Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

Selain hamparan hijau dan dekorasi taman, ada satu lagi elemen penting yang tidak boleh kita lewa...
Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik Selain hamparan hijau dan dekorasi taman, ada satu lagi elemen penting yang tidak boleh kita lewatkan untuk mempercantik taman sobat. Apa lagi jika bukan batu taman yang cukup banyak pilihannya. Mulai dari jenis, ukuran dan style, banyak sekali cara memanfaatkan batu taman supaya hunian terlihat lebih estetik dan hidup. Kali ini Vira akan membahas batu taman mana yang paling cocok untuk hunian sobat.
Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 19 Juli 2021
Share
2021-07-19

Selain hamparan hijau dan dekorasi taman, ada satu lagi elemen penting yang tidak boleh kita lewatkan untuk mempercantik taman sobat. Apa lagi jika bukan batu taman yang cukup banyak pilihannya.

Mulai dari jenis, ukuran dan style, banyak sekali cara memanfaatkan batu taman supaya hunian terlihat lebih estetik dan hidup. Kali ini Vira akan membahas batu taman mana yang paling cocok untuk hunian sobat.

Yuk! Simak penjelasan Vira berikut ini.

Batu Kerikil Kacang

Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

 source:google.com

Sesuai namanya, batu ini berukuran kecil seperti biji kacang. Batu yang cantik ini biasanya bertekstur halus karena digerus aliran air. Umumnya, batu taman kerikil kacang ini diambil dari pinggiran sungai atau kali dalam beraneka warna.

Penggunaan batu ini boleh dicampur dengan semen untuk dijadikan jalan setapak. Harganya juga cukup terjangkau sobat, jadi jika sobat ingin menggunakan batu kerikil kacang ini untuk taman sobat, sobat tidak membutuhkan kocek yang terlalu dalam.

Batu Kali

Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

 source:google.com

Sama halnya dengan batu kerikil kacang, batu taman ini juga berasal dari perairan sungai atau kali. Sudah diperhalus oleh aliran air alam, batu kerikil kali biasanya lebih besar ukurannya dengan bentuk lonjong dan beraneka ragam.

Batu ini adalah bongkahan batu yang umumnya ukurannya tidak beraturan dan dapat sobat temukan di sungai maupun gunung. Batu kali pun memiliki 2 jenis yang berbeda lho sobat. yang pertama ada batu kali bulat.

Batu kali bulat adalah batuan alami yang berbentuk bulat tidak beraturan yang biasanya didapatkan dari sungai. Lalu yang kedua ada batu kali belah. Batu kali belah merupakan batuan alami yang bentuknya besar lalu dihancurkan sekitar 30-40cm.

Batu kali ini meupakan salah satu elemen batu yang sering digunakan untuk taman dan dekorasi sobat jadi sobat bisa dengan mudah menemukan batu ini di pasaran. Jika digunakan sebagai batu taman, jenis batu ini cukup awet sehingga tidak mudah rusak.

Padukan saja batu ini dengan air mancur atau elemen air lainnya.

Batu Alam Flagstone

Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

 source:google.com

Sobat ingin taman di rumah sobat memiliki tampilan yang mewah? Cobalah untuk menggunakan batu taman yang berasal dari batu alam ini, batu alam ini biasa disebut flagstone.

Batu Flagstone ini terbentuk dari batuan sedimen atau endapan lapisan batuan dengan tekanan dan suhu rendah yang mengeras (seperti batuan di kali atau di bawah air. Batu flagstone biasanya berbentuk datar dan besar.

Dengan ketebalan 1-3inch, dengan bentuk yang tidak beraturan. Batuan jenis ini biasanya menjadi jenis batu alam yang banyak diminati untuk pembuatan teras outdoor, taman, jalan setapak, dan yang sejenisnya.

Teksurnya yang keras dan kasar menjadikan permukaanya tidak selip hingga aman digunakan sebagai tempat pijakan saat hujan atau permukaanya basah.

Dengan sentuhan tropis, jenis batu ini juga efektif dalam segi penyerapan air, sehingga cocok untuk dijadikan jalan setapak. Pilih saja ukuran yang diinginkan dan cocokkan dengan instalasi sebagai batu taman di hunian sobat.

Tapi selain dapat diaplikasikan untuk taman atau outdoor, flagstone atau ubin berbatu saat ini sudah banyak dipakai untuk hiasan interior rumah lho sobat. Tidak hanya unik, pemakaian flagstone juga dapat mempecantik tampilan karena akan membuat suasana menjadi lebih alami dan lebih menyatu ke alam.

Batu Granit

Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

 source:google.com

Pertimbangan batu alam lain yang boleh dan dapat dijajaki sebagai batu taman adalah batu granit. Sama-sama terbentuk dari proses alam berupa batuan beku yang bercampur. Batu granit merupakan batuan beku yang sebagian besar terdiri dari kuarsa, feldspar, mikas, amfibol serta campuran mineral tambahan. Nah, mineral-mineral tersebut yang membuat batu granit mempunyai banyak variasi warna dan terkstur yang beragam,

bahan ini pun sering hadir dalam bentuk keramik untuk interior.

Karena motif atau aksen yang ditimbulkan dari batu granit ini sangat khas dan juga indah. Akan tetapi , selain untuk pengaplikasian pada interior batu granit juga bisa hadir sebgai batu taman.

Baik dalam bentuk keramik jalan atapun pecahan batu granit.

Batu Candi

Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

 source:google.com

Saat mendegar kata batu candi, yang terpikir di benak sobat pasti batu yang membentuk dinding candi. Batu candi ini sering juga disebut sebagai batu andesit, batu andesit atau batu candi ini bisa digunakan untuk batu taman yang indah.

Memiliki motif berbintik hitam yang halus dan juga daya serap air yang bagus, batu taman ini dibentuk dari proses pendinginan lava. Jika ingin menghadirkan batu taman ini, sobat lebih baik untuk menggunakannya sebagai bagian dari dinding atau jalan taman.

Karena bentuknya yang cukup presisi serta permukaannya yang cukup rata akan memudahkan sobat untuk menyusun batu ini sebagai dinding ataupun jalan taman di rumah sobat.

Harganya yang relative terjangkau membuat batu candi ini cukup populer digunakan, dibadingkan dengan batu alam lainnya.

Batu Koral

Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

 source:google.com

Ada lagi nih batu taman yang hampir mirip dengan batu kerikil kacang, yaitu batu koral. Batu yang dominan bewarna putih ini sangat lumrah dipakai untuk dekorasi taman maupun dekorasi rumah. Sobat pasti pernah liat kan?

Terkadang batu koral ini juga digunakan pada bagian kolam di rumah. Batu koral ini bisa hadir dengan berbagai macam warna seperti hitam, putih dan warna-warna lainya. Tetapi dibandingkan dengan batu taman kerikil batu korang ini biasanya cenderung lebih rapuh.

Jadi jika sobat hendak menggunakan batu koral ini pada taman dirumah sobat, pastikan untuk tidak menempatkannya di area yang sering terinjak atau dibawah benda yang berbobot berat. Karena  jika tidak batu koral ini akan cepat rusak.

Batu Split

Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

 source:google.com

Batu belah atau batu split punya tekstur yang kasar dan unik karena telah menjalani proses pemecahan dari batu alam berukuran besar. Proses pembelahan ini bisa dilakukan secara manual ataupun menggunakan stone crusher atau sebuah mesin penghancur.

Biasanya setelah dihancurkan batu-batu ini tidak langsung digunakan, melainkan di sortir terlebih dahulu berdaasrkan ukurannya karena setiap ukuran memiliki fungsi yang berbeda. Batu split pun dibagi menjadi beberapa jenis, dikategorikan berdasarkan ukurannya.

Alhasil batu split in ilempengannya bisa disusun secara kreatif dan dekoratif sebagai batu taman. Karena batu split atau batu belah ini memiliki warna, bentuk, serta ukuran yang berbeda, batu split bisa dijadikan batu taman dalam berbagai gaya lho sobat.

Pilihlah ukuran batu split yang cocok dan sesuai kebutuhan sobat ya, agar tidak menyulitkan saat pemasangannya untuk taman sobat.

Batu Bata

Rekomendasi Batu Alam Agar Tamanmu Semakin Cantik

 source:google.com

Kenapa tidak menggunakan batu bata sebagai bagian dari batu taman? Batu bata bisa ditata sedemikian rupa membentuk sisi lansekap atau disusun bertingkat menjadi struktur cantik sesuai selera.

Saat diaplikasikan bersamaan bertingkat di area untuk berkebun, dijamin taman di rumah sobat pasti akan semakin tampil cantik dan estetik.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?