada enam buah. Namun, tentu sobat VOIRE tau dong, seiring dengan kemajuan zaman dan makin sempitnya lahan, rumah Bali tidak lagi sebesar dulu. Arsitektur Bali adalah arsitektur yang diwariskan secara turun temurun di Bali. Arsitektur Bali Modern kini sudah sangat berkembang pesat, apalagi gaya arsitektur Vernacular dimana arsitek atau pembuat desain memanfaatkan bahan-bahan lokal untuk membangun bangunan struktur dan rumah-rumah di Bali.

Material yang biasa digunakan dirumah-rumah bangunan Bali yaitu batu bata, kayu, kelapa, jerami atap, bambu, kayu jati dan batu alam. Banyak rumah dan vila di Bali menciptakan bangunan dengan suasana santai dan tropis alami. Saat ini menggabungkan gaya tradisional dan modern dalam arsitektur di rumah Bali modern masih menempatkan filosofi arsitektur Bali sebagai prioritas utama.

 Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali

 source: pinterest.com

Filosofi yang sangat banyak di adopsi yaitu rumah yang memiliki kepala badan kaki menyerupai manusia. Yang dimaksud Kepala adalah atap bangunan. Badan adalah badan bangunan dan kaki adalah peninggian bangunan yang dibuat kolom-kolomnya. Selain itu juga penambahan ornament seperti ukiran, patung dan lain-lain.

Karakteristik Khas Arsitektur Bali

1. Angkul-Angkul Atau Gerbang Rumah Adat Bali

Sebelum sobat memasuki pintu utama, sobat pasti akan melewati angkul-angkul. Dalam arsitektur Bali, angkul-angkul memiliki peran spiritual selain fungsi untuk keamanan dan privasi dari pandangan luar. Secara spiritual, tembok tinggi ini dipercaya dapat menangkal ilmu hitam dan roh jahat. Bentuk kotak dari batu alam berhiaskan pohon palem dan deretan bambu hias pada tembok jalan masuk berhasil memadukan arsitektur rumah Bali dengan gaya modern.

 source: google.com

Karena mayoritas arsitektur rumah bali memiliki halaman yang luas, maka hal ini pun perlu diimbangi dengan tembok tinggi agar rumah tradisional bali terkesan megah. Selain itu tembok yang tinggi pada bangunan bali juga sangat efektif untuk meredam kebisingan yang berasal dari luar rumah.

2. Suasana Halaman Yang Luas

Ciri khas arsitektur Bali yang berpadu harmonis dengan suasana alam, taman atau pun area hijau pada rumah tradisional Bali merupakan aspek yang paling penting dalam arsitekturnya. Gaya arsitektur Bali terinspirasi dari konsep Tri Hita Karana, arsitektur Bali biasanya terdiri dari 3 buah unsur penghubung keharmonisan yaitu jiwa, raga dan tenaga.

Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali

 source: google.com

Fakta menarik dari halaman yang luas ini ialah sirkulasi udara akan berjalan dengan maksimal pada interior rumah sehingga akan menyebabkan rumah terasa sejuk dan juga asri. Keberadaan halaman yang luas pada rumah tradisional Bali juga sangat cocok lho untuk sobat VOIRE yang memiliki hobi berkebun. Sobat bisa bebas menanam apapun tanpa khawatir terbatasnya ruang terbuka. Vira sarankan sih untuk membersihkan halaman rumah secara teratur supaya tidak dipenuhi dedaunan kering ataupun debu.

3. Struktur Ruang Yang Rapi

Pada pembagian ruang dalam rumah Bali diperoleh dari penerapan filosofi Tri Angga dengan tiga buah tingkatan. Tingkatan tersebut adalah tingkat utama lalu madya dan terakhir nista. Tiga tingkatan ini sebenarnya memiliki makna tersendiri. Misalnya pada bagian utama yang merupakan bagian dengan kedudukan tertinggi atau kepala. Lalu bagian madya merupakan bagian tengah atau badan dan bagian nista yang terletak paling rendah dan kotor.

Pada arsitektur tradisional, bagian utama berarti bagian rumah yang menggunakan material bangunan bali berupa atap ijuk dan alang-alang. Namun dikarenakan seiring berkembangnya zaman dan ingin membuat konsep arsitektur Bali modern maka menggunakan bahan modern seperti genteng. Berbeda dengan bagian madya atau yang berarti badan, bagian ini berada ditengah, dari bangunan ini diwujudkan dalam bentuk bangunan dinding, jendela dan pintu

Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali

 source: google.com

Selanjutnya pada bagian nista atau kaki yang merupakan bagian bawah dari letak sebuah bangunan, bagian ini diwujudkan dengan pondasi rumah atau bawahan rumah yang digunakan sebagai penyangga. Biasanya bagian ini terbuat dari bahan bangunan Bali yaitu batu bata atau batu gunung.

Sebenarnya, tujuan gaya arsitektur tradisional dan modern pada rumah bali  sama-sama untuk memberikan kenyamanan yang fungsional untuk penggunanya. Keduanya juga menerapkan keindahan arsitektur pada elemennya dan berfungsi secara optimal Jadi, tidaklah sulit memadukan arsitektur Bali tradisional dengan gaya modern.

Terlebih lagi sekarang ini arsitektur rumah Bali modern sudah banyak mengalami pergeseran menjadi ruang publik, semi publik dan juga ruang pribadi. Hal ini bisa diterapkan dengan urutan yang sama. Halaman sebagai ruang public, teras antara halaman dan kamar tidur sebagai area semi publik yang bisa juga menjadi area pribadi jika dipisahkan dengan kursi panjang.

4. Material Bangunan yang Alami

Konsep arsitektur Bali yang harmoni dengan alam, maka dari itu penggunaan materialnya pun, menggunakan material dari alam berupa batu, kayu dan juga bambu. Material yang digunakan ini memiliki makna khusus yang ditujukan untuk memberi pengharapan terciptanya keharmonisan antara manusia dengan lingkungannya, juga dengan sesama manusia dan manusia kepada Tuhannya.

Pada umunya, material bangunan pada arsitektur Bali, yang digunakan untuk membangun rumah Bali ini tidak disamaratakan karena terdapat pengaruh ekonomi dan strata sosial pemiliknya. Karena itu masyarakat biasa pada umunya menggunakan tanah liat sebagai dindingan bangunan pada rumah balinya.

Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali

 source: google.com

Berbeda dengan masyarakat biasa, golongan bangsawan menggunakan tumpukan bata. Adapun untuk bagian atap,  material yang digunakan berupa genting tanah, alang-alang, ijuk atau sejenisnya yang sesuai dengan kemampuan finansial pemilik rumah Bali.

Batu dan juga kayu merupakan material khas yang akan ditemui pada gaya arsitektur rumah Bali. Karena arsitektur Bali dilatar belakangi oleh agama Hindu kerajaan Majapahit dahulu maka batu dan kayu akan memiliki ukiran khas kerajaan Majapahit tersebut.

Meskipun pada mulanya, ukiran ini hanya diperuntukkan untuk tempat peribadatan umat hindu Bali. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, ukiran batu dan kayu juga turut digunakan di arsitektur bangunan khas Bali lainnya.

 

5. Dekorasi dengan keasrian Tanaman tropis dan Kolam

Konsep arsitektur Bali yang berpadu dengan alam secara harmoni juga didukung oleh dekorasi dari aneka tanaman tropis. Perlu sobat ketahui, ada berbagai tanaman tropis yang identik dengan nuansa rumah khas Bali. Sobat perlu memelihara aneka tanaman tersebut untuk memperkuat kesan hunian bergaya Bali.

Beberapa tanaman yang bisa menjadi pilihan sobat untuk menata rumah dengan arsitektur khas Bali antara lain pohon kamboja, pisang Bali, panda Bali dan juga teratai. Rawatlah tanaman tersebut secara telaten agar tumbuh subur dan tidak membuat halaman terkesan berantakan.

Mengenal Indahnya Arsitektur Rumah Bali. Yuk Simak 5 Karakteristik Arsitektur Rumah Bali

 source: pinterest

Pada umumnya juga arsitektur rumah Bali menempatkan kolam dengan batu sebagai pijakan sebelum pintu masuk utama. Dekorasi halaman rumah seperti ini akan membuat suasana rumah akan terasa sejuk. Masyarakat Bali sendiri menerapkan konsep kolam dengan batu sebagai pijakan sebelum pintu masuk ini ditujukan untuk membersihkan segala unsur jahat. Karena air dipercaya bisa menyucikan dan juga sebagai penangkal sihir.

Rumah dengan arsitektur Bali ini sangat cocok untuk sobat yang kagum dan juga tertarik pada rumah bergaya tradisional. Arsitektur bangunan Bali juga cukup populer di luar negeri. Banyak yang merasa bangunan rumah Bali merupakan bangunan yang syarat akan unsur budaya. Yuk wujudkan rumah impian yang nyaman dan bernuansa unik seperti rumah khas Bali bersama VOIRE Project.

       

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?