Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair

Sobat pernah denger ngga tentang Barcelona Chair? Bagi sobat penikmat dan pemerhati produk interi...
Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair Sobat pernah denger ngga tentang Barcelona Chair? Bagi sobat penikmat dan pemerhati produk interior ada baiknya sobat memahami sedikit mengenai sejarah perabotan yang paling legendaris dan kerap dipalsukan. Begitu populernya, Barcelona Chair ini hingga disebut-sebut sebagai kursi sepanjang masa.
Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 24 Mei 2021
Share
2021-05-24

Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair

Sobat pernah denger ngga tentang Barcelona Chair? Bagi sobat penikmat dan pemerhati produk interior ada baiknya sobat memahami sedikit mengenai sejarah perabotan yang paling legendaris dan kerap dipalsukan. Begitu populernya, Barcelona Chair ini hingga disebut-sebut sebagai kursi sepanjang masa.

 Sekalipun sudah berusia lebih dari 80 tahun, sampai sekarang kursi ini masih tetap cocok diletakkan di ruang bergaya semodern apapun. Karena sangat laku, kemudian timbulah pemalsuan desain yang merambah di mana-mana.

Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair

 source:pinterest.com

Uniknya, banyak penggemarnya hingga saat ini, mudah usia tetapi kurang memahami bahwa kursi-kursi tersebut telah lahir didesain lebih dari setengah abad yang lalu. Makan tidak heran, karena pada zamannya, desain kursi-kursi ini memang dianggap ‘melompat ke masa depan’. Bahkan ada sejumlah kursi yang diproduksi sejak satu abad lebih.

Para arsitek, desainer, dan penikmat seni, pasti kenal dengan kursi yang satu ini. Bahkan tampaknya ia adalah salah satu benda yang wajib ada di ruang bergaya modern yang modis.

Barcelona Chair, namanya. Penciptanya adalah Mies Van der Rohe, salah satu arsitek legendaris yang berasal dari Jerman.

Kursi adalah benda yang sangat sulit. Pencakar langit hampir lebih mudah. Itulah sebabnya Chinpendale terkenal.” –Mies van der Rohe, majalah In Time, 18 Februari 1957

Sebenarnya, untuk apa dan bagaimana Rohe menciptakan Barcelona Chair hingga jadi setenar ini? Awalnya untuk Raja, Barcelona Chair awalnya didesain untuk mengikuti pameran Barcelona Universal Exposition pada tahun 1929 di Barcelona, Spanyol.

Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair

 source:pinterest.com

Ini adalah pameran internasional yang isinya seputar perkembangan arsitektur dan teknologi yang dihadiri puluhan negara di dunia.

Rohe sendiri mengisis area pavilion Jerman dengan beberapa karyanya, termasuk Barcelona Chair. Desain Barcelona Chair khusus dibuat untuk raja dan ratu Spanyol.

Konsepnya adalah fungsional dan mudah diproduksi massal. Namun kenyataannya Barcelona Chair tidak memenuhi 2 kriteria ini. Biaya pembuatannya tinggi dan terlalu sulit untuk dikerjakan secara massal.

Desainer Bauhaus mengklaim menginginkan furniture fungsional yang diproduksi secara massal untuk kelas pekerja, tetapi kursi Barcelona mahal untuk dibuat dan sulit diproduksi secara massal. Kursi Barcelona adalah desain khusus yang dibuat untuk Raja dan Ratu Spanyol.

Meskipun banyak arsitektur dan desainer furniture dari era Bauhaus bermaksud menyediakan atau membuat rancangan rumah dengan baik dan tanpa cela dan parabotan yang diproduksi dengan sempurna untuk kalangan orang biasa.

Majalah Time mendiami “pavilion Jerman yang mewah”. Bentuknya diperkirakan diekstrapolasi dari kursi lipat Romawi yang dikenal sebagai kursi Curule-bangku berlapis kain yang digunakan oleh bangsa Romawi. Menurut Knoll inc., meskipun penampilan industrinya, Barcelona Chair membutuhkan banyak keahlian tangan.

Tetapi Barcelona Chair menjadi pengecualian, karena Barcelona Chair pada awalnya di desain dan di produksi untuk Raja dan Ratu Spanyol.

Meski begitu, kebanyakan orang menganggap kursi Barcelona sebagai Modernis. Dengan kursi ini, Mies van der Rohe membuat pernyataan artistic yang penting. Dia menunjukkan bagaimana ruang negative dapat digunakan untuk mengubah benda fungsional menjadi patung. Sebuah reproduksi Kursi Bergaya Barcelona, dalam kulit hitam dengan rangka baja tahan karat.

Meski begitu, desain yang elegan ini mampu memikat semua orang dan menjadikan salah satu furniture paling berpengaruh pada masanya. Salah satu penghargaan yang didapat kursi ini adalah penghargaan dari Museum of Modern Art tahun 1977.

Rangka Barcelona Chair terbuat dari baja disambung dengan las, lalu dilapis dengan krom. Untuk menyangga bantalan yang dilapisi kulit, Rohe memakai sabuk kulit yang diikat di ujung-ujung rangka baja.

Rangka awalnya dirancang untuk disatukan, tetapi didesain ulang pada tahun 1950 menggunakan baja tahan karat, yang memungkinkan rangka dibentuk oleh potongan logam yang mulu, sehingga memberikan tampilan yang lebih halus. Kulit sapi juga digunakan untuk menggantikan kulit babi yang berwarna gading, yang awalnya digunakan untuk potongan aslinya.

Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair

 source:pinterest.com

Barcelona Chair dirancang tahun 1920-an, tetapi dirancang ulang dengan stainless steel pada tahun 1950. Dipengaruhi oleh kursi lipat Romawi, bagian ramping berdiri sebagai simbol modernitas. Desain kursi ini telah terbukti bertahan lama melintas berbagai desain modern.

 Tampil dengan kesederhanaan dan detail yang sempurna, ia berbagai prinsip-prinsip dasar dari pergerakan desain modern-kontemporer.

Barcelona Chair cuma mengalami sangat sedikit perubahan dari versi yang pertama. pada tahun 1950-an, saat penggunaanya stainless steel berkembang, Rohe sempat mendesain ulang kursinya dengan sambungan yang lebih mulus dan tak bertepi.

Namun, akhirnya Rohe mengembalikan desain persis seperti versi pertamanya. Rohe dan Barcelona Chair Ludwig Mies (1886-1969), lahir di Aachen, Jerman, adalah salah satu orang paling berpengaruh dalam dunia arsitektur pada abad ke-20, yang tidak memiliki latar belakang pendidikan arsitektur.

Rohe adalah intelektual yang misinya mencari sistem yang bisa digunakan semua orang untuk menciptakan gedung yang sekuat dan seindah karyanya. Ia juga seorang pengajar rendah hati, yang akan menyalahkan dirinya saat muridnya gagal mencapai standar tertentu.

Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair

 source:pinterest.com

Filosofi terkenal “less is more” adalah ciptaanya saat mencetuskan gaya minimalis yang bersih dan indah.

Ambisinya adalah menciptakan gaya desain modern yang setenar gaya klasik, dan ia berhasil. Bahkan gaya ini bersifat sepanjang masa dan populer hingga kini.

Setelah menjadi pionir aliran modernism di Eropa pada awal abad ke-20 tahun 1937 Rohe pindah ke Amerika Serikat dan berkara di sana. Tahun 1953, Rohe menyerahkan hak paten desain Barcelona Chair pada Knoll setelah hak patennya kadaluwarsa.

Dalam bukunya tahun 1981 tentang arsitektur modern, “From Bauhaus to Our House, Tom Wolfe’ menyebut Barcelona Chair sebagai ‘kursi ideal platonis’ dan menulis bahwa meskipun harganya mahal, memiliki satu kursi telah menjadi kebutuhan bagi arsitek muda: “ketika kamu melihat benda suci di atas permadani sisal, kamu tahu kamu berada dalam sebuah rumah tangga dimana seorang arsitek yang masih muda dan istri mudanya telah mengorbankan segalanya untuk membawa simbol misi yang saleh ke dalam rumah mereka”

Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair

Hingga kini, Knoll adalah satu-satunya pemegang hak paten Barcelona Chair yang telah diresmikan US Patent and Trademark Office. Meski demikian, begitu favoritnya kursi ini hingga replikanya terus diciptakan banyak orang dengan berbagai variasi desain dan harga. Meskipun kualitasnya berbeda dan dibawah produk aslinya.

Sampai saat ini Barcelona Chair menjadi furniture yang masih di gemari berbagai kalangan bahkan menjadi sumber inspirasi untuk furniture saat ini khususnya kursi yang bergaya modern dan minimalis . Mungkin juga sobat sering meilhat furniture kursi yang desainya mirip dengan Barcelona Chair.

 Apakah sobat tertarik untuk memiliki furniture yang tidak lekang oleh waktu seperti Barcelona Chair ini? Jika iya mungkin sobat harus merogoh kocek yang cukup dalam pasalnya Barcelona Chair yang asli bisa didapat dengan harga Rp. 50-jt an tergantung jenis pelapis kulitnya

Mengenal Kursi yang Tak Lekang Oleh Waktu, Barcelona Chair

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?