Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

Sebenarnya memilih cat tembok bukanlah suatu hal yang mudah namun bukan juga suatu hal yang sulit...
Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik Sebenarnya memilih cat tembok bukanlah suatu hal yang mudah namun bukan juga suatu hal yang sulit. Ada beberapa hal yang pastinya perlu sobat perhatikan, seperti pertimbangan dalam memilih warna, lokasi ruangan yang akan di cat, seperti apa kualitas dari cat yang akan digunakan, hingga penyesuaian cat dengan warna furniture di dalam rumah
Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 08 Mei 2020
Share
2020-05-08

Sebenarnya memilih cat tembok bukanlah suatu hal yang mudah namun bukan juga suatu hal yang sulit. Ada beberapa hal yang pastinya perlu sobat perhatikan, seperti pertimbangan dalam memilih warna, lokasi ruangan yang akan di cat, seperti apa kualitas dari cat yang akan digunakan, hingga penyesuaian cat dengan warna furniture di dalam rumah. Untuk itu Vira ingin mengajak sobat agar benar-benar jeli ketika akan memilih cat tembok.

https://voireproject.com/contact

Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa sobat pilih seperti merk dari cat Nippon Paint, Dulux Catylax, Jotun dan masih banyak lagi. Pasti dengan banyaknya pilihan dari berbagai merk cat tembok, sobat akan merasa sedikit kebingunan dalam memilih merk cat tembok terbaik. Vira sudah merangkum lho rekomendasi cat tembok yang awet dan terbaik untuk dinding sobat VOIRE. Sstt, namun sebelum itu ada beberapa tips yang pelru sobat simak terkait apa saja hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok terbaik. Yuk merapat!

Cara Memilih Cat Tembok

 

1. Sesuaikan warna cat dengan kesan rumah yang akan ditonjolkan

Salah satu hal utama yang perlu sobat pikirkan dengan sangat matang ketika hendak mengecat tembok adalah menentukan warna. Pemilihan warna cat rumah ini ada baiknya di pilih dengan sangat matang dan tidak asal-asalan sebab warna cat tembok daoat memepengaruhi mood sobat sebagai penghuni rumah. Di sisi lain, pemilik rumah juga dapat menyesuaikan karakternya berdasarkan warna dari cat tembok yang dipilih.

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

Apabila sobat merupakan seseorang yang memiliki kepribadian pendiam, serius dan mendambakan ketenangan maka warna yang cocok untuk digunakan dalam cat tembok berupa warna-warna lembut. Warna-warna lembut yang cocok seperti monochrome, hijau mint, hiau botol, biru laut, biru muda, nude dan putih tulang. Rumah dengan didominasi warna ini juga akan terkesan luas dan modern. Dalam fakta psikologis juga warna-warna ini dapat memberikan suasana yang sejuk, menenangkan, serta bisa menghilangkan stress dan juga dapat menyeimbangkan emosi.

Untuk sobat yang memiliki kepribadian hangat, bersemangat, simpel dan juga bersahabat. Warna-warna natural seperti merah, coklat, kuning, oranye dan terakota merupakan warna-warna yang cocok untuk kepribadian tersebut. Warna-warna menyenangkan natural ini dapat merefleksikan kepribadian sobat lho. Selain itu warna natural juga akan terkesan hangat, nyaman, harmonis dan juga akrab.

Lain halnya apabila sobat merupakan seseorang yang menyukai sesuatu yang baru dan menyukai tantangan. Cobalah untuk memilih cat tembok dengan warna-warna alam seperti kuning muda, kuning lemon, hijau limau, biru laut dan juga pink charcoal. Warna-warna ini pada dasarnya terinspirasi dari alam. Sehingga akan sangat cocok untuk sobat yang memiliki kepribadian senang berinteraksi dengan alam serta gemar mencobat hal yang baru.

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

2. Untuk finishing terbaik, pilih cat berdasarkan karakteristiknya.

Setelah sekilas mengetahui warna yang sesuai dengan kepribadian, ada hal lain yang pelru sobat pertimbangkan dalam memilih cat dinding. Sebaiknya sobat juga memahami tentang jenis-jenis cat berdasarkan karakteristik akhir dari cat tembok tersebut. Perlu sobat ketahui, beberapa cat memiliki hal akhir yang berbeda-beda. Ada cat yang menghasilkan efek glossy, doff, eggshell dan juga satin.

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

Untuk cat yang memiliki hasil akhir glossy, pada dasarnya cat ini terbagi menjadi dua jenis, yakni high gloss dan semi gloss. Perbedaan dari kedua jenis ini yaitu saat terkena cahaya, tembok yang menggunakan cat high gloss akan terlihat lebih mengkilat atau berkilau. Biasanya cat ini digunakan untuk di area luar rumah. Selanjutnya, jenis semi gloss leboh cocok unutk dipasankan di tembok dapur atau pun kamar mandi. Keunggulan yang dimiliki cat glossy ini adalah sifatnya yang sangat mudah dibersihkan ketika terkena noda yang menempel.

Ada juga cat yang memberikan efek doff atau mate. Cat jenis ini merupakan cat yang berlawanan sifat dengan glossy. Cat matte atau doff tidak memantulkan cahaya dan tidak berkilau. Sifatnya yang lembut ini dapat terlihat menyatu pada dinding, serta menawarkan kesan yang kalem dan sederhana. Salah satu keunggunalan dari cat dengan efek doff atau matte ini ialah mampu menutupi kecatatan warna atau tekstur dari permukaan tembok.

Lain halnya dengan cat yang memberikan efek eggshell. Eggshell alias kulit telur merupakan jenis cat dengan hasil akhir yang bertekstur, tetapi halus. Cat jenis ini sangat mudah dibersihkan dan tidak terlalu memantulkan sinar matahari. Sobat bisa mengaplikasikan cat ini di dinding ruang keluarga, ruang kerja ataupun ruang tamu lho.

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

 

Apabila sobat ingin menghadirkan kesan mewah pada hunian sobat maka gunakanlah cat satin. Sobat tentu akan mendapatkan hasil yang elegan dengan tampilan yang tidak terlalu mengilat atau menempel seperti doff. Saat di sentuh juga akan terasa lembut di tangan. Cat yang mudah dibersihkan ini bisa diaplikasikan untuk dinding kamar ataupun ruang tamu. Bangunan tempat usaha seperti restoran, galeri maupun butik juga cocok lho untuk menggunakan cat satin ini.

 

Rekomendasi Merk Cat Tembok

Setelah sobat menyimak secara singkat mengenai cara memilih tembok berdarkan karakteristik warna dan juga teksturnya. Vira akan memberikan rekomendasi merk cat tembok terbaik dan juga harga cat tembok. Yuk baca dan temukan cat tembok yang sesuai dengan kebutuhan sobat.

1. Decolith

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

 source: decolith.co.id

Decolith merupakan cat tembok yang ramah lingkungan serta bebas timbal dan juga merkuri. Daya tutup dan daya sebarannya pun optimal sehingga cat tidak mudah habis saat diaplikasikan. Cat ini sangat cocok untuk sobat yang sedang berhemat.

Keunggulan lain dari cat tembok merk Decolith ini juga memiliki warna yang cemerlang dan tidak mudah mengapur. Pada umumnya cat yang memiliki usia cukup lama kadang akan pudar dan mengapur. Hal ini bisa terjadi saat sobat bersandar ke dinding, catnya akan menempel di baju dan kulit. Hal tersebut tidak berlaku jika sobat menggunakan cat Decolith ini. Bahkan cat tembok merk ini sampai mendapatkan penghargaan Satria Brand Award lho karena keunggulannya ini.

Dengan hasil akhir yang matte dan berbahan dasar water-based dan full acrylic cat yang cocok digunakan untuk tembok interior ini memiliki harga sekitar Rp. 108.000,00 untuk ukuran 5 Kg.

 

2. Nippon Paint Vinilex

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

 source: monotaro.id

Cat tembok yang diproduksi oleh Nippon Paint selalu terbukti keajaiban kualitasnya. Salah satunya cat tembok Nippon Paint Vinilex ini yang memiliki keunggulan seperti anti-jamur, anti pudar, tahan lama dan juga kuat untuk disikat sampai 1200 kali. Saat diaplikasiakn cat ini juga memiliki sifat yang cepat kering di tembok dan tidak mudah terciprat.

Kualitas tinggi seperti cat ini memiliki hasil akhir yang beragam sesuai pilihan maka dari itu bisa di terapkan dalam interior maupun eksterior. Memiliki bahan dasar co-polymer vinyl acrylic dengan harga Rp. 115.000,00 untuk ukuran 5 Kg.

 

3. Catylax Interior 

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

 source: dulux.co.id

Untuk sobat yang mencari cat dengan hasil akhir yang cerah dan memiliki ketersediaan warna yang beragam. Dulux Catylac adalah produk yang bisa sobat coba. Pasalnya cat dengan teknologi Chroma-Brite ini mampu menghadirkan warna-warni yang memukau pada dinding rumah. Cat ini juga memiliki segi keamanan yang tidak perlu diragukan lagi karena terbebas dari bahan timbal dan juga merkuri.

Dengan harga pasaran sekitar Rp. 118.000,00 untuk 5 kg, cat yang berbahan dasar water-based ini memiliki hasil akhir yang matte dan cocok untuk penggunaan interior.

 

4. Avian Brands No Drop Tinting 

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

 source: Avian Brands

Melapisi dinding dari retak rambut tentu sobat bisa mengandalkan merk cat ini. Cat ini bahkan mampu melapisi tembok dan mencegah air merembes masuk. [ilihan warna yang cerah dan beraneka ragam bisa menjadi dekorasi yang bagus untuk tembok di rumah sobat. Keunggulan lain yang ditawarkan No Drop Tinting juga ialah kemampuannya yang bisa mencegah tumbuhnya jamur.

Memiliki hasil akhir yang semi gloss dan berbahan dasar resin yang mengandung acrylic membuat cat ini cocok untuk digunakan pada interior dan eksterior rumah. Harganya kisanan Rp. 180.000,00 unutk 4 Kg cat.

 

5. Jotun Jataplast 

Rekomendasi Memilih Merk Cat Tembok yang Awet Terbaik

 source: jotun.com

Untuk sobat yang ingin mengaplikasikan car yang bebas bahan kimia berbahaya secara 100% mungkin Jotun Jotaplast adalah jawabannya. Cat emulsi interior yang bersertifikat resmi Singapore Green Label ini menggunakan material ramah lingkungan dan juga sangat mudah untuk diaplikasikan pada dinding rumah.

Cat ini bagkan mampu menutup dinding rumah secara sempurna. Hasil akhirnya yang halus dan cakupannya yang luas juga membuat pemakaian dari cat ini menjadi lebih efisien. Selain itu, Jotun Jotaplast juga membuat aktivitas mengecat menjadi terasa lebih menyenangkan.

Memilik harga pasaran sekitar Rp. 120.000,00 untuk 5 kg cat ini sangat cocok unutk penggunaan interior. Di samping itu, cat ini juga memiliki hasil akhir satin karena berbahan dasar emulsion acrylic.

Setelah Vira menjelaskan cara memilih cat tembok yang awet terbaik serta memberikan rekomenasi merk cat untuk tembok yang #benarbenaridaman. Apakah sobat VOIRE sudah menemukan cat tembok yang sesuai dengan keinginan?

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?