Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

Semenjak pandemi tentu sobat VOIRE lebih sering menghabiskan waktu di rumah saja dari pada di lua...
Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini. Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini. Semenjak pandemi tentu sobat VOIRE lebih sering menghabiskan waktu di rumah saja dari pada di luar rumah. Dengan normal yang baru seperti sekolah yang belajar dari rumah dan bekerja yang di remote dari rumah.
Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 20 November 2020
Share
2020-11-20

Semenjak pandemi tentu sobat VOIRE lebih sering menghabiskan waktu di rumah saja dari pada di luar rumah. Dengan normal yang baru seperti sekolah yang belajar dari rumah dan bekerja yang di remote dari rumah.

Tentu dengan banyaknya aktivitas di rumah seperti itu membuat tagihan bulanan seperti tagihan listrik dan air yang kerap membengkak. Biasanya jadi keluhan utama dalam rumah tangga beberapa bulan belakangan.

https://voireproject.com/contact

Tagihan listrik bisa menjadi salah satu beban bulanan dengan alokasi anggaran rumah tangga yang lumayan besar. Apalagi jika di rumah sobat terdapat banyak peralatan elektronik.

Umumnya beban tagihan listrik membengkak karena alat elektronik sehari-hari seperti kulkas, AC, TV atau bahkan dispenser.

Namun jangan khawatir ya sob karena cara menghemat listrik ternyata tidak sesulit itu kok! Dengan beberapa kebiasaan sederhana sekecil apapun, pasti akan bisa berpengaruh dalam mengurangi tagihan bulanan.

Seperti halnya penggunaan alat-alat elektronik yang tidak dikelola dengan baik inilah yang justru bisa membuat tagihan listrik bulanan di rumah sobat dapat terus membengkak.

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

 source: unsplash

Vira paham banget sih kalau udah diem di rumah aja pasti sedikit-sedikit nyalain ini itu yang bertenaga listrik. Karena pasti rasanya mati gaya banget kalau tidak bisa menyalakan internet yang terhubung dengan listrik.

Hal ini juga sama aja dengan air lho. Penggunaan air yang sembrono selama pandemi yang menganjurkan sobat rajin cuci tangan dan mandi setelah keluar dari ruangan membuat siapapun tidak bisa bijak dalam penggunaan air yang efisien.

Tetap tenang ya sob, yuk ikuti cara menghemat listrik dan air secara ampuh di bawah ini!

Cara Menghemat Listrik di Rumah

1. Matikan Alat-alat Listrik Saat Tidak Digunakan

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

 source: unsplash

Kebiasaan dalam membiarkan peralatan listrik seperti lampu, perangkat computer atau kipas angin menyala ketika sedang tidak ada di ruangan dapat membuat tagihan listrik menjadi jebol.

Contohnya seperti membiarkan TV menyala sepanjang malam padahal tidak ada yang menontonnya. Sebaiknya periksalah dahulu seluruh perangkat elektronik sebelum mulai tidur dan pastikan semua dalam keadaan aman dan tidak menyala.

Atau membiarkan kabel charger perangkat gadget seperti smart phone dan laptop menyolok begitu saja pada saklar. Meskipun tidak dipakai, rupanya tindakan tersebut dapat membuat tagihan listrik membengkak.

Cobalah latih dan ajak seluruh anggota keluarga menerapkan kebiasaan ini agar seluruh anggota rumah berkontribusi dengan baik dalam gerakan hemat listrik selama pandemi.

Syukur-syukur kebiasaan baik ini dapat menerap lama sehingga sobat bisa terus menekan dan menghemat bujet tagihan listrik pada setiap bulannya.

Apabila sobat VOIRE dan anggota rumah butuh bantuan dalam mendisiplinkan diri, cobalah untuk memasang pengatur waktu (timer) pada televisi atau AC agar dapat mati secara otomatis pada waktu yang telah di tentukan.

Jadi walaupun ada anggota keluarga yang kelupaan untuk mematikan AC atau televise tetap bakal padam dengan sendirinya. Tips ini sebuah cara menghemat listrik yang bijak dan juga aman sob!

2. Mengoptimalkan Cahaya Matahari dan Tanaman

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

 source: pinterest

Saat pagi hingga siang hari, sobat VOIRE tidak membutuhkan lampu jika ventilasi rumah menjadi lancar. Selain itu manfaatkanlah penerangan dari cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah.

Penggunaan ventilasi udara yang baik di dalam rumah akan sangat membantu untuk mengalirkan udara segar sehingga sobat VOIRE dapat meminimalisir penggunaan AC, Kipas angina dan Lampu.

Karena ventilasi udara dapat mengalirkan cahaya dan udara segar alami yang pengaruhnya dapat membuat pemakaian listrik menjadi lebih hemat. Maka siasatilah ventilasi udara di rumah sobat dengan pemasangan ventilasi alami ataupun ventilasi mekanik

Matikanlah lampu-lampu yang masih menyala dan buka jendela ventilasi agar cahaya matahari masuk dengan sangat leluasa. Selain untuk menghemat listrik, rumah dapat menjadi lebih sehat berkat sirkulasi udara dan juga cahaya matahari.

Ohhiya, salah satu cara menghemat listrik adalah dengan mengoptimalkan fungsi tanaman pada sekeliling rumah. Bukan hanya sekedar hiasan, keberadaan tanaman hijau di sekitar rumah bisa membuat udara di lingkungan rumah menjadi lebih segar dan sejuk.

Dengan demikian sobat pun bisa meminimalisir penggunaan AC dan bahkan mungkin sobat tidak akan memerlukanya sama sekali

3. Cara Menghemat Listrik Lewat Perabot dengan Daya yang Rendah

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

 source: freepik

Penggunaan alat-alat listrik dengan daya rendah agar tidak mengkonsumsi energi listrik yang terlalu besar. Pertimbangan ini tentu sangat penting terutama pada pemilihan lampu, AC, mesin cuci ataupun kulkas.

Cara menghemat listri yang satu ini mudah lho untuk diterapkan karena hanya dengan memilih merek barang elektronik yang hanya memakan sedikit daya listrik.

Misalnya dengan memilih AC yang memiliki teknologi inverter, kulkas yang watt-nya kecil namun ruang penyimpanannya menjadi besar atau mesin cuci dengan fitur pembersih noda.

4. Cara Menghemat Listrik Lewat Pengaturan Suhu AC atau Kulkas

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

 source: google

Suhu atau pun temperatur yang terlalu dingin memerlukan tambahan energi untuk listrik. Agar tagihan listrik tidak terlalu membengkak, maka aturlah suhu AC pada 24 atau 25 derajat celcius.

Hal demikian bertujuan agar rumah tidak terlalu dingin namun tetap nyaman bagi seluruh anggota keluarga yang beraktifitas di dalamnya.

Selain itu, sobat perlu menghindari memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas. Agar tidak memaksa kinerja kulkas yang berarti menambah energi listrik.

Aturlah juga isi dalam kulkas agar tidak terlalu penuh, karena dengan demikian peredaan udara dingin pada kulkas jadi lancar dan tidak terhambat.

Cara Menghemat Air di Rumah

1. Mandi dengan Menggunakan Shower daripada berendam di Bathtub

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

 source: unsplash

Ada fakta menarik lho sob! Mandilah dengan menggunakan shower dan gayung bisa menghabiskan air sekitar 15 - 30 liter air.

Sementara itu mandi dengan cara berendam di bath tub memerlukan air sebanyak 300 liter air. Demi menghemat pemakaian air secara signifikan sekaligus menjaga lingkungan, ada baiknya hindari opsi mandi menggunakan bathtub.

2. Matikan Keran saat Mencuci Baju atau Peralatan Makan

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

 source: unsplash

Cara menghemat air selanjutnya adalah dengan jangan membiasakan menyalakan keran terus-menerus ketika mencuci pakaian maupun peralatan makan.

Tanpa disadari, kebiasaan ini membuat banyak air yang terbuang dengan sia-sia. Saran dari Vira matikanlah keran air ketika sobat mencuci tangan dengan sabun. Setelah itu barulah menyalakan keran untuk membilas pakaian dengan peralatan makan.

Sama halnya dengan mencuci baju, gunakanlah sedikit saja deterjen ketika mencuci karena jika terlalu banyak tentu akan membuat sobat membutuhkan lebih banyak air untuk membilas.

Sobat juga bisa lho untuk menggunakan sabun bio-degradable dari bahan organik. Melalui cara menghemat air tersebut, air bekas masih bisa sobat gunakan ulang setelah di saring.

3. Periksa Keran dan Pipa Air secara Rutin Berkala

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

 source: unsplash

Pemeriksaan berkala dapat membuat sobat VOIRE dengan cepat mengetahui jika ada keran dan pipa air yang bocor. Maka segeralah untuk memperbaiki atau mengganti keran dan pipa air yang rusak agar air tidak terbuang percuma.

Tanpa adanya pemerikasaan air, banyak hal yang bisa saja terjadi seperti air keran yang meluber di kamar mandi atau pada bak penampungan.

Apabila tidak ada pemanampungan air bersih, bisa saja membuat sumber daya ini menjadi terbuang dan juga habis. Maka dari itu untuk bisa menghemat air maka pemantauan dan pengendalian adalah hal yang tidak bisa disepelekan.

Sobat VOIRE bisa melakukan pemantauan air ini dengan memasang meteran air sehingga tidak akan terlalu boros dan dapat mengidentifikasi adanya kebocoran.

4. Mengurangi aktivitas menyiram

Panik karena Tagihan Listrik dan Air Membengkak? Ikuti Cara Mengemat Listrik dan Air berikut Ini.

 source: unsplash

Cara selanjutnya yang bisa sobat VOIRE lakukan adalah dengan mengurangi beberapa aktivitas di rumah yang menggunakan kegiatan menyiram dengan air. Seperti halnya mencuci kendaraan, menyiram kloset di kamar mandi dan menyiram tanaman.

Apabila sobat VOIRE dapat mencuci mobil hingga 3 hari sekali, maka cobalah untuk mencuci mobil minimal satu atau dua minggu sekali dan hanya ketika mobil terlihat lebih kotor saja.

Selain itu, sobat juga bisa mencuci kendaraan dengan selang bertekanan tinggi agar bisa menghemat air hingga 80% penggunaan air. Untuk menghemat air ketika menyiram tanaman, sobat tidak perlu menyiram tanaman ketika hujan.

Gimana nih sob? Ternyata tidak terlalu susah kan untuk menghemat listrik dan juga air dalam rumah tangga?

Ayo langsung terapkan tips hemat air sekarang juga ya agar bisa berdiam diri di rumah saja menjadi lebih tenang tanpa memikirkan harga air dan listrik yang kian membengkak! Karena berjaga-jaga dan melakukan pencegahan tentu lebih baik dari pada mengobati kan?

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?