Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek

Dalam hal urusan membangun rumah, kantor, hotel dan bangunan apapun tentunya memerlukan bantuan b...
Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek Dalam hal urusan membangun rumah, kantor, hotel dan bangunan apapun tentunya memerlukan bantuan beberapa pihak agar teciptanya wujud bangunan yang diimpikan. Pihak yang berkaitan antara lain arsitek sebagai orang yang tepat untuk mulai mewujudkan bangunan impian sobat. Namun ternyata urusan membangun bangunan belum selesai. Rupanya sobat membutuhkan jasa seorang desainer interior untuk tahap akhir menyempurnakan bagian dalam bangunan atau desain interior sebuah bagunan.
Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 19 Maret 2020
Share
2020-03-19

Dalam hal urusan membangun rumah, kantor, hotel dan bangunan apapun tentunya memerlukan bantuan beberapa pihak agar teciptanya wujud bangunan yang diimpikan. Pihak yang berkaitan antara lain arsitek sebagai orang yang tepat untuk mulai mewujudkan bangunan impian sobat.  Namun ternyata urusan membangun bangunan belum selesai. Rupanya sobat membutuhkan jasa seorang desainer interior untuk tahap akhir menyempurnakan bagian dalam bangunan atau desain interior sebuah bagunan.

Untuk lebih memahami penjelasan mengenai tugas masing-masing antara arsitektur dan juga desainer interior yang lebih detailnya, sobat tentu perlu mengetahui terlebih dahulu tugas masing-masing untuk menentukan meyakinkan sobat mengapa begitu penting menggunakan jasa desainer interior dan juga arsitek.

Nah dengan menggunakan jasa arsitek dan desainer interior, sobat akan mendapatkan berbagai macam kemudahan dalam proses perancangan hingga selesai bangunan rumah idaman sobat. Beberapa keuntungan yang sobat bisa dapatkan seperti mengatasi kesulitan saat proses pembangunan, dapat menghemat biaya, waktu dan juga tenaga serta dapat membantu sobat untuk memastikan bahwa pembangunan berjalan lancer hingga selesai.

Pada umumnya arsitek dan desainer interior merupakan dua profesi yang memiliki fokus dan tanggung jawab yang berbeda. Akan tetapi, keduanya memiliki persamaan dalam objek yang digeluti, yaitu sebuah bangunan. Bagaimana mendesain dan menciptakan bangunan agar menjadi indah dan juga fungsional adalah orientasi dan juga tujuan pekerjaan dari seorang arsitektur maupun desainer interior.

Nah yuk kita simak lebih detail perbedaan arsitek dan juga desainer interior di bawah ini.

 

Tugas Desainer Interior

Desainer interior merupakan orang yang tepat jika sobat memiliki impian ruangan yang penuh nilai estetika. Seorang desainer interior akan mampu mewujudkan impian ruangan yang sobat impikan karena desainer interior memiliki kemampuan spasial yang kuat, serta memiliki keterampilan terutama dalam mendesain estetika ruang.

Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek

Untuk menjadi seorang desainer interior professional seorang desainer biasanya dilatar belakangi oleh pendidikannya yaitu jurusan desainer interior. Hal-hal yang dipelajari dalam jurusan desainer interior biasanya meliputi pengetahuan dasar desain seperti elemen, estetika, dan juga prinsip sebuah ruangan bagian dalam. Sehingga setelah mahasiswa jurusan desain interior lulus mereka sudah siap untuk mewujudkan desain impian kliennya.

Desainer interior yang profesional terlatih dalam perencanaan ruang untuk semua jenis bangunan termasuk hotel ataupun ruang kantor.  Perihal tugas pokok seorang desainer interior berkonsultasi dengan klien dan merancang gambar desain yang fungsional. Desain ini mengedepankan estetika untuk ruang interior.

Setelah desain yang dirancang seorang desainer disetujui, tahap selanjutnya yaitu mempercantik ruangan dengan dekorasi yang menyesuaikan dengan konsep yang telah dibuat. Seperti menambah buku, majalah, hiasan dan juga perabot.

 

Tugas Arsitek

Dalam lingkup tugasnya, arsitek merancang semua jenis bangunan. Tidak hanya rumah yang seorang arsitek rancang alias arsitek rumah namun juga bangunan untuk umum seperti rumah sakit, tempat ibadah, hotel, villa dan lain-lain.

Untuk langkah awal seorang arsitek akan berkomunikasi untuk menggali dan mengetahui kebutuhan bangunan lengkap milik seorang klien. Selanjutnya arsitek akan menyusun rencana untuk desain bangunan sobat.

Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek

Desain yang dirancang oleh seorang arsitektur melingkupi penggabungan fungsi, bentuk, kemanan dan kebutuhan pemilik masa depan. Pada intinya desain tersebut menggabungkan keindahan dan fungsionalitas.

Desain arsitektur yang dihasilkan seorang arsitek adalah seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk menyatakan imajinasi dan kolaborasi ilmu seorang arsitek dan kliennya ke dalam suatu rancangan sebuah bangunan yang akan di bangun. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup perancangan dan pembangunan di suatu lingkungan baik berupa bangunagan besar atau makro dan juga kecil atau mikro.

Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek

Pekerjaan arsitek dari awal mula mendesain sampai selesainya pengerjaan seperti menata letak bangunan-bangunan yang memiliki ketertarikan funsgi dalam sebuah site dan mendesain site tersebut. Pekerjaan arsitek juga meliputi mengolah tata ruang sebuah bangunan, bentuk luar dan tampak sebuah bangunan hingga menentukan jenis dari material bangunan yang dibutuhkan.

 

Perbedaan Arsitek dan Desainer Interior

Baik desainer interior maupun arsitektur kedua profesi ini ternyata memegang keterampilan yang sama untuk mempercantik dan juga membangun sebuah bagunan. Kedua profesi ini juga memiliki keterampilan dapat mendesain estetis dan keamanan dari suatu rumah.

Sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup mendasar antara kedua profesi ini, perbedaan tersebut ialah apabila dari profesi arsitek maka arsitek inilah yang merancang interior dan eksterior dari lingkungan yang dibangun, sementara desainer interior bertugas untuk menambah nilai estetika dalam ruangan yang sudah jadi.

Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek

Ternyata arsitek dan desainer interior memiliki irisan yang sama yaitu keduanya menggeluti bidang interior. Interior adalah bagian dalam atau yang berkaitan dengan bagian dalam, interior sering kali diartikan sebagai komponen pendukung yang bisa mempercantik ruangan di dalam rumah atau bangunan. Interior sendiri biasanya bersangkut paut dengan hal yang berhubungan dengan furnitur, penataan ruangan, pemilihan cat, penggunaan tangga dan sebagainya yang berhubungan dengan rumah bagian dalam.

Apabila sobat pernah mendengar istilah lain yaitu arsitektur interior hal ini merupakan hal yang berbeda dari desain interior dan juga arsitek. Arsitek interior yaitu seseorang yang memahami unsur-unsur dalam arsitek seperti struktur bangunan dan utilitas bangunan namun juga mengetahui bagaimana bidang interior yang berhubungan dengan banyak manusia.

Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek

Untuk lebih mudahnya seorang arsitek sangat mungkin akan bisa membantu seorang desainer interior, tetapi tanggung jawab utama mereka terletak pada bagian luar bangunan. Begitu juga sebaliknya, desainer interior bertanggung jawab di dalam gedung atau ruangan.

Bagaimana nih sobat? Apakah sobat sudah mendapatkan pencerahan bagaimana perbedaan arsitek dan desainer interior.

Jika sobat memiliki struktur yang dibangun dan mencari seseorang yang mampu mendesain dalam ruangan, maka sobat lebih memerlukan seorang desainer interior. Sementara jika Sobat ingin merombak dan membangun kembali struktur, Sobat perlu mencari seorang arsitek. Ketika Sobat ingin membangun rumah dari awal, disarankan untuk mempekerjakan kedua profesi tersebut supaya mendapatkan hasil terbaik.

Perbedaan Desainer Interior dengan Arsitek

Tentunya sobat tidak perlu galau apabila membutuhkan jasa seorang desainer interior maupun seorang arsitek dalam upaya mewujudkan rumah yang #benarbenaridamam. VOIRE Project memiliki desainer interior dan arsitek professional yang siap memahami apa sih yang sobat inginkan dan sobat butuhkan, karena terkadang beberapa orang masih banyak keliru terkait apa saja keinginan dan juga kebutuhannya dalam mewujudkan rumah idaman. Hal tersebut tentunya akan menghambat proses membangun rumah idaman sobat.

 

Tidak inginkan terjadi banyak kendala ketika proses pembangunan hunian yang idaman. Nah VOIRE Project satu-satunya solusi untuk sobat voire dimanapun dan kapanpun.

 

VOIRE Project juga sudah punya fitur canggih untuk sobat memantau proses dan bagaimana progress pembangunan sehingga sangat memudahkan sobat yang sibuk dan memiliki waktu terbatas dan juga untuk sobat yang merasa mager untuk melakukan kontroling keluar ruangan atau tempat tinggal. Menarik kan? Yuk wujudkan impianmu bersama VOIRE Project.

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?