Redam Panas Di Rumah Sobat Dengan 5 Material Berikut, Mudah Dicari!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Redam Panas Di Rumah Sobat Dengan 5 Material Berikut, Mudah Dicari!

Seng memang material yang sering digunakan sebagai penutup atap untuk bangunan semacam gudang ata...
Redam Panas Di Rumah Sobat Dengan 5 Material Berikut, Mudah Dicari! Redam Panas Di Rumah Sobat Dengan 5 Material Berikut, Mudah Dicari! Seng memang material yang sering digunakan sebagai penutup atap untuk bangunan semacam gudang atau pabrik. Seiring berjalannya waktu, kini rumah-rumah juga menggunakan seng sebagai atap. Hal tersebut dilakukan karena harga seng yang terbilang murah dan terjangkau. Namun sayangnya, material yang satu ini bisa membuat ruangan atau bahkan rumah sobat menjadi terasa panas dan membuat hunian kurang nyaman. Kalau sobat kekeuh ingin menggunakan seng sebagai material atap, sobat bisa menggunakan peredam panas untuk mengurangi rasa panas yang ditimbulkan oleh seng.
Redam Panas Di Rumah Sobat Dengan 5 Material Berikut, Mudah Dicari!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 07 Februari 2022
Share
2022-02-07

Seng memang material yang sering digunakan sebagai penutup atap untuk bangunan semacam gudang atau pabrik. Seiring berjalannya waktu, kini  rumah-rumah juga menggunakan seng sebagai atap. Hal tersebut dilakukan karena harga seng yang terbilang murah dan terjangkau. Namun sayangnya, material yang satu ini bisa membuat ruangan atau bahkan rumah sobat menjadi terasa panas dan membuat hunian kurang nyaman. Kalau sobat kekeuh ingin menggunakan seng sebagai material atap, sobat bisa menggunakan peredam panas untuk mengurangi rasa panas yang ditimbulkan oleh seng. Ada beberapa peredam panas yang bisa sobat coba pakai di rumah agar ruangan lebih terasa adem dan juga sejuk. Yuk, langsung saja simak pembahasan Vira di bawah!

 

5 Jenis Peredam Panas Atap Seng

 

Aluminium Foil

 google.com

Pasti sobat sudah tidak asing dengan material yang satu ini. Siapa sangka, ternyata material yang kerap kali digunakan sebagai pembungkus makanan ini bisa meredam panas yang ditimbulkan atap seng. Ya, aluminium foil merupakan sangat tahan terhadap suhu panas. Bahkan, aluminium foil mampu menghalau sinar UV dari matahari yang dapat memengaruhi suhu di dalam ruangan rumah. Selain itu, aluminium foil memiliki sifat yang tidak menyerap panas dan dapat memantulkan panas, membuatnya pelapis yang ideal sebagai pelindung dari radiasi matahari dan juga pilihan terbaik untuk mengantisipasi panas dari atap seng.

 

Bubble Foil

 shopee.co.id

Sebenarnya, material yang satu ini merupakan hasil modifikasi dari aluminium foil. Namun meskipun begitu, bubble foil juga bisa menahan panas loh. Dengan begitu, bagian dalam rumah sobat akan terasa lebih sejuk deh! Selain itu, bubble foil aman sobat gunakan karena tidak mengandung senyawa kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Gemes ya bentuknya? Bikin Vira ingat sama bubble wrap deh jadinya hihi.

 

Expanded Polystyrene System

 lifehackk.com

Sobat masih mencari alternatif peredam panas sederhana lainnya? Maka Expanded Polystyrene System atau EPS adalah salah satu peredam panas sederhana yang sobat jadikan pilihan. Material satu ini terbuat dari bahan plastik dengan struktur butiran yang berisi udara dengan kerapatan yang rendah. Hal tersebut membuat styrofoam mampu menahan panas dari atap seng. Tahu tidak sobat, ternyata panel styrofoam sudah lama digunakan sebagai isolasi thermal pada atap seng loh! Hal ini karena material EPS dinilai sangat efektif untuk meredam panas pada bangunan. Bahkan, panel styrofoam sendiri sudah diuji kemampuannya dengan menggunakan lampu sorot sebagai sumber panas pengganti sinar matahari pada jarak tertentu sobat.

 

Atap Polyester

 alibaba.com

Material yang satu ini adalah material yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat sebagai peredam panas. Hal ini karena kemampuannya yang dapat menyerap panas, sehingga bagian di dalam rumah akan menjadi lebih adem. Selain itu, karena sifatnya tersebut, rumah sobat juga menjadi lebih sejuk meskipun sobat tidak menggunakan AC loh! Material yang satu ini tidak hanya untuk rumah, polyester juga telah banyak digunakan sebagai peredam panas di gedung-gedung bertingkat dan beberapa fasilitas umum lainnya. Tertarik juga untuk menggunakan material yang satu ini sobat?

 

Polyurethane Foam

 google.com

Polyurethane foam adalah material yang berbentuk seperti foam atau busa, tetapi memiliki sifat yang agak padat. Material ini diklaim tahan terhadap berbagai cuaca, salah satunya adalah kemarau. Hal ini karena Polyurethane foam dapat menahan panas dengan baik. Material yang satu ini memliki tekstur cair yang agak padat, sehingga mampu menyerap panas dengan lebih efektif. Bahkan material yang satu ini tidak mudah rusak, sehingga sangat awet dan juga tahan lama. Selain itu, material peredam panas yang satu ini tidak hanya cocok untuk atap seng, melainkan juga bisa digunakan pada jenis atap lain seperti beton, kayu, asbes, genteng dan metal loh!

Itu dia 5 material pereda panas dari atap seng yang sudah Vira rangkum untuk sobat. Material seng memang relatif murah, tidak heran kalau menjadi pilihan masyarakat Indonesia sebagai material atap. Namun, material seng dapat membuat ruangan di dalam rumah menjadi panas dan tidak nyaman. Sobat bisa menggunakan material tertentu untuk meredam panas yang ditimbulkan dari atap seng. Semoga artikel berikut bisa menjadi referensi untuk sobat dalam mencari material peredam panas. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?