Panduan Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruangan Anda

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Panduan Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruangan Anda

Seperti yang sobat ketahui, sofa merupakan elemen penting dalam sebuah hunian. Hampir pada setiap...
Panduan Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruangan Anda Panduan Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruangan Anda Seperti yang sobat ketahui, sofa merupakan elemen penting dalam sebuah hunian. Hampir pada setiap dalam rumah dengan tipe dan desain apapun sobat bisa mendapati jenis furniture ini dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna. Biasanya ditaruh di ruang tamu dan di ruang keluarga
Panduan Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruangan Anda
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Furniture 24 Maret 2020
Share
2020-03-24

Seperti yang sobat ketahui, sofa merupakan elemen penting dalam sebuah hunian. Hampir pada setiap dalam rumah dengan tipe dan desain apapun sobat bisa mendapati jenis furniture ini dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna. Biasanya ditaruh di ruang tamu dan di ruang keluarga. Meskipun ada beberapa yang meletakkan sofa di dalam kamar. Sofa identik dengan suatu tempat untuk duduk yang dilapisi dengan bantalan empuk seprti busa kemudian dilapisi oleh kain.

Sofa berfungsi sebagai tempat duduk sekaligus beristirahat yang nyaman. Sofa sendiri memiliki kesan sebagai tempat untuk bersantai- santai. Padahal sofa sendiri memiliki kegunaan dan fungsinya yang lebih dari itu semua. Bentuk dari sofa pun bisa sobat temukan bervariasi mulai dari dipan sampai dengan yang berbentuk kursi biasa.

Banyak dari sobat mendambakan sofa yang tidak hanya nyaman untuk dipakai ketika waktunya bersantai. Tidak hanya itu sofa juga diharapkan dapat membuat nuansa interior ruangan semakin terasa indah dan menarik ketika dipandang.

Namun bagi sobat yang memiliki rumah dengan ruang terbatas pasti memiliki keraguan untuk memiliki sofa yang idaman. Karena itu, memilih sofa yang cocok dari segi fungsi dan desain yang pas pada ruangan minimalis juga tidak bisa dibilang sebagai hal yang mudah.  Nah agar sobat tidak merasa bingung dan terhindar dari kesalahan memilih model sofa minimalis di dalam rumah. Hari ini Vira akan menyajikan tips- tips berikut ini :

1. Utamakan Unsur Kenyamanan

Sebagai sebuah furniture yang memiliki fungsi utama sebagai tempat duduk, dan menjadi salah satu tempat yang akan sobat incar ketika akan melepas lelah cari lah sofa yang nyaman. Jangan salah lho, mungkin mencari sofa yang nyaman ini terkesan mudah didengar padahal ketika mencarinya merupakan urusan yang cukup rumit. Karena ketika sobat memustukan untuk membeli sofa ke toko terdekat hal yang sobat lakukan adalah mencari yang membuat sobat nyaman ketika mendudukinya.

Beberapa sofa yang sobat temui di toko mungkin saja terlihat nyaman, namun jangan langsung percaya pada pemikiran tersebut. Hal mudah yang harus sobat lakukan adalah memegang, menyentuh dan merasakan permukaan sofa tersebut. Setelah itu cobalah untuk sedikit menekan permukaan sofa tersebut apakah terasa empuk atau keras. Bisa jadi jika sofa empuk ini dirasa membuat nyaman tetapi kenyataannya malah akan membuat hal yang sebaliknya. Begitu juga dengan sofa yang terasa keras, sobat mungkin berpikir sofa ini terasa tidak nyaman padahal jika sobat mencoba mendudukinya akan merasakan hal yang berbeda.

Panduan Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruangan Anda

 source : pinterest

Saran dari Vira sebisa mungkin untuk mencoba duduk dan bersender pada sofa yang sobat pilih ya agar tidak seperti membeli kucing dalam karung.

Hal berbeda yang akan sobat jumpai yaitu apabila sobat berencana untuk membeli sofa di toko online. Tentu rasanya lebih sulit untuk menentukan ini nyaman atau tidak. Cara sederhana yang bisa sobat lakukan adalah mencari tahu sedalam mungkin terkait material pada sofa tersebut. Apabila memungkin sobat juga bisa meninjau bagaimana review pembeli yang lebih dahulu memberli sofa serupa.

2. Elemen pada Estetika

Sebagai tempat duduk yang memiliki kesan nyaman, sofa hampir selalu diletakan di ruang- ruang inti semisal ruang tamu, ruang keluarga dan juga ruang kerja. Karena sofa ini diletakan pada lokasi yang sering terlihat orang banyak maka elemen agar sofa terlihat estetik sangat perlu diperhatikan.

Zaman sekarang ini berbagai bentuk, corak dan jenisnya semain beragam mengikuti bagaimana perkembangan trend. Hal ini dapat membantu bertambahnya elemen estetika yang dapat memberi suatu pengaruh dalam ruangan sobat.

Desain sofa minimalis yang banyak ragamnya ini bisa sobat pilih menyesuaikan dengan desain ruang tamu minimalis dan juga menyesuaikan dengan ruangan lainnya sesuai selera sobat. Agar tampilan sofa terlihat semakin cantik sobat bisa menambahkan bantal dengan warna mencolok atau pun warna serasi dengan sofa sobat. Semua tergantung kebutuhan sobat.

Panduan Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruangan Anda

 source : pinterest

Namun apabila ruangan sobat tidak memiliki tema tertentu, sobat bisa menyesuaikannya dengan warna cat dinding. Misalnya cat dinding di rumah sobat berwarna putih atau abu-abu muda, maka sobat bisa memilih sofa warna nude atau dark navy untuk pilihan yang netral. Untuk membawa kesan lebih ceria, sobat juga bisa menggunakan soda berwarna kuning atau tosca.

Sebaiknya sejak awal sobat sudah memutuskan untuk memilih sofa yang polos atau sofa yang bermotif. Karena Sofa polos akan lebih mudah disesuaikan dengan tema dan warna ruangan yang akan berganti-ganti seiring berjalannya waktu. Tapi, kalau sobat lebih suka sofa bermotif, pastikan motifnya tak lekang dengan waktu atau tidak hanya mengikuti tren karena sobat bisa mudah bosan. Coba tanyakan pada diri sobat, apakah sobat masih akan suka motif tersebut untuk 2 atau 3 tahun mendatang?

3. Multifungsi

Dengan ruangan yang memiliki lahan terbatas tentunya hal yang sobat butuhkan adalah storage penyimpanan barang. Nah soluasi untuk rumah minimalis yaitu carilah sofa minimalis dengan optimalisasi tempat penyimpanan barang atau storage berupa laci yang berada di bawah sofa.

Solusi lain agar sofa minimalis lebih optimal dan juga multifungsi, sobat juga bisa memilih jenis sofa bed. Sofa bed merupakan sofa yang memiliki lipatan dan bisa diatur seperti di Tarik ke belakang menyerupai kasur. Sehingga cocok sekali untuk menjadi tempat berkumpul sobat dan juga keluarga. Keunggulan sofa bed ini juga bisa menghemat tempat dan beragam bentuknya yang bervariasi dapat di sesuaikan dengan konsep interior rumah minimalis sobat. Selain itu harga sofa minimalis terbaru dengan tipe bed ini cukup terjangkau lho sobat. Dengan fungsinya yang bisa dijadikan Kasur, sobat bisa mendapatkan kenyamanan yang tidak diragukan lagi. 

Panduan Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruangan Anda

 source : pinterest

Tips dari Vira, perhatikan juga berapa besar sofa bed saat menjadi sofa maupun saat dibuka menjadi tempat tidur. Jangan sampai sofa bed sobat tidak bisa dibuka saat telah dimasukkan ke dalam ruangan karena ukuran ruangan terlalu sempit. Dan cek juga kenyamanan ruangan saat sofa dibuka menjadi tempat tidur.

4. Pilih Sofa Sesuai dengan Kebutuhan

Karena saat ini memang sudah banyak sekali model sofa, pastikan sobat memilih sofa dengan model yang sesuai kebutuhan. Sofa terdiri dari berbagai model, mulai dari model tradisional, modern, hingga sofa yang minimalis.

Apabila sobat membutuhkan sofa minimalis untuk di letakkan di keluarga nampaknya sofa bed cocok. Sedangkan jika akan diletakkan di ruang tamu kamu sobat bisa memilih model sofa minimalis selain sofa bed seperti sofa minimalisdi ruang tamu kecil dengan model sofa tradisional, kursi sofa minimalis ataupun sofa minimalis modern. Semua kembali pada selera sobat.

Panduan Memilih Sofa Minimalis Untuk Ruangan Anda

 source : pinterest

Nah sekarang sobat sudah tahukan tips memilih sofa minimalis untuk di rumah? Pastikan sofa yang sobat pilih sesuai dengan budget ya. Usahakan jangan terlalu menguras kantong sobat. Apabila sofa idaman sobat belum terjangkau harganya jika belum butuh-butuh banget sobat bisa nabung terlebih dahulu ya! Atau apabila sobat sudah tidak sabar ingin memiliki sofa minimalis untuk penunjang waktu bersantai di rumah sobat bisa memodifikasi sendiri sofa idaman sobat. Karena indah itu kan tidak harus mahal. Semoga tips yang Vira berikan ini dapat bermanfaat ya.

Baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?