Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini istilah dari smart home system bukanlah hal yang ...
Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini istilah dari smart home system bukanlah hal yang asing lagi. Selain itu smart home system sering juga muncul dalam iklan pemasaran produk properti hunian yang ditawarkan berbagai pengembangan properti di Indonesia.
Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 08 Maret 2021
Share
2021-03-08

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini istilah dari smart home system bukanlah hal yang asing lagi. Selain itu smart home system sering juga muncul dalam iklan pemasaran produk properti hunian yang ditawarkan berbagai pengembangan properti di Indonesia.

Hal ini mulai populer seiring dengan bekembangnya inovasi teknologi yang membawa kepraktisan tidak hanya dalam urusan bisnis dan pekerjaan melainkan juga urusan domestik alias rumah.

Teknologi sistem rumah pintar ini dinilai sebagai pembawa angin segar dengan berbagai kecanggihan baru yang sebelumnya tidak pernah ada di dalam sebuah hunian. Smart home system merupakan sistem pengelolaan rumah yang diintegrasikan dengan teknologi tingkat tinggi.

Apabila memiliki rumah dengan sistem smart home, tentu akan membuat sobat sebagai pemiliki rumah lebih mudah mengatur berbagai peralatan rumah. Dengan memiliki rumah berbasis smart home technology, sobat akan menikmati kenyamanan dan kemudahan yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

Maka dari itu pada artikel kali ini Vira akan membahas sistem smart home dengan rinci sebagai referensi untuk sobat VOIRE.

Apa itu Smart Home System

Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

 source: freepik.com

Smart home system adalah sistem otoatisasi rumah yang memungkinkan sobat untuk mengontrol banyak aspek hunian melalui sebuah gadget atau smart phone. Aspek hunian yang dapat diatur melalui smart home technology dapat bervariasi.

Sobat bisa mengatur semuanya dari gadget sobat mulai dari pengaturan cahaya, pengaturan suhu ruangan, pengaturan fasiliras hiburan dan pengaturan berbagai perabot rumah lainnya.

Smart home system juga dapat mencakup pengelolaan aspek keamanan seperti sistem pengaturan alarm. Dengan teknologi mutakhir ini, keamanan dan kenyaman hunian sobat menjadi sangat mudah diakses melalui gadget yang ada di genggaman sobat.

Pusat pengaturan smart home system umumnya berupa user interface (UI) atau antarmuka pengguna. Ini dapat berupa gawai yang menempel pada dinding atau UI pada perangkat computer, baik itu dalam bentuk komputer desktop, tablet, situs web atau aplikasi pada ponsel pintar.

Smart home system merupakan sistem rumah pintar yang dapat dicapai karena adanya smart home technology yang cukup mutakhir. Smart home technology adalah istilah umum yang dipakai untuk menyebut berbagai fasilitas rumah yang telah dilengkapi dengan fitur teknologi komunikasi.

Keuntungan Menggunakan Smart Home System

Teknologi tinggi yang dihadirkan sistem rumah pintar tentunya memiliki beragam keunggulan yang tidak dijumpai pada rumah biasa atau rumah pada umumnya. Apalagi jika penerapan yang dipilih adalah complete smart home system.

Semakin banyak peralatan smart home system yang sobat VOIRE gunakan, maka besar kemungkinannya semakin banyak pula manfaat yang sobat nikmati. Berikut ini beberapa keunggulan smart home system.

1. Memudahkan Pengaturan

Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

 source: pinterest.com

Semua pengaturan yang sobat VOIRE lakukan seperti menyalakan lampu dan mengawasi keamanan rumah menjadi sangat udah dengan smart home technology. Beragam pengaturan dapat sobat lakukan dengan lebih cepat dan mudah bahkan dapat dilakukan dari luar rumah.

Hal ini tentu membuat sisrem keamanan pada smart home tidak perlu doragukan akrena dilengkapi dengan kamera, sensor gerak dan fitur canggih lainnya yang dapat dipantau dari jarak jauh oleh pemilik rumah.

Tentunya sobat akan merasa lebih tenang ketika mengaplikasikan sistem smart home di rumah sobat karena sistem keamanannya dapat lebih dijalankan dengan ketat melalui smart home system.

Apakah sobat pernah merasa tidak yakin telah menutup pintu garasi atau menutup jendela dengan benar? Melalui teknologi ini, sobat akan dengan mudah dapat memeriksa semuanya melalui ponsel pintar sobat tanpa perlu keluar dari kamar dan mengecek pintu depan.

2. Efisien dan Hemat Energi

Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

 source: pinterest.com

Keuntungan lainnya dari penggunaan smart home adalah penghematan energy penghuni dapat mengontrol atau mengelola penggunaan energi pada setiap fasiltas dan peralatan di rumah.

Penghuni hanya tinggal mengatur penggunaan lampu dan peralatan listrik lainnya. Jadinya sudah dijamin peralatan peralatan tersebut hanya beroperasi saat digunakan. Dengan cara ini, penghuni dapat menghemat dengan tagihan listrik dan penyelamatan lingkungan.

Maka dari itu tidak aka nada lagi usaha yang tidak perlu dan energi yang terbuang percuma dengan penggunaan sistem rumah pintar. Semuanya dapat sobat lakukan dengan cepat lewat beberapa sentuhan saja pada layar ponsel.

3. Kenyamanan yang #benarbenaridaman

Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

 source: pinterest.com

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kenyaman adalah dampak yang sangat diuntungkan dari berkembangnya teknologi tersebut.

Vira yakin banget nih pasti beberapa dari sobat sebelumnya tidak pernah bisa membayangkan dapat melakukan segala sesuatu hanya dengan mengklik tombol secara otomatis.

Tentu saja memiliki unit smart home membuat hidup terasa lebih nyaman karena semua aktivitas di rumah bisa dilakukan dengan mudah dari atas kursi atau juga tempat tidur. Seperti dengan mengatur pencahayaan rumah, suhu, ventilasi, keamanan, hiburan, peralatan hingga sistem rumah penting yang lainnya.

Sobat hanya perlu memberi perintah pada smart home furniture dan juga electronic di rumah sobat untuk mengatur apapun yang sobat mau. Bahkan sobat dapat mengatur beragam hal dari sofa atau kasur hanya dengan menyentuh layar di smart phone sobat.

Kelemahan Menggunakan Smart Home System

Setelah sobat VOIRE mengetahui beberapa keunggulan dari smart home, untuk beberapa bahan pertimbangan Vira akan memberikan apa saja kelemahan yang terdapat dari rumah yang mengaplikasikan smart home.

1. Membutuhkan Biaya yang Besar

Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

 source: pinterest.com

Dibandingkan dengan penggunaan rumah bisa. Teknologi smart home membutuhakan investasi yang lebih tinggi saat awal pembanguna rumah. Biaya tentu menjadi salah satu hal penting yang perlu sobat.

Seperti halnya biaya pemasangan yang cukup mahal. Bisa mencapai puluhan juta untuk sistem nirkabel dan belasan juta untuk sistem kabel. Ditambah lagi, kemampuan dan juga kondisi listrik di Indonesia yang cukup sering terjadi gangguan dan masih belum stabil.

2. Berpotensi Lonjakan Daya Listrik

Semakin banyak perangkat yang saling terhubung maka akan semakin banyak pula sumber daya listrik yang dibutuhkan. Teknologi smart home bekerja setiap waktu tanpa henti. Sehingga sobat sebagai pemilik rumah perlu memastikan rumahnya memiliki daya yang cukup.

Meskipun sebelumnya Vira menjelaskan bahwa smart home system dapat menghemat biaya listrik, namun ternyata masih ada kekurangan dalam pengaplikasiannya, yang dimana resiko keamanan dan bug bisa menjadi potensi gangguan yang akan terjadi.

Lagi pula karena hampir keseluruhan sistem dan fasilitas pada smart home menggunakan listrik dan bahkan bisa mencapai puluhan juta untuk sistem nirkabel dan belasan juta untuk sistem kabel.

3. Ketergantungan Pada Internet

Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

 source: freepik.com

Selain biaya, ada hal lain yang perlu sobat VOIRE perhatikan saat membangun rumah pintar atau smart home. Rumah pintar memang merupakan teknologi canggih yang membutuhkan internet. Untuk itu, dalam penggunaannya tentu sangat tergantung pada sistem internet.

Jika sistem internet di rumah sobat sedang down atau error, sebagian besar sistem dan perangkat pintar akan memiliki sejenis cadangan cara yang memungkinkan sistem masih dapat bekerja.

Akan tetapi faktanya tidak semua perangkat memiliki hal tersebut sehingga berisiko rumah akan kehilangan fungsi canggih dari perangkat yang digunakan sampai dengan koneksi internet kembali normal.

Rekomendasi Ruangan untuk Smart Home

Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

 source: pinterest.com

Untuk sobat VOIRE yang berencana untuk menerapkan smart home di rumahnya namun belum yakin jika mengaplikasikan smart home secara total karena masih khawatir akan biaya dan juga maintenance yang tidak mudah.

Vira sarankan sih untuk mengaplikasikan sistem smart home pada beberapa bagian ruangan atau perangkat saja. Seperti halnya beberapa contoh di bawah ini:

1. Living Room

Pada ruangan ini sobat bisa mencoba mengaplikasikan pengaturan pencahayaan dan pendingin ruangan otomatis yang berfungsi untuk menjadwalkan waktu perangkat akan nyala atau mati.

Hal ini tentu sangat memudahkan sobat dan membantu sobat untuk menghemat listrik apabila sobat tidak sengaja ketiduran dan belum sempat mematikan perangkat elektronik di ruang keluarga.

2. Smart Lock pada Pintu Rumah

Mengenal Sistem Smart Home. Ketahui Juga Kekurangan dan Kelebihannya

 source: pinterest.com

Kunci pintu digital dapat dengan mudah untuk diakses oleh orang-orang yang telah sobat berikan akses dengan kode khusus. Kode khusus ini tentu hanya bisa diakses oleh orang rumah.

Kunci pintar pada pintu rumah memiliki fitur keamanan kunci, karena kunci pintar ini pada umumnya memiliki fitur penguncian otomatis. Sehingga pintu rumah sobat bisa terkunci secara langsung ketika sobat telah menutup pintu.

Nah itulah pembahasan lengkap mengenai smart home ya sob! Semoga informasi ini dapat mencerahkan dan membantu sobat dalam memiliki rumah impian berteknologi tinggi.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?