Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ada cukup banyak hal yang sebaiknya sobat ketahui dan pelajari ketika akan membangun rumah. Salah...
Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya Ada cukup banyak hal yang sebaiknya sobat ketahui dan pelajari ketika akan membangun rumah. Salah satunya adalah mempelajari bagian yang paling penting ntuk menentukan kokoh tidaknya bangunan adalah pondasi yang berguna untuk menguatkan konstruksi dari bangunan yang nantinya akan didirikan di atasnya.
Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 28 Mei 2020
Share
2020-05-28

Ada cukup banyak hal yang sebaiknya sobat ketahui dan pelajari ketika akan membangun rumah. Salah satunya adalah mempelajari bagian yang paling penting ntuk menentukan kokoh tidaknya bangunan adalah pondasi yang berguna untuk menguatkan konstruksi dari bangunan yang nantinya akan didirikan di atasnya. Maka dari itu pembuatan pondasi tidak boleh disepelekan. Tentu saja ini karena akan berpengaruh pada kenyamanan dan kemananan bangunan.

 

Ada salah satu pondasi asli dari Indonesia. Pondasi yang memiliki nama pondasi cakar ayam merupakan pondasi yang memiliki sejarah tersendiri. Ide pondasi cakar ayam ini ditemukan oleh Ir. Soedijatmo. Ide pondasi ini ditemukan ketika akan membangun PLN yang harus mendirikan 7 menara listrik dengan tegangan tinggi di daerah berawa-rawa sekitar Ancol, Jakarta.

Karena kondisi tanah yang berawa itu, Ir. Soedijatmo paham bahwa sangat sulit untuk membangun menara yang tinggi. Hingga akhirnya keluarlah ide untuk mendirikan menara listriknya di atas pondasi cakar ayam yang terdiri atas plat beton. Di bawah pelat beton tersebut masih ada pipa-pipa beton sebagai pendukungnya. Pipa dan plat beton tersebut bersatu dengan mencengkram tanah berawa yang lembek dengan kuat.

 

Setelah mengetahui sejarah dari pondasi asli Indonesia ini, sobat bisa menyimpulkan bahwa pondasi cakar ayam adalah salah satu metode rekayasa teknik dalam pembuatan pondasi bangunan. Mungkin sobat masih heran mengapa dinamakan pondasi cakar ayam. Hal ini tentu karena bentuknya yang memang mirip dengan kaki hewan unggas tersebut. Fungsinya sendiri yaitu untuk mencengkram kuat tanah di bawahnya agar bangunan yang dibangun di atasnya benar-benar berdiri dengan kokoh.

 

Pondasi cakar ayam ini tentu sangat cocok dipakai di segala jenis atau macam tanah. Baik yang bertanah lembek maupun keras. Oleh karena itu, pondasi tersebut banyak diaplikasikan untuk mendirikan sebuah gedung bertingkat. Tidak hanya itu, pondasi cakar ayam ini juga biasa diaplikasian dalam pembangunan jalan layang, jembatan besar hingga landasan. Tentu saja dengan menerapkan konsep dari struktur dan kekuatan yang berbeda tergantung dengan tujuan pembangunannya.

 

Agar sobat semakin merasa bangga dengan produk asli Indonesia ini, Vira sudah rangkum lho beberapa point penting dari kelebihan dan kekurangan pondasi cakar ayam yang bersejarah ini.

 

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

1. Cocok dibangun di tanah yang lembek atau kurang kokoh

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 source: blogspot.com

Seperti tujuan awalnya, pondasi cakar ayam memang dikhususkan untuk menopang pembangunan yang berada di kawasan dengan tanah lembek atau kurang kokoh. Sehingga pembangunan di tanah yang bertekstur lembek atau berair akan tetap berjalan dengan lancar.

Pondasi ini dijamin tidak akan membuat tanah ambles, longsor, ataupun bergeser. Dari segi teknis, pondasi cakar ayam ini memang didukung oleh kekuatan yang lebih tinggi dan tidak membutuhkan ruang-ruang untuk pengembangan akibat pengaruh cuaca.

2. Cocok digunakan di banyak wilayah di Indonesia

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 source: blogspot.com

Mengingat kembali bagaimana sejarah dalam hadirnya pondasi cakar ayam ini, yaitu membangun bangunan di tanah yang lembek. Karena mayoritas tanah di beberapa wilayah di Indonesia memang memiliki tekstur yang lembek maka dari itu pondasi cakar ayam ini juga sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia.

Indonesia sendiri memiliki jenis tanah-tanah yang beragam di berbagai geografis seperti persawahan, pegunungan, daerah rawa dan juga termasuk dataran rendah. Jadi, sobat tidak perlu merasa heran ya karena memang jenis pondasi cakar ayam ini begitu populer dan banyak diadaptasi oleh banyak perumahan hingga bangunan-bangunan yang tinggal di Indonesia.

Tentunya kita sebagai Bangsa Indonesai harus berterima kasih kepada Ir. Sedyatmo atas gagasannya perihal pondasi cakar ayam ini karena ternyata memiliki banyak manfaat bagi dunia kontruski dan sangat cocok untuk diterapkan di negara Indonesa ini.

3. Tidak membutuhkan sistem drainase

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 source: blogspot.com

Dengan menggunakan pondasi cakar ayam, tanah pada bangunan tidak perlu repot-repot untuk menggunakan sistem drainase karena memang tidak membutuhkan sistem tersebut dan juga tidak membutuhkan sambungan kembang kusut. Hal ini dikarenakan sesuai dengan kelebihannya yang pertama yaitu cocok dibangun di tanah yang lembek. Kelebihan ini juga memungkinkan pembangunan konstruksi bahkan pada kondisi tanah yang agak lembek sekalipun.

Pondasi cakar ayam dibentuk dari beton yang padat juga sangat kuat sehingga tidak akan memiliki ruang berlebih untuk sebuah sistem drainase. Tentu saja dengan tidak dibutuhkannya sistem drainase ini, pengerjaan kontruksi akan jauh lebih hemat dari segi material, biaya dan juga waktu pengerjaannya.

4. Bangunan akan jauh lebih kokoh

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 source: VOIRE Project

kelebihan dari pondasi cakar ayam yang selanjutnya yaitu bangunan akan jadi lebih kokoh meskipun dibangun di atas tanah yang kondisinya akan kurang stabil. Semua ini tentu bisa terjadi dikarenakan berkat dari cara kerja dari pembuatan pondasi caka ayam yang sangat baik.

Cara kerja dari pondsi ini langsung menembus bagian tanah yang terdalam ketika sudah selesai dibuat. Penggunaan dari beton di keseluruhan pondasi juga jelas sangat menguntungkan karena membuat daya tahan pondasi ini semakin kokoh.

 

Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Meskipun pondasi cakar ayam ini terkenal dengan pondasi yang kuat dan kokoh. Tetap saja pondasi cakar ayam ini memiliki kekurangan. Nah, untuk sobat yang mungkin berencana untuk membangun rumah dengan sistem pondasi dalam waktu dekat, perlu banget untuk mengetahui informasi dari kekurangan pondasi cakar ayam ini lho. Dengan demikian, sobat akan bisa membuat pertimbangan yang lebih matang apakah ingin menggunakan pondasi cakar ayam atau cukup dengan pondasi yang konvensional saja. Yuk simak informasinya dengan lengkap!

1. Biaya pengerjaan lebih mahal

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 source: blogspot.com

Karena pada tujuan awalnya pondasi cakar ayam ini diperuntukkan sebagai pondasi bangunan bertingkat atau bangunan yang tinggi, maka otomatis biaya pengerjaannya pun akan jauh lebih tinggi. Bahkan jika sobat bandingkan dengan beberapa jenis pondasi konvensional lainnya, biaya pengerjaan dari jenis pondasi ini tetap jauh lebih mahal harganya.

Beberapa hal yang jadi penyebab tingginya biaya dari pengerjaan pondasi cakar ayam ini adalah karena pengerjaan pondasi cakar ayam dinilai cukup rumit. Selain itu dibutuhkan juga beberapa peralatan yang canggih serta penggunaan bahan-bahan yang cukup banyak.

Salah satu contoh kecilnya adalah proses betonisasi pada pondasi ini membutuhkan bahan baku bangunan sangat banyak.

 

2. Tidak cocok untuk bangunan kecil

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 source: blogspot.com

Seperti yang sudah dibahas pada point pertama di atas. Tujuan awal pembuatan bangunan dengan pondasi cakar ayam ini untuk bangunan tinggi atau proyek insfrastruktur yang berskala besar. Oleh sebab demikian, meskipun sobat tertarik dengan pamor pondasi cakar ayam ini, namun sayangnya kurang cocok digunakan untuk rumah minimalis. Namun untuk rumah besar dan mewah penggunaan pondasi cakar ayam ini masih bisa menjadi bahan pertimbangan.

Alasan lain juga bukan hanya dilihat dari segi bangunannya saja yang kurang cocok, namun juga dilihat dari segi biaya dan proses pemasangannya memang tidak cocok untuk bangunan yang kecil. Jadi jika sobat ingin membangun rumah satu lantai, ada baiknya gunakan saja jenis pondasi lainnya yang lebih ekonomis namum tetap berkualitas tinggi.

 

3. Proses pembuatannya rumit

Mengenal Pondasi Cakar Ayam Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 source: google.com

Faktor ini merupakan hal utama yang jelas menjadi pertimbangan yang sangat berpengaruh pada pilihan  sobat. Pondasi cakar ayam yang kuat dan teruji ini memang memiliki hasil kekokohan bangunan yang tidak main-main. Karena yang sudah sobat ketahui proses pembuatan pondasi cakar ayam ini tidak menggunakan proses yang mudah dan sederhana namun sebaliknya, cukup rumit.

Dari prosesnya yang rumit ini tentu berpengaruh juga pada berapa besar biaya produksi dari pondasi cakar ayam ini. Selain dari segi biaya, proses pembuatannya yang rumit ini juga bisa berpengaruh lho pada durasi pengerjaan proyek itu sendiri. Bisa jadi molor karena diperlukan perpanjangan waktu untuk pembuatan pondasi cakar ayam ini. Sehingga ada baiknya untuk sobat yang memiliki budget pas-pasan sangat tidak Vira sarankan untuk menggunakan pondasi cakar ayam.

Itulah beberapa informasi yang bisa Vira sampaikan tentang pondasi cakar ayam ini. Pengetahuan tentang pondasi cakar ayam ini sangat penting unutk sobat pahami sebelum memutuskan memakai jenis pondasi pada bangunan yang ingin sobat dirikan. Semoga dapat memberi inspirasi dan juga bermanfaat untuk sobat VOIRE.

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?