Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek

Biasanya pada bulan Ramadhan salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu yaitu moment menghabis...
Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek Biasanya pada bulan Ramadhan salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu yaitu moment menghabiskan akhir Ramadhan dengan keluarga besar tercinta di kampung halaman. Mudik dari ibu kota ke pedesaan pun menjadi salah satu moment yang paling berkesan kala Ramadhan. Namun dengan adanya pandemic COVID-19 pemerintah tidak menganjurkan untuk mudik ke kampung halaman atau berkunjung ke rumah nenek.
Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Dekorasi Ruangan 30 April 2020
Share
2020-04-30

Biasanya pada bulan Ramadhan salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu yaitu moment menghabiskan akhir Ramadhan dengan keluarga besar tercinta di kampung halaman. Mudik dari ibu kota ke pedesaan pun menjadi salah satu moment yang paling berkesan kala Ramadhan. Namun dengan adanya pandemic COVID-19 pemerintah tidak menganjurkan untuk mudik ke kampung halaman atau berkunjung ke rumah nenek.

Lebaran tahun ini akan menjadi lebaran yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain mudik dilarang untuk sekedar sholat pada hari raya juga masih belum dianjurkan. Kebayangkan rasa rindu kampung halaman beserta keluaga sebesar apa rasanya?

Karena lebaran  #dirumahaja dan tentunya sobat sudah rindu kampung halaman ataupun rumah nenek, sobat bisa lho menghadirkan nuansa seperti rumah di kampung halaman dengan inspirasi dekorasi vintage yang sudah Vira rangkum berikut ini. Dekorasi vintage ini pun nampak cocok untuk sobat terapkan di rumah dengan berbagai gaya apapun lho. Sobat tidak percaya? Yuk intip dulu inspirasi dekorasi yang bisa sobat terapkan untuk merayakan hari lebaran tahun ini!

1. Lengkapi Sofa dengan Bantal dan Selimut

Untuk langkah awal membuat rumah sobat nampak seperti di kampung halaman yaitu dengan melengkapi sofa di ruang tamu menggunakan bantal yang dipakaikan sarung-sarung dengan warna-warna hangat seperti coklat atau sarung bantal dengan motif-motif vintage. Tidak lupa untuk menambahkan juga selimut bermotif polos untuk melapisi sofa tersebut.

Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek

 source: pinterest

Trik yang Vira sebutkan diatas akan membuat ruang keluarga menjadi tempat uang rileks dan membuat anggota keluarga serta pengunjung rumah dapat merasakan kehangatan dan juga kenyamanan.  Jika sobat merasa keberatan untuk menggunakan selimut karena dirasa selimut merupakan peralatan tidur, sobat bisa menggunakan kain bermotif etnik ataupun kain polos dengan warna yang lembut untuk menggantikan selimut tersebut.

Agar suasana di sekitar sofa juga terasa sejuk dan alami juga ruangan terasa lebih menyegarkan. Salah satu cara sederhana untuk menambah tanaman di rumah seperti dengan setangkai bunga segar dan meletakan vas bunga tersebut di ruang tamu atau bahkan juga di dapur.

2. Menata Foto Keluarga

Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek

 source: pinterest

Foto keluarga merupakan dekorasi yang menyimpan banyak sekali memori yang bisa memberikan kenangan hangat ketika siapapun yang melihatnya. Ruangan dalam rumah yang di pasang foto keluarga dapat memberikan rasa nyaman secara instan. Namun sobat harus memastikan bahwa bingkai foto yang digunakan sebaiknya menggunakan bingkai yang sesuai dengan gaya interior rumah sobat agar tidak terlihat berantakan dan bertabrakan.

Vira sarankan untuk memasang beberapa buah foto dengan ukuran besar untuk menjadi pusat perhatian pemandangan dekorasi di salah satu ruangan di rumah sobat.

3. Penggunaan Kursi Kayu di Ruang Makan

Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek

 source: pinterest

Rumah di kampung halaman atau rumah nenek lekat dengan identik dekorasi ruangan yang jadul.Penggunaan kursi kayu memang sudah tidak diragukan lagi dapat membantu nuansa jadul atau vintage tersebut. Kesan yang timbulkan dari kursi kayu ini berupa kehangatan yang penuh akan kenangan masa lalu.

Sobat juga bisa memilih ukuran meja kayu yang sesuai dengan jumlah kursi yang ada. Pada umunya jumlah kursi di sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga di dalam rumah. Namun jika ingin menambah kursi kayu untuk kesan yang vintage, sobat bisa hanya menambahkan satu atau dua kursi pada ruang makan saja lho. Vira jamin ruangan yang nampak vintage seperti rumah keluarga di kampung halaman sudah bisa sobat dapatkan. Satu tambahan lagi, jangan lupa untuk memajang hiasan nuansa jadul di area meja makan seperti serbet jarring bermotif ya sobat!

4. Dekorasi Barang Antik

Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek

 source: pinterest

Untuk dapat memancarkan kesan dan aura masa lampau ala vintage pada rumah sebenarnya bisa hanya dengan menuangkan dekorasi-dekorasi antik sebagai pendukung. Contoh dekorasi jadul yang bisa sobat pajang yaitu rangka kursi besi, poci minuman kaleng, pajangan dinding serta keramik bermotif floral hingga petromaks yang digantung di teras rumah, telepon rumah jadul yang sudah tidak terpakai. Mudah bukan?

Untuk mendukung dekorasi agar terlihat lebih antik dan unik, pilihlah warna-warna kalem dan lembut pada dekorasi yang akan di panjang. Beberapa warna lembut pilihan Vira yang bisa menjadi pilihan sobat yaitu warna-warna pastel dan juga khaki.  

5. Dekorasi Tanaman

Jika sobat ingin memulai dekorasi rumah seperti rumah nenek bisa dimulai dari dari teras atau halaman depan rumah, beberapa tanaman bisa menjadi pendukung agar rumah sobat memiliki kesan vintage yang dapat mengobati rindu kampung halaman lho.

Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek

 source: pinterest

Beberapa tanaman memiliki kesan yang melekat dengan kampung halaman atau sedikit jadul lho sobat. Tanaman-tanaman yang Vira rekomendasikan contohnya yaitu tanaman hias gantung atau tanaman yang tumbuh merambat seperti daun sirih, bunga anggrek, daun creeping Charlie dan juga bunga begonia.

Selain dapat membuat suasana rumah terlihat vintage, dekorasi dengan tanaman ini juga dapat membuat suasana rumah semakin terasa sejuk dan menyegarkan lho. Tampilannya yang juga menarik pasti membuat sobat dan anggota keluarga sobat semakin betah walaupun #dirumahaja.

6. Memakai Material Lantai yang Memberikan Kesan Hangat

Tips terakhir agar interior rumah bernuansa vintage seperti rumah nenek di kampung halaman yaitu gunakan material lantai yang terkesan hangat. Karena tidak bisa dipungkiri material keramik warna putih yang biasa ditemui di lantai rumah kurang cocokloh. Namun apabila lantai di rumah sudah terlanjur seperti itu, sobat bisa mengakalinya dengan mengaplikasikan karpet bermotif dengan warna-warna hangat seperti merah marun atau coklat tua.

Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek

 source: pinterest

Apabila sobat ingin memiliki tampilan lantai vintage yang maksimal, sobat bisa menggunakan material lantai yang memiliki kesan jadul seperti ubin dengan material berbahan kayu atau ubin dengan aneka motif dan juga parket. Material lantai yang terhitung istimewa tersebut membuat sobat harus lebih cermat merawat supaya tidak mudah tergores, rapuh ataupun retak.

Karena Ramadhan baru berlangsung beberapa hari dan masih cukup banyak waktu untuk menyambut hari lebaran di rumah aja. Tidak ada kata terlambat lho apabila sobat ingin mengubah nuansa ruangan di rumah sobat. Yuk, terapkan desain interior vintage ala rumah nenek di kampung halaman dengan kesan jadul untuk mengobati rindu karena lebaran kali ini tidak bisa mudik.

Ide untuk mendekorasi rumah untuk mengobati rasa rindu rumah nenek di kampung halaman ini, Vira persembahkan untuk sobat semua sebagai salah satu opsi kegiatan agar lebih produktif saat sedang bulan Ramadhan lho. Selain itu Vira sarankan untuk mengajak seluruh anggota keluarga di rumah turut berpartisipasi karena kegiatan ini bisa mempererat hubungan keluarga lho. Nah selanjutnya sobat juga bisa mengajak teman teman yang keluarganya juga merayakan hari lebaran dirumah aja untuk mendekorasi rumah seperti di kampung halaman. Kemudan sobat bisa saling sharing terkait dekorasi seperti apa yang sobat dan teman-teman sobat tata! Menarik kan? Yuk ajak seluruh anggota keluarga untuk bekerja sama menyulap rumah  yang #benarbenaridaman di hari raya nanti.

Semoga artikel yang Vira berikan dapat memberikan banyak manfaat ya sobat! 

Menyambut Lebaran #dirumahaja dengan Dekorasi Rumah seperti Di Rumah Nenek

Baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?