Merapikan Rumah A La Marie Kondo Untuk Rumah yang #benarbenaridaman

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Merapikan Rumah A La Marie Kondo Untuk Rumah yang #benarbenaridaman

Mendengar nama Marie Kondo, hmm pasti masih terasa asing nih bagi sobat VOIRE. Namun nama ini bel...
Merapikan Rumah A La Marie Kondo Untuk Rumah yang #benarbenaridaman Merapikan Rumah A La Marie Kondo Untuk Rumah yang #benarbenaridaman Mendengar nama Marie Kondo, hmm pasti masih terasa asing nih bagi sobat VOIRE. Namun nama ini belakang sedang populer loh di kalangan penggiat gaya hidup minimalis. Marie Kondo sendiri memiliki metode gaya hidup sendiri lho namnya yaitu mentode KonMari.
Merapikan Rumah A La Marie Kondo Untuk Rumah yang #benarbenaridaman
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 28 April 2020
Share
2020-04-28

Mendengar nama Marie Kondo, hmm pasti masih terasa asing nih bagi sobat VOIRE. Namun nama ini belakang sedang populer loh di kalangan penggiat gaya hidup minimalis. Marie Kondo sendiri memiliki metode gaya hidup sendiri lho namnya yaitu mentode KonMari.

Jika sobat menyempatkan untuk berselancar mencari tahu siapa Marie Kondo yang sedari tadi Vira sebutkan, sobat akan tahu kalua Marie Kondo ini adalah seorang yang dikenal sebagai ‘tudying expert’ atau yang artinya seorang yang ahli dalam beres-beres. Nah sama seperti julukan tersebut, tentunya beres-beres dan mengorganisir barang sudah Marie Kondo tekuni sejak kecil lho. Bahkan beliau sudah menjadi konsultan bersih-bersih sejak berusia 19 tahun. Hebat sekali bukan?

Karena sekarang ini sedang #dirumahaja ga ada salahnya lho jika sobat mencoba beres-beres dan mengoranisir barang dengan metode KonMari ini. Metode KonMari ini merupakan gaya yang mendorong seseorang untuk membersihkan dan mengoranisir barang berdasarkan sesuai kategori, bukan lokasi. Misalnya beres-beres di mulai dengan mengorganisir pakaian, kemudian buku, dilanjutkan dengan aksesoris hingga diakhiri dengan barang-barang yang bersifat pribadi.

Dari metode yang dimiliki Marie Kondo untuk beres-beres ini ternyata dapat membantu orang-orang di seluruh dunia untuk mentransformasi rumah sobat yang berantakan menjadi ruangan yang penuh kedamaian dan inspirasi. Penasaran kan bagaimana lengkapnya beres-beres ala Marie Kondo ini? Yuk simak rangkuman dari Vira berikut ini!

source: pinterest

1. Kuatkan Tekad Untuk Beres-beres, Bayangkan Hunian #benarbenaridaman

Bagi seseorang yang merasa dirinya kurang rajin, menetapkan sebuah tekad untuk beres-beres dan memiliki target hunian impian sepertinya bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif. Meskipun akan banyak yang meragukan bagaimaan rasanya untuk menguatkan tekad tersebut namun sobat ngga perlu khawatir karena rasanya sama dengan kepuasan pada diri sendiri setelah membayangkan hunian yang #benarbenaridaman.

Lalu sebelum memulai petualang dalam beres-beres rumah yuk bayangkan dahulu bentuk rumah seperti apakah yang menurut sobat paling ideal. Rumah seperti apakah yang bisa membuat sobat merasa bahagia dengan penataan barang yang membuat hati tentrams erta memudahkan aktivitas harian sobat!

Karena dengan membayangkan hal-hal sederhana seperti di atas tersebut ternyata bisa membantu melawan godaan menyimpan barang-barang yang tidak terlalu diperlukan dalam keseharian sobat lho. Hal ini tentunya bisa mencegah sobat untuk menghamburkan uang dan hanya menyimpan barang yang pentings saja.

Merapikan Rumah A La Marie Kondo untuk rumah yang #benarbenaridaman

source: pinterest

2. Merapikan Barang berdasarkan Jenis, Bukan Ruangan

Kebanyakan dari sobat tentu memiliki kebiasaan membersihkan rumah berdasarkan ruangan. Berbeda rupanya dengan apa yang diajarkan Marie Kondo, beliau justru mengajarkan hal sebaliknya. Memulai membersihkan barang berdasarkan jenis barang, dan disarankan sih dimulai dari barang-barang yang kemungkinan memiliki nilai sentimental yang rendah. Misalnya, mulai dari tumpukan pakaian, buku-buku lama di rak buku dan barang-barang yang jarang tersentuh dalam kotak P3K juga kolase bingkai foto yang sudah tua.

Pasti beberapa dari sobat ada yang bertanya-tanya mengapa harus memulai beres-beres berdasarkan jenis barang? Tentunya sang ahli beres-beres Marie Kondo sudah melakukan berbagai eksperimen sampai akhirnya beliau merasa beres-beres sesuai barang ini merupakan hal yang tepat.

Awalnya Marie Kondo juga memulai beres-beres dari ruangan satu ke ruangan yang lainnya, namun pada akhirnya Marie Kondo merasa beres-beresnya tidak pernah selesai selama setahun. Marie Kondo pun menyadari bahwa akar masalahnya yaitu orang-orang sering menyimpan jenis barang yang sama lebih dari satu tempat.

Merapikan Rumah A La Marie Kondo untuk rumah yang #benarbenaridaman

source: pinterest

3. Rapikan Sekaligus, Jangan Sedikit-sedikit!

Ini salah satu konsep utama KonMari yang membedakannya dengan metode beres-beres lainnya, yaitu membereskan barang secara keseluruhan. Vira contohkan agar sobat tidak terlalu bingung ya. Misalnya sobat mau membereskan lemari pakaian, coba cek juga sebelumnya apakah tempat cucian dan tumpukan baju berantakan? Lalu bagaimana dengan laci penyimpanan baju juga? Ada baiknya sobat membereskan secara keseluruhan agar menjaga supaya tidak mudah berantakan lagi.

Dari situlah sobat tahu, penting banget nih untuk mengeluarkan semua benda yang sobat VOIRE miliki saat beberes dengan menggunakan metode KonMari.  Salah satu prinsip KonMari yaitu merapikan rumah secara menyeluruh sama dengan berbenah secara menyeluruh. Marie bahkan menjamin jika sekalipun sobat merupakan kategori orang yang pemalas dan juga ceroboh, jika berbenah dengan cara yang benar maka bisa terus mempertahankan kerapiannya.

source: pinterest

4. Simpan Barang yang Mempermudah Aktivitas dan Membuat Senang

Slogan yang cukup populer di kalangan penggemar KonMari yaitu, “does it sparks joy

Saat sedang merapikan barang, metode KonMari meminta sobat untuk merasakan barang-barang tersebut. Merasa yang dimaksud disini yaitu apakah barang tersebut memiliki hal atau nilai yang terasa hidup sehingga dapat membuat sobat senang? Mungkin terdengar konyol, namun memang ada benarnya lho sob!

Coba lihat, ada berapa sih barang atau pakaian dalam lemari yang hanya sobat pakai sekali-dua kali karenamerasa kurang coock dengan karakter diri? Atau saat sobat membeli barang-barang yang hanya terlihat lucu namun tidak bermanfaat? Nah bagi Marie Kondo, barang-barang seperti inilah yang ngga akan membuat sobat bahagia (sparks joy). Teknik ini memudahkan sobat untuk memilah barang berdasarkan prioritas lho sobat!

Beberapa hal yang membuat sobat terjebak dalam menyimpan barnag yang sebenarnya sudah tidak terpakai yaitu karena sobat merasa takut kehilangan memori yang berkaitan dengan barang tersebut. Akhirnya gudang rumah malah penuh dengan barang-barang kenangan seperti surat-surat lama, hadiah dari seseorang yang pernah singgah di hati beberapa waktu yang lalu dan boks penyimpanan penuh kenangan lainnya.

Sebenanrnya sobat bisa merefleksikan diri lho, apakah sobat merasa barang-barang tersebut akan berguna untuk masa depan? Apakah selama ini hidup sobat seperti ada yang kurang ketika tidak melihat barang-barang tersebut? Karena pada kenyataannya abrnag-barang tersebut hanya disimpan saja tanpa sobat gunakan. Sobat melihatnya pun hanya sesekali ketika beres-beres. Yuk tanya lagi pada diri sendiri apakah sobat merasa baik-baik saja dengan tidak hadirnya barang-barang tersebut? Jika iya yuk move on!

Merapikan Rumah A La Marie Kondo untuk rumah yang #benarbenaridaman

source: pinterest

5. Luangkan Waktu Khusus Untuk Berbenah

Nah ini hal terakhir yang cukup penting yaitu meluangkan waktu khusus untuk berbenah. Vira tau kok sobat memiliki segudang aktivitas yang sangat padat. Namun coba sobat luangkan waktu khusus untuk berbenah rumah, misalnya pada akhir pekan, luangkanlah seharian penuh waktu untuk membereskan barang-barang secara menyeluruh.

Beres-beres memiliki makna yang cukup dalam lho sobat. Biasanya beres-beres identik dengan berbenah. Berbenah merupakan kegiatan yang sangat istimewa. Itulah yang Marie Kondo ucapkan saat mengawali sesi konsultasi berbenah bersama dengan para kliennya. Berbenah dengan menggunakan metode KonMari sebaiknya harus tuntas sekaligus dalam satu jangka waktu.

Ketika sobat sudah mulai untuk berbenah, lembaran baru dalam hidup sobat pasti terbuka. Hasilnya hidup sobat juga akan ikut berubah! Tegaskan pada diri sendiri bahwa semakin cepat sobat membenahi ruangan di rumah maka semakin cepat pula sobat menghadapi persoalan-persoalan yang sangat penting dalam hidup sobat. Karena jika rumah sudah terasa teratur hal tersebut akan membuat sobat merasa nyaman sehingga memudahkan sobat untuk menyelesaikan urusan-urusan selanjutnya

Merapikan Rumah A La Marie Kondo untuk rumah yang #benarbenaridaman

source: pinterest

Berbenah hanya ada dua jenis, yaitu beres-beres harian seperti menggunakan dan mengembalikan sesuatu pada tempatnya dan beres-beres secara khusus dalam artian merapikan rumah sobat sesegera mungkin.

Nah itulah 5 tips merapikan rumah ala Marie Kondo. Sudah siap wujukan rumah yang #benarbenaridaman? Mulai dengan hal sederhana seperti dengan melihat sekeliling rumah sobat. Sudahkan segalanya tertata dengan baik dan rapi? Yuk kita mulai sekarang!

Baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?