Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

Sobat, kalian udah tau belum kalau setiap ruangan di dalam sebuah bangunan ada pembagian zonanya ...
Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih? Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih? Sobat, kalian udah tau belum kalau setiap ruangan di dalam sebuah bangunan ada pembagian zonanya loh biasanya disebut zoning (pembagian ruangan). Seperti zona publik, semi publik, privat, dan servis. Kali ini Vira mau bahas selengkapnya tentang zoning atau pembagian ruangan di dalam rumah. Tapi sebelum itu kita bahas dulu yuk apa itu ruang.
Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 05 April 2021
Share
2021-04-05

 

Sobat, kalian udah tau belum kalau setiap ruangan di dalam sebuah bangunan ada pembagian zonanya loh biasanya disebut zoning (pembagian ruangan). Seperti zona publik, semi publik, privat, dan servis.

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

 source: google.com

Kali ini Vira mau bahas selengkapnya tentang zoning atau pembagian ruangan di dalam rumah. Tapi sebelum itu kita bahas dulu yuk apa itu ruang

Tata ruang secara sederhana diartikan sebagai penataan dan pemanfaatan ruang. Ruang dalam hai ini dapat berbeda-beda luas , status, dan karateristiknya. Ada ruang yang berukuran puluhan bahkan ratusan kilometer persegi.

Namun, ada juga sobat ruangan yang sempit, hanya ratusan atau ribuan persegi sampai satu atau dua pulih lima meter. Misalnya nih, penataan ruang rumah, komplek perumahaan, hotel, kampus dan sebagainya.

Sebaliknya, penataan ruang yang luas meliputi rencana umum tata ruang suatu wilayah atau pemerintah daerah.

Menurut D.A. Tisnaadmidjaja, yang dimaksud dengan ruang adalah “wujud fisik wilayah dalam dimensi geografis dan geometris yang merupakan wadah bagi manusia dalam melaksanakan kegiatan kehidupannya dalam suatu kualitas kehidupan yang layak”

Tata ruang adalah wujud stuktur ruang dan pola ruang. Penataan ruang adalah suatu sistem proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan tata ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang.

Organisasi tata ruang atau bisa disebut juga organisasi ruang adalah pembagian tata ruang pada bentukan yang sudah ada. Setiap jenis organisasi ruang didahului oleh yang membicarakan karakter bentuk, hubungan-hubungan ruang, dan tanggapan lingkungan berdasarkan kategori tersebut.

Dalam konteks sebuah rumah rumah, tata ruang itu berarti pembagian jenis-jenis ruangan beserta fungsinya sesuai dengan karakteristik ruang tersebut.

Kebutuhan Ruang

Kebutuhan ruang merupakan cara-cara dasar agar dapat mengatur dan mengorganisir ruang-ruang sebuah bangunan dalam hal ini adalah rumah.

Nah dalam sebuah rumah, biasanya terdapat kebutuhan-kebutuhan akan beregam jenis ruang, diantaranya:

  1. Memiliki fungsi khusus atau membutuhkan bentuk-bentuk yang khusus. Misalnya ruangan kerja/kantor yang membutuhkan bentuk khusus agar suasana dalam ruang tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya.
  2. Fleksibel dalam pengunaan dan dapat bebas dimanipulasi. Contohnya ruang keluarga yang dapat dimanipulasi dan divariasikan sesuai keinginan sobat
  3. Tunggal dan unik fungsi atau kepentingannya terhadap organisasi bangunannya.
  4. Memiliki fungsi-fungsi serupa dan dapat dikelompokan menjadi suatu kumpulan fungsional atau diulang dalam sebuah sekuen liner.
  5. Membutuhkan paparan eksterior terhadap cahaya, ventilasi, pemandangan, atau akses ke ruangan luar
  6. Harus terpisah untuk menjaga privasi
  7. Harus mudah diakses.

Nah, udah jelas kan soba tapa itu ruang? Sekarang Vira mau bahas soal pembagian ruang atau biasa disebut zoning di dalam rumah. Ada beberapa tipe ruang yuk kita bahas.

 

Zona public

Zona public merupakan bagian-bagian ruangan dalam rumah yang biasanya digunakan untuk semua orang, termasuk tamu. Misalnya ruang tamu, teras, taman, dan carpot

Ruang Tamu

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

 source: pinterest.com

Ruang tamu termasuk zona public karena fungsi dari ruang tamu itu sendiri adalah untuk menerima tamu dalam artian orang diluar anggota keluarga , oleh karena itu ruang tamu masuk dalam golongan zona public

Teras

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

source: pinterest.com

Teras rumah adalah bagian yang paling depan dalam senuah rumah. Teras rumah bisa dialih fungsikan seperti layaknya ruang tamu yang tidak terlalu formal atau bisa juga dijadikan tempat santai keluarga ya sobat.

Zona semi public

Zona semi public adalah bagian ruangan dalam rumah yang penggunaannya harus seizing dari pemilik rumah khususnya bagi tamu. Misalnya ruang keluarga, ruang belajar/ruang kerja, dan ruang makan.

Ruang Kerja atau Belajar

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

source: pinterest.com

Jika ada ruanga berlebihan maka ruang yang khusus didedikasikan untuk menunjang kegiatan kerja atau belajar bisa dibuat. Oleh karena itu ruang belajar/ruang kerja dapat dikategorikan sebagai ruan semi public karena adanya kemungkinan untuk belajar bersama dan sebagainya.

Tapi ingat ya sobat jika ruang kerja atau ruang belajar seperti ini harus disesuaikan dengan pribadi masing-masing. Karena ada beberapa orang yang ingin ruang kerja atau belajarnya tidak ingin dimasuki oleh orang lain kecuali dirinya sendiri.  Nah, kalau sudah begini berarti termasuk zona privat ya sobat.

Ruang makan

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

source: pinterest.com

Ruang makan termasuk dari zona semi public karena adanya kemungkinan penghuni rumah untuk mengundang atau mengajak tamunya makan bersama di ruang makan, oleh karena ini ruang makan termasuk zona semi public.

Zona privat

Zona privat merupakan bagian ruangan dalam rumah yang digunakan secara khusus oleh anggota keluarga untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Penggunaannya tentu harus seizing dari pemilik/penghuni ruang tersebut. Contoh zona privat yaitu kamar tidur, kamar mandi dan mushola.

Kamar Tidur

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

source: pinterest.com

Kamar tidur adalah ruangan yang berfungsi untuk tidur para penghuninya dengan peralatan dan perlengkapan tidur seperti tempat tidur, bental, guling, televise, rak tv, lemari pakaian dan lain sebagainya.

Kamar Mandi

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

source: pinterest.com

Kamar mandi merupakan ruangan wajid yang harus dimilki oleh sebuah rumah yang baik untuk melepaskan segala ketegangan yang terjadi akibat adanya tekanan yang ada di dalam tubuh manusia.

Mushola

source: pinterest.com

Agar lebih khusyuk dalam beribadah, jika ada ruang yang tidak dipakai sebaiknya dibuatkan ruangan khusus untuk ibadah keluarga. Untuk penghuni laki-laki diusahakan sholat wajib lima waktu di masjid secara berjamaah di awal waktu.

Sedangkan di rumah digunakan untuk yang perempuan dan untuk ibadah non sholat wajib bagi yang laki-laki. Untuk keluarga yang beragama lain bisa disesuaikan menurut ajaran agamanya.

Zona Servis

Zona servis biasa digunakan untuk tempat penyimpanan barang seperti gudang atau tempat masak memasak seperti dapur.

Dapur

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

source: pinterest.com

Dapur merupakan tempat untuk tempat penyimpanan barang seperti gudang atau tempat masak memasak seperti dapur. Dikarnakan dapur itu dapat digunakan oleh semua orang.

Misalnya keluarga dalam rumah tersebut menggunakan jasa asisten rumah tangga, atau mungkin anggota keluarga dirumah tersebut senang untuk memasak bersama teman-temannya.

Biasanya dapur yang tergolong zona servis adalah dapur kotor, berbeda dengan dapur bersih, dapur bersih hanya dipakai sesekali oleh pemilik rumah itupun bukan aktivitas yang berat ya sobat. Tapi kembali lagi pada kebutuhan masing-masing.

Gudang

Ruang Privat, Publik, dan Servis itu Apa Sih?

source: pinterest.com

Gudang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan berbagai benda-benda yang sudah tidak digunakan lagi seperti perabot rumah tangga, pakaian, buku-buku, koran/majalah bekas, perkakas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Siapkan rak-rak terbuka dan tertutup untuk meletakkan barang-barang agar tersusun rapi. Usahakan membuat gudang yang rapi  agar tidak dijadikan sarang oleh hewan/binatang maupun oleh penyakit yang berbahaya bagi manusia.

Zoning ini diperlukan untuk menyusun denah, biasanya zona public disimpan dibagian yang paling depan atau yang paling sering di lewati oleh orang lain selain penghuni rumah.

Nah, sekarang sobat udah tau kan apa itu pembagian zoning dalam sebuah rumah?

Tapi perlu di ingat ya sobat pembagian zoning dalam sebuah rumah itu tidak mutlak, Dikarenakan kebutuhan dan kebiasaan setiap individu itu berbeda-beda maka harus  disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan penghuni di dalam rumah terserbut.

 

 

Baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?