Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

Dibandingkan dengan bahan bangunan yang lain, kayu mempunyai sifat yang khas yaitu kekuatannya. B...
Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya Dibandingkan dengan bahan bangunan yang lain, kayu mempunyai sifat yang khas yaitu kekuatannya. Besar, kenyal, ulet, keras dan mudah dikerjakan. Selain itu kayu mudah berubah bentuknya. Pemakaian kayu sebagai bahan bangunan didasarkan pada tingkat keawetan dan kekuatannya. Karena kayu merupakan bahan bangunan alam, makan dari pohonnya kayu dapat dibentuk berbagai macam ukuran yang berupa balok, dan papan.
Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Furniture 30 April 2021
Share
2021-04-30

https://voireproject.com/

Dibandingkan dengan bahan bangunan yang lain, kayu mempunyai sifat yang khas yaitu kekuatannya. Besar, kenyal, ulet, keras dan mudah dikerjakan. Selain itu kayu mudah berubah bentuknya.

Pemakaian kayu sebagai bahan bangunan didasarkan pada tingkat keawetan dan kekuatannya. Karena kayu merupakan bahan bangunan alam, makan dari pohonnya kayu dapat dibentuk berbagai macam ukuran yang berupa balok, dan papan.

Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

Di pasaran, ukuran kayu pada umumnya sudah ditentukan antara lain:

-6x6cm, 7x7xcm, 8x12xm, 10x10, 12x12cm. Ukuran kayu ini disebut kayu balok, biasanya digunakan sebagai tiang pondasi bangunan.

-2x15cm, 2x20cm, 3x25cm, 3x30cm, 4x40cm. Ukuran kayu ini disebut kayu papan, biasanya digunakan sebagai lantai rumah panggung atau dinding rumah kayu.

-4x6cm ,4x8cm, 5x7cm, 5x10cm. Ukuran kayu ini disebut kayu kaso atau usuk, biasaya digunakan sebagai pondasi kuda-kuda, pondasi atap, gording.

-2x3cm, 3x4cm. Ukuran kayu ini disebut kayu reng, biasanya digunakan sebagai pondasi untuk memaku atau memasang atap seng.

Dari seluruh ukuran kayu diatas, kayu biasanya dijual dalam ukuran panjang 3 meter hingga 4 meter. Jika dibutuhkan kayu yang lebih panjang dari kayu yang dijual makan diperlukan sambung kayu.

 Sambungan kayu adalah dua batang kayu atau lebih yang saling disambungkan satu sama lain sehingga menjadi satu batang kayu yang panjang.

Sambungan kayu terbagi menjadi 3 kategori berdasarkan letak kayu, yaitu:

  1. Sambungan kayu ke arah memanjang
  2. Sambungan kayu ke arah melebar
  3. Sambungan kayu ke arah menyudut

Kali ini Vira mau bahas apa aja sambungan kayu dan fungsinya sesuai kebutuhan ya sobat, yuk simak!

Sambungan Kayu ke Arah Memanjang

Sambungan kayu kea rah memanjang merupakann sambungan yang dibuat untuk menambah panjang kayu. Seperti yang sudah  Vira jelaskan diatas bahwa kayu yang bereddar dipasaran pada umumnya mempunyai panjang 3 meter hingga 4 meter sehingga ketika diperlukan panjang kayu yang melebihi 4 meter maka diperlukan sambungan kayu. Ada banyak sambungan kayu ke arah memanjang

Sambungan Bibir Lurus dan Sambungan Bibir Lurus Berkait

Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

 source:google.com

Sambungan bibir lurus.

Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

 source:google.com

Sambungan bibir lurus berkait.

Sambungan ini merupakan sambungan kayu yang paling sederhana karena dalam pembuatannya, kayu hanya dipotong setengah dengan panjang tertentu pada kedua kayu yang disambung lalu dipaku.

Karena merupakan sambungan yang sangat sederhana, kekuatan dari sambungan kayu ini juga sangat kecil. Terdapat 2 jenis sambungan bibir lurus yaitu sambungan bibir lurus dan sambungan bibir lurus berkait.

Perbedaan sambungan bibir lurus dengan bibir lurus berkait adalah gaya yang timbul pada kayu. Pada sambungan bibir lurus berkait terdapat gaya menarik pada kayu sehingga untuk menahan gaya ini, kayu dibuat seperti kait pada sambunganya.

Fungsi dari sambungan bibir lurus dan bibir lurus berkait biasanya digunakan untuk meyambung balok kayu dinding rumah dimana beban kayu telah ditahan oleh dinding dibawahnya. Untuk memperkuat sambungan ini, dipasang paku atau baut pada bagian atas sambungan.

Sambungan Bibir Miring dan Sambungan Bibir Miring Berkait

Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

 source:google.com

Sambungan bibir miring

Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

 source:google.com

Sambungan bibir miring berkait

Yang kedua adalah sambungan bibir miring. Sambungan bibir miring merupaka sambuangan kayu yang paling banyak dijumpai. Jika dibandinkan dengan sambuangan bibir lurus, Sambungan bibir miring merupakan sambungan kayu yang lebih kuat.

Bentuk dari sambungan bibir miring tidak jauh berbeda dengan sambungan bibir lurus hanya bedanya terletak pada bentuk sambungan kayu dimana jika sambungan bibir lurus, kayu yang di sambung dibagi menjadi 2 dan berbentuk lurus sedangkan sambung bibir miring, sambungan kayu dipotong miring.

Sama seperti sambungan bibir lurus, sambungan bibir miring juga mempunyai 2 jenis yaitu sambungan bibir miring dan sambungan bibir miring berkait. Kalau Bedanya itu sobat sambungan bibir miring mempunyai bagian yang seperti kait dimana fungsinya dari kait ini adalah menarik kayu pada sambungan apabila terdapat gaya tarik pada kayu.

Fungsi dari sambungan bibir miring dan sambungan bibir miring berkait adalah untuk menambah panjang kayu balok dan kaso. Aplikasi dari sambungan kayu ini paling sering dijumpai adalah kayu kuda-kuda atap, gording atap, kayu balok lantai, kayu balok keep. Untuk memperkuat  sambungan ini, dipasang paku atau baut pada bagian atas sambungan.

Sambungan kayu menyudut

Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

 source:google.com

Sambungan kayu menyudut adalah sambungan kayu yang dibuat untuk menghubungkan kayu dengan kemiringan 90 derajat atau derajat lainnya. Pada umumnya, sambungan kayu menyudut ditemukan pada pondasi rumah terutama rumah panggung atau rumah kayu. Selain itu juga, sambungan kayu menyudut juga ada pada mebel seperti meja, kursi, lemari, dan lain-lain. Ada banyak sambungan kayu menyudut.

Sambungan Takikan Lurus

Sambungan takikan lurus merupakan sambungan kayu yang sama dengan sambungan kayu ke arah memanjang. Beda adalahnya pada sambungan kayu menyudut posisi kayu yang mau disambung diletakka ke arah vertikal, sehingga terdapat 1 kayu yang berdiri tegak dan 1 kayu posisi horizontal.

Sambungan takikan lurus biasanya dijumpai pada pondisi tiang pagar kayu dan balok lantai. Pada balok lantai, sambungan ini digunakan untuk mengikat tiang-tiang antar lantai agar tidak bergerak. Kekuatan dari sambungan takikan lurus juga lemas, sama seperti takikan lurus untuk menambah panjang kayu. Untuk memperkuat sambuangan ini, digunakan baut untuk menguatkan sambung dibanding menggunakan paku.

Sambungan Takikan Lurus Rangkap

Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

 source:google.com

Tipe sambunga takikan lurus rangkap ini biasanya digunakan pada balok kayu dengan arah memanjang. Sambungan kayu ini berdiri tegak kea rah vertikal hampir sama dengan sambungan takikan lurus namun yang jadi perbedaan adalah bentuk sambungannya

Sambungan Purus dan Lobang

Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

 source:google.com

Sambunga purus dan lobang adalah sambungan yang paling banyak digunakan untuk membangun rumah, membuat pintu atau kusen jendela, dan lain-lain. Sambungan ini terkenal kuat dan mudah dibuat. Sambungan purus dan lobang terdiri dari 2 kayu dimana 1 kayu memiliki lubang yang purus atau pen dan 1 kayu dimana dibentuk seperti pen atau purus.

Untuk memperkuat sambungan purus dan lobang, biasanya digunakan dowel kayu atau kayu bulat yang dibentuk seperti paku. Terkadang juga digunakan bantuk untuk memperkuat sambungan ini.

Memakai paku juga tidak masalah asalkan gaya tarik yang ditahan kayu ini tidak terlalu besar. Sambungan purus dan lobang biasanya digunakan untuk pengunci antar tiang-tiang rumah, balok lantai, pengunci kayu pintu dan jendela.

Sebetulnya macam-macam sebenarnya masih banyak sambungan kayu di dunia, tapi pada Vira hanya membahas sambungan kayu diatas karena jenis sambungan kayu tersebut paling sering digunakan di Indonesia terutama rumah adat.

Jadi itu adalah sambungan-sambungan kayu. Masing-masing metode memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Jikan ingin sambungan kayu bisa kuat maka sistem yang digunakan akan semakin rumit. Selain itu, kualitas kayu dan material kayu yang dipakai juga memberikan pengaruh. Sebelum menyambung kayu pastikan kayu tersebut memiliki tingkat kekeringan di atas 15% ya sobat.

 

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?