Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan memang tidak semudah yang dipikirkan ya sobat. selain kita harus menjaga diri d...
Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh Menjaga kesehatan memang tidak semudah yang dipikirkan ya sobat. selain kita harus menjaga diri dari luar dengan cara berolahraga dan memakan makanan yang sehat serta bernutrisi. Selain itu sobat juga harus pandai-pandai mengatur waktu istirahat agar tidak kelelahan dan terlalu memforsir tenaga diri kita. Tapi ternyata sobat ada faktor lainnya yang dapat membuat kita terserang penyakit.
Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 05 Juli 2021
Share
2021-07-05

Menjaga kesehatan memang tidak semudah yang dipikirkan ya sobat. selain kita harus menjaga diri dari luar dengan cara berolahraga dan memakan makanan yang sehat serta bernutrisi.

Selain itu sobat juga harus pandai-pandai mengatur waktu istirahat agar tidak kelelahan dan terlalu memforsir tenaga diri kita. Tapi ternyata sobat ada faktor lainnya yang dapat membuat kita terserang penyakit.

Dan gangguannya itu atau penyebabnya itu bisa terjadi karena dirumah loh dan bahkan sobat tidak menyadarinya, contohnya piring. Ternyata jenis piring untuk makan juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya bahkan sampai dapat menyebabkan kanker loh.

Kok bisa ya?

Dilansir oleh Hello Sehat dan sebuah studi dari Kaohsiung Medical University di Taiwan yang meneliti tentang penggunaan jenis piring melamin pada 12 respondedn yang berusia 20 tahunan.

Penelitian tersebut berfokus pada subjek yang diminta untuk menyantap makanan panas di piring melamin dibandingkan dengan piring keramik. Hasilnya, setelah tiga minggu, responded yang memakan dari jenis piring melamin.

Lebih banyak menghasilkan 8.35 mikrogram urin. Dari studi tersebut dapat disimpulkan bahwa jenis piring memang sangat berpengaruh ya sobat untuk kualitas kesehatan kita. Lalu, apa sih yang jadi penyebab paling berbahaya jika sobat salah memilih piring?

Penyakit Berbahaya Jangka Panjang

Dampak yang paling berbahaya adalah penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan jenis piring. Contohnya penyakit jangka panjang seperti demam, asma, bronchitis, muntah, kanker bahkan sampai dengan merusak kinerja reproduksi.

Memang sobat, penyakit tersebut tidak langsung menjakit tubuh kita dalam waktu singkat tetapi seiring berjalannya waktu. Jika sobat tetap menggunakan jenis piring dengan kandungan melamin, itu akan sangat berbahaya untuk kesehatan.

Sesak Napas dan Kesulitan Buang Air Besar

Tidak hanya penyakit jangka panjang, tapi keselahan pemilihan jenis piring juga dapat memicu penyakit yang sebenarnya dekat dengan kita. Apakah sobat pernah merasakan sesak napas yang berkepanjangan?

Atau mungkin kesulitan buang air besar yang tidak wajar? Jika iya, bisa jadi penyebabnya dari jenis piring yang sobat gunakan setiap harinya. Cobalah untuk memiliih peralatan makanan dan juga jenis piring yang aman seperti yang terbuat dari keramik.

Dan juga sebisa mungkin hindari makanan panas yang ditaruh pada piring plastik atau melamin.Selain itu juga sobat harus memilih tempat penyimpanan dapur dari bahan yang aman untuk kesehatan.

Kacaunya Sistem Kekebalan Tubuh

Seiring berjalannya waktu, kesalahan yang ditimbulkan dari penggunaan jenis piring juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sobat pun jadi lebih mudah terserang penyakit.

Serta mengalami penurunan antibody yang cukup sering dibandingkan dengan biasanya. Hal ini juga dapat mengganggu organ-organ yang berkerja di dalam tubuh sobat.

Nah, sebelum sobat menyesal karena selama ini memakai jenis piring yang berbahaya untuk kesehatan keluarga. Yuk, ketahui jenis dan bahan piring yang tidak dianjurkan untuk digunakan sehari-hari.

Jenis Piring Berbahan Melamin

Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh

Bahan Melamin memang merupakan jenis piring yang paling berbahaya bagi kesehatan. Piring melamin mengandung zat kecil seperti formaldehida yang berbahaya jika diserap oleh tubuh lho sobat.

Lalu, Bagaimana ya seandainya jika sobat sudah memiliki koleksi jenis piring melamin dirumah sobat? Tenang saja, jenis piring melamin masih aman dan dapat digunakan kok sobat selama makanannya dalam keadaan dingin dan tidak ditaruh makanan panas.

Bayangkan, jika zat melamin yang terhirup dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan serta kerusakan hati.

Jenis Piring Plastik

Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh

Selain jenis piring berbahan melamin, ada juga piring yang mengandung bahan plastik yang sama berbahayanya bagi kesehatan. Adanya kandungan BPA yang merupakan salah satu bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik menjadi bening.

Coba bayangkan sobat jika jenis piring yang dipilih untuk keluarga sobat mengandung senyawa BPA yang bisa larut dalam makanan dan minuman panas? Reaksi berbahaya seperti cacat janin ataupun kanker bisa masuk kedalam tubuh kita sobat.

Jenis Piring Timbal

Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh

Sebelum memutuskan jenis piring yang cocok untuk kita pribadi dan keluarga terutama si buah hati. Periksalah kembali apakah pilihan jenis piringmu mengandung bahan timbal berbahaya atau tidak.

Timbal merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat peralatan makan, cat serta kasur yang melapisi keramik. Jadi. Walaupun jenis piring sobat terbuat dari keramik belum tentu bebas timbal lho.

Untungnya, kemajuan teknolohi sadar akan bahayanya bahan timbal sehingga lambat laun tidak lagi memproduksi cat berbahaya ini.

Jenis Piring Aluminium

Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh

Pelaratan dapur khususnya yang untuk memasak ataupun jenis piring yang terbuat dari bahan alumunium memang benda umum yang ada di setiap rumah. Akan tetapi, taukah sobat ternyata jenis piring yang terbuat dari aluminium itu berbahaya bagi kesehatan?

Kandungan aluminium yang terserap ke tubuh dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan badan. Partikel ion yang ada di dalam peralatan masak aluminium dpat berbahaya bagi otak dan menyebabkan penyakit Alzheimer.

Penyakit alzhaimer itu sendiri adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap.

Sebagai gantinya sobat dapat memilih jenis piring berbahan stainless steel sebagai penggantinya.

Jenis Piring Styrofoam

Pentingnya Memilih Piring Bagi Kesehatan Tubuh

Mungkin karena jenis piring ini plastik dan simpel, jenis piring ini sering digunakan, apalagi jika digunakan untuk acara besar seperti acara ulang tahun atau bahkan digunakan sebagai kemasan makanan para pedagang makanan.

Dibalik kemasannya yang simpel, ternyata jenis piring berbahan Styrofoam mengandung bahaya yang sangat besar lho sobat. senyawa benzene akan larut dalam minuman/makan tersebut.

Lalu, bagaimana jika sobat terlanjur memiliki peralatan makanan dan jenis piring sobat terbuat dari bahan melamin dan plastik hindari menaruh makanan panas pada wadah tersebut. Hindari juga untuk memasukkan jenis piring melamin sobat ke dalam microwave.

Tempat  penyimpanan juga harus sangat diperhatikan.  Jangan karena punya dapur kecil, sobat lantas mengabaikan tata letak yang baik bagi dapur sobat. kandungan melamin yang tertelan dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan, mual, muntah serta diare.

Sementara untuk mengatasi jenis piring dengan wadah alumunium, menurut penelitian, saat kita menaruh makanan panas atau memasak dengan peraltan aluminium, ion akan larut pada alat masak.

Atau piring jenis aluminium yang mengelupas dan tercampur makanan. 

Satu lagi, jenis piring atau  mangkuk  yang berbahaya yaitu dari bahan plastik. Penelitian menunjukan  bahwa orang yang mengosumsi makanan berkuah panas dengan suhu sekitar 90 derajat celcius yang dituang dalam jenis piring melamin sulit diserap oleh tubuh.

Untuk menghindari jenis piring dengan menggunakan timbal, sobat dapat menhindari piring ataupun peraltan makanan yang dilapisi oleh glazur (glaze) mengkilat di bagian dalamnya serta jangan memilih jenis piring yang sudah retak.

Sebisa mungkin, hindari jenis piring atau peraltan makan dengan warna mencolok. Pilihlah hanya gelas, mug, sendok dan peraltan makan yang berkualitas tinggi supaya lebih awet dana man bagi kesehatan sobat.

Gunakan Jenis Piring Berbahan Kayu dan Keramik

Jika sobat tidak mau repor, coba gunakan beberapa pilihan jenis piring yang terbuat dari bahan kayu, keramin dank aca agar lebih aman digunakan untuk menaruh makanan panas ataupun dingin.

Selain itu, jenis piring ini juga aman untuk ditaruh di microwave yag berguna untuk memanaskan makanan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?