Penerapan Motif Batik Pada Interior, Berikan Hunian Sobat Sentuhan Etnik

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Penerapan Motif Batik Pada Interior, Berikan Hunian Sobat Sentuhan Etnik

Tahu nggak sobat? Kini batik Indonesia telah mendunia dan memiliki banyak penggemar loh, baik lok...
Penerapan Motif Batik Pada Interior, Berikan Hunian Sobat Sentuhan Etnik Penerapan Motif Batik Pada Interior, Berikan Hunian Sobat Sentuhan Etnik Tahu nggak sobat? Kini batik Indonesia telah mendunia dan memiliki banyak penggemar loh, baik lokal maupun mancanegara. Menggunakan motif batik sebagai dekorasi rumah tentu akan memberikan kesan yang tidak biasa. Selain itu menggunakan batik tidak melulu membuat rumah bertema klasik. Konsep modern dan kontemporer pun sangat cocok dipadu padankan dengan budaya Indonesia yang satu ini. Yuk simak tips penerapan motif batik pada interior yang sudah Vira rangkum buat sobat!
Penerapan Motif Batik Pada Interior, Berikan Hunian Sobat Sentuhan Etnik
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 27 Oktober 2021
Share
2021-10-27

Siapa bilang interior rumah hanya bisa didesain dengan motif dan warna-warna polos biasa? Eits jangan salah, bisa banget loh sobat menghadirkan warna dan motif lain ke dalam rumah. Nggak percaya? Sobat bisa padu padankan furniture dengan motif batik dalam di ruangan yang sobat inginkan. Batik adalah budaya Indonesia yang telah ada sejak abad ke-17. Kata “batik” berasal dari bahasa Jawa “amba” yang memiliki arti menulis dan “titik” yang memiliki arti titik. Batik memiliki motif yang sangat beragam, mulai batik Jawa, Solo, Bali, Papua dan masih banyak lagi. Batik juga sudah menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO sejak tahun 2009.

 furnizing.com

Tahu nggak sobat? Kini batik Indonesia telah mendunia dan memiliki banyak penggemar loh, baik lokal maupun mancanegara. Menggunakan motif batik sebagai dekorasi rumah tentu akan memberikan kesan yang tidak biasa. Selain itu menggunakan batik tidak melulu membuat rumah bertema klasik. Konsep modern dan kontemporer pun sangat cocok dipadu padankan dengan budaya Indonesia yang satu ini. Yuk simak tips penerapan motif batik pada interior yang sudah Vira rangkum buat sobat!

 

Penerapan Motif Batik Pada Interior Ruangan

 

Pada Ruangan Minimalis

 google.com

Kalau sobat tertarik untuk menggunakan batik sebagai salah satu aksen dalam interior rumah, perhatikan padu-padan atau komposisi warna yang digunakan. Untuk menambahkan kesan ceria, sobat bisa menggunakan batik dengan warna cerah. Sementara untuk motif, sobat bisa memilih motif yang cenderung modern kalau sobat ingin menghadirkan kesan yang kekinian.

Kain batik sendiri bisa sobat bingkai dan pajang sebagai hiasan atau aksesori dalam ruangan. Motif dan polanya sudah memungkinkan untuk membuat ruangan terlihat cantik dan penuh warna. Motif batik juga nggak harus seterusnya dengan batik lagi kok, sobat bisa menggabungkannya dengan unsur-unsur western, atau sekadar memadukannya dengan kain polos. Kesan dan tampilan yang dihasilkan tentu akan berbeda dengan penggunaan motif tanpa sentuhan modifikasi unsur lain.

 pinterest.com

Pikirkan juga gaya atau tema ruangan yang ingin sobat aplikasikan, lalu sesuaikan pilihan motif dan warna yang digunakan. Untuk menghindari kesan terlalu ramai, sobat nggak harus menempatkan motif batik dalam keseluruhan ruangan. Meski motif batik dapat diletakkan di mana saja, tetapi sebagai bentuk penghargaan dan kesopanan, akan lebih baik jika ornamen batik tidak ditempatkan di lantai ya sobat.

Untuk mempercantik interior ruangan, sobat bisa mengulik lagi motif batik tersebut untuk menambah nuansa etnik. Motif batik tersebut bisa sobat sesuaikan dengan dinding, plafon, furnitur, pencahayaan atau asesoris pendukung lainnya. Penerapan pola batik lain yang juga bisa sobat terapkan pada teralis jendela, partisi pembatas antar ruangan, atau benda-benda lain sebagai menghiasi dinding.

Kalau sobat ingin tampilan interior bergaya etnik konteporer, perpaduan motif batik dengan elemen modern perlu dijaga agar tetap seimbang. Sehingga kesan etniknya tidak terlalu kuat atau mendominasi. Contohnya pada satu ruang duduk bergaya modern, motif batik hanya diterapkan pada pola wallpaper dan pernak-pernik penghias mejanya saja, sehingga kesan modern ruangan tersebut tetap menonjol.

 

Pada Berbagai Ruangan

Setiap ruangan di dalam rumah pastinya memiliki fungsi dan juga ciri khasnya sendiri. Maka dari itu, penataannya pun berbeda satu sama lainnya sobat. Tapi jangan khawatir, Vira bakal kasih tahu sobat untuk menerapkan batik di ruangan yang berbeda.

 

Ruang Tamu

 bangun-rumah.com

Mengingat dari fungsinya yaitu untuk menyambut tamu, patut sobat perhatikan ketika hendak menerapkan motif batik pada ruangan ini. Opsi pertama, sobat bisa menerapkan motif batik pada sofa atau pada cushion sofa. Opsi kedua, sobat bisa menerapkan motif batik pada hiasan dinding yang menggantung jika sobat ingin menerapkan motifnya pada dinding. Nggak perlu berlebihan ya sobat, karena jika berlebihan mengaplikasikannya dapat membuat mata menjadi lelah sehingga dapat mengurangi rasa nyaman dari tamu saat sedang berkunjung.

 

Ruang Makan

 amazon.com

Sobat bisa mengaplikasikan motif batik pada taplak meja atau sarung kursi jika punya. Atau sobat bisa juga menerapkannya pada lampu gantung atau hiasan dinding di sekeliling meja makan. Yang terpenting dari penerapan motif batik pada ruang makan adalah agar jangan sampai membuat selera makan jadi berkurang. Jadi, usahakan agar penerapannya seimbang.

 

Ruang Keluarga

 nestnestnest.blogspot.com

Ruang keluarga sangat mengutamakan kenyamanan. Jadi, dalam mengaplikasikan motif batik tentunya harus berorientasi pada kenyamanan sobat dan juga keluarga. Jika konsep ruang keluarga sobat bukan lesehan, sobat bisa mengaplikasikannya pada sofa dan bantal. Selain itu, motif batik tesebut bisa sobat aplikasikan menjadi hiasan dinding kalau sobat merasa bingung atau tidak ada yang bisa diotak atik lagi pada ruangan.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Penerapan Motif Batik

 

Menerapkan motif batik pada interior ruangan tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan sobat. Motif batik dapat sobat aplikasikan di mana saja, baik pada furniture seperti kain penutup, taplak meja, ataupun hanya sebagai dekorasi dan asesoris. Karena coraknya yang beragam tentunya motif batik diharapkan dapat memberikan warna dan juga nuansa baru agar lebih cantik serta mempesona. Namun jika penerapannya berlebihan, maka komposisinya menjadi tidak seimbang. Sehingga ruangan terlihat terlalu ramai dan membuat mata tidak nyaman karena terlalu banyaknya motif yang diterapkan pada satu ruangan. Selain itu, tidak peduli seberapa cantik motif batik yang sobat gunakan, jika tidak diterapkan pada media yang tepat juga hasilnya akan kurang estetis. Jadi selalu utamakan keserasian agar menghasilkan kenyamanan ya sobat.

 

Motif Batik Yang Cocok Untuk Interior

 

Motif Parang

 kumparan.com

Motif batik yang satu ini merupakan motif tertua asal Jawa. Motif ini memiliki makna tidak pantang menyerah. Motifnya yang seperti ombak mengibaratkan laut yang tidak pernah berhenti bergerak layaknya semangat yang pantang menyerah. Motif batik ini dapat sobat aplikasikan sebagai table runner untuk memberikan sentuhan etnik pada ruangan. Tentunya sobat harus menyesuaikan warna batik dengan warna dan material meja yang digunakan. Jenis batik ini pun cukup banyak sehingga sobat nggak perlu bingung dalam memilih motif yang cocok digunakan sebagai dekorasi rumah.

 

Motif Mega Mendung

 engrasia.com

Motif Mega mendung merupakan motif batik yang berasal dari Cirebon. Mega memiliki langit atau awan, sedangkan mendung berarti langit gelap. Sesuai dengan namanya, motif batik ini mengadaptasi bentuk awan yang bergulung dengan warna gradasi. Makna dari motif ini adalah kesabaran, berkepala dingin dan tidak mudah marah dalam menghadapi masalah. Sobat dapat menggunakan motif batik ini sebagai karpet rumah. Untuk mengaplikasikan corak ini, sobat dapat memilih furniture yang memiliki model minimalis dan warna netral agar ruangan tetap terlihat menyatu.

Motif Truntum

 liputan6.com

Batik ini mempunyai motif yang berbentuk mirip dengan bintang. Makna motif ini adalah  cinta yang tulus tanpa syarat, abadi dan semakin lama semakin subur berkembang. Dengan digunakannya motif ini pada interior rumah, diharapkan makna dari motif tersebut bisa tersalurkan juga ke dalam keluarga sobat. Makna ini sendiri dalam bahasa Jawa disebut dengan tumaruntum. Sobat dapat menggunakan motif ini pada ruang tidur utama atau ruang keluarga.

 

Motif Kawung

 istockphoto.com

Batik kawung mempunyai pola bulatan yang mirip dengan buah Kawung (kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Makna motif ini adalah keinginan dan usaha keras yang akan selalu membuahkan hasil. Selain itu, motif Kawung juga melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal usulnya. Motif ini bisa sobat aplikasikan sebagai taplak meja atau hiasan dinding cantik.

Itu dia penggunaan motif batik pada interior serta beberapa motif batik yang bisa sobat terapkan. Pada intinya, yang diperlukan saat sobat menerapkan motif batik pada sebuah ruangan adalah keseimbangan. Jika tidak seimbang, maka motif batik tersebut akan membuat ruangan menjadi terlalu ramai dan tidak estetis. Selamat mencoba!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?