Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

Sobat pernah mendengar istilah rumah split level? Atau bahkan sudah pernah melihat rancangan ruma...
Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit Sobat pernah mendengar istilah rumah split level? Atau bahkan sudah pernah melihat rancangan rumah dengan konsep split level dan tertarik untuk mengaplikasikannya pada rancangan rumah impian sobat? Jika iya, maka ada beberapa hal yang mungkin perlu sobat ketahui dan pahami tentang apa saja rancangan rumah split level itu sebelum memutuskan untuk mewujudan rancangan ini pada rumah impian sobat.
Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 12 April 2021
Share
2021-04-12

 

Sobat pernah mendengar istilah rumah split level? Atau bahkan sudah pernah melihat rancangan rumah dengan konsep split level dan tertarik untuk mengaplikasikannya pada rancangan rumah impian sobat?

Jika iya, maka ada beberapa hal yang mungkin perlu sobat ketahui dan pahami tentang apa saja rancangan rumah split level itu sebelum memutuskan untuk mewujudan rancangan ini pada rumah impian sobat.

Vira mau bahas lengkap penjabaran mengenai berbagai hal dan fakta terkait rancangan rumah split level untuk sobat.

 

Pengertian Rumah Split Level

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

 source: pintrest.com

Rumah dengan konsep split level bisa didefinisikan sebagai gaya rumah dimana setiap lantainya saling tergantung. Secara umum, biasanya ada dua tangga pendek yang menyambungkan dua lantai dengan ketinggian level yang berbeda.

Perbedaan level lantai namun tidak benar-benar berada di tingkat level yang berbeda merupakan ciri khas dari rumah dengan konsep split level.

Sejarah Rumah Split level

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

 source: pintrest.com

Desain rumah split level mulai dikenal dan populer pada pertengahan abad ke-20 di wilayah Amerika Utara. Rumah split level kala itu banyak digunakan oleh masyarakat pinggiran kota berkembangan yang memang memiliki lahan berkontur. Saat perang dunia kedua terjadi, gaya rumah dengan konsep split level ini makin populer dan digemari hingga kemudian menyebar hingga saat ini.

Karakteristik Desain Split Level

Dalam dunia arsitektur, rumah dengan konsep split level memiliki ciri khas yang membuatnya mudah dikenali, di antaranya adalah:

  1. Fasad asimetris
  2. Jendela berukuran besar untuk memperlancar sirkulasi udara dan cahaya
  3. Ada loteng tempat penyimpanan
  4. Ketinggian atap lebih rendah
  5. Ruang tamu biasanya berukuran lebih besar dibanding ruang lain; dan
  6. Konstruksi didominasi material alami, semisal kayu atau batu bata.

Keuntungan Memiliki Rumah Split Level

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

 source: pintrest.com

 

Rumah Spilt Level Memberikan Kesan Lebih Terbuka

Sama seperti halnya saat memberikan void pada rumah, kehadiran rumah dengan konsep split level memberikan suasana lebih lapang dan terbuka pada hunian. Hal ini juga membuat rumah split level lebih terasa akrab dan homey karena setiap ruangan yang terhubung dengan tangga tanpa sekat masif.

Selain itu, komunikasi antar penghuni rumah menjadi jauh lebih mudah dan dekat dengan memanfaatkan konsep rumah split level.

Memberikan Ruang-Ruang Lebih untuk Fungsi Tambahan

Pada rancangan rumah split level yang baik, kehadiran rumah dengan konsep split level bisa memberikan efisiensi ruang yang baik. Sobat bahkan bisa mendapatkan ruang-ruang lebih untuk fungsi tambahan dengan memanfaatkan konsep rumah split level.

Selain fungsi tambahan, perbedaan level juga membantumu memberikan pemisahan fungsi dan zona pada setiap ruang yang lebih baik.

Rancangan Rumah Split Level Memberikan Kesan Lebih Dinamis

Tentu saja, dibanding menghadirkan rumah yang datar, rumah split level jauh lebih terkesan dinamis dan hidup. Dengan konsep rumah split level, jangan khawatir suasana dalam rumah akan terasa monoton dan membosankan karena sobat bisa bermain lebih banyak pada interior ruangan saat memiliki variasi level pada hunian sobat.

Sirkulasi Udara dan Cahaya yang Lebih Baik

Karena sifatnya yang terbuka, rumah split level secara tak langsung akan memberikan sirkulasi udara dan juga pencahayaan yang lebih baik pada hunian.

Tidak hanya mengatur sirkulasi urada dan pencahayaan dalam ruangan, penerapan yang tepat membuat rumah dengan konsep split level juga bisa menangka sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang jauh lebih baik daripada rumah tanpa perbedaan level lantai seperti rumah dengan konsep split level

Rumah Split Level Bisa Menjadi Solusi Lahan Berkontur

Populer di area yang memiliki lahan berkontur, untuk sobat yang memiliki lahan yang berkontur tentu akan menjadi pekerjaan lebih jika sobat harus meratakan lahan hanya untuk memberikan konsep rata.

Solusi lain yang lebih efisien untuk menyiasati lahan berkontur seperti ini adalah  rumah dengan konsep split level. Rumah dengan konsep split level membuat pengolahan lahan berkontur akan menjadi lebih efektif.

Kerugian Memiliki Rumah Split Level

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

 source: pintrest.com

Sistem Konstruksi Rumah Split Level yang Lebih Rumit

Dengan perbedaan level yang bervariasi juga konektor berupa tangga sudah bisa dipastikan bahwa konstruksi dari rumah split level akan jauh lebih rumit alias tak sesederhana rumah konvensional biasa.

Konstruksi yang rumit ini juga berarti bahwa membangun rumah dengan konsep split level mungkin akan memakan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan membangun rumah konvensional biasa.

Tidak Ramah untuk Semua Kalangan

Rumah split level bisa dikatakan “tidak ramah” atau kurang aman untuk balita dan

lansia. Karena banyaknya penggunaan anak tangga dan juga perbedaan level. Jelas bahwa rumah dengan konsep split level sangat tak dianjurkan untuk dihuni oleh keluarga yang memilki anggota keluarga lansia ataupun balita.

Inspirasi Desain Rumah Split Level

Desain Rumah Split Level 1,5 Lantai

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

 source: pintrest.com

Rumah dengan luas lahan 6x10 tentu dapat dikategorikan sebagai ukuran rumah mungil ya sobat. Namun, sobat bisa merancang rumah dengan konsep split level yang minimalis dengan desain yang cantik.

Seperti gambar di atas yang Vira tampilkan, dapat dilihat bahwa ruangan yang sempit dapat dimanfaatkan untuk membuat tangga minimalis yang cantik.

Dengan penataan yang rapih dan dekorasi yang tepat rumah mungil pun akan terlihat cantik. Dan jika sobat ingin ada kesan hangat dan natural di dalam rumah, sobat dapat menggunakan tangga dan lantai yang terbuat dari kayu.

Rumah Split Level Sederhana

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

 source: pintrest.com

Desain rumah dengan konsep split level minimalis sederhana yang sudah digunakan banyak orang. Ruangan tambahan yang terletak di antara lantai 1 dan 2 bisa sobat gunakan sebagai area nongkrong atau bersantai.

 Agar terkesan luas, hindarilah membuat sekat disemua tingkat. Kemudian, pilihlah warna lantai yang cerah untuk memberikan kesan luas.

Desain Rumah Split Level Modern

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

 source: pintrest.com

Dekorasi yang sederhana dan tata letak yang rapi adalah ciri khas desain rumah modern.

Tanpa banyak dekorasi, sobat bisa menambahkan aksen garis-garis simetris pada kusen dan railing tangga.

Selain itu, gunakanlah kombinasi warna yang sederhana, misalnya putih dan hitam untuk memberi kesan cerah.

Interior rumah sobat dapat bertambah cantik dengan menambahkan jendela besar agar ruangan mendapat sorotan sinat matahari yang cukup.

 

Desain Rumah Split Level Minimalis 6x12

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

 source: pintrest.com

Area sempit bukan halangan sobat untuk menciptakan hunian dengan banyak ruang. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan desain rumah 1,5 lantai ini. Dalam lahan seukuran 6x12, tentu kamu sangat terbatas dalam membuat ruang.

Namun, jika menambah ruang diantara lantai dasar dan langit-langit, sobat bisa membuat rumah seolah-olah besar. Ruang tambahan tersebut dapat sobat gunakan untuk beragam fungsi misalnya, misalnya sebagai ruang kerja, ruang makan atau ruang bersantai.

 

Rumah Split level Minimalis ala Jepang

Rumah Split Level, Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Sempit

 source: pintrest.com

Desain ini cocok untuk kamu yang menyukai desain hunian mungil ala jepang. Gaya khas rumah ala Jepang terlihat dari elemen kayu pada penyangga plafon, pintu dan lantai.

Agar ruangan tidak terkesan sesak karena atap yang rendah , sobat bisa memasang jendela berukuran besar. Agar ruangan tidak terkesan sesak karena atap yang rendah, sobat bisa memasang jendela berukuran besar. Dengan begitu, sirkulasi udara dan sinar matahari pun berjalan lancar.

Ruang tambahan berukuran kecil di sela lantai dasar dengan langit-langit itu bisa dimanfaatkan sebagai ruang bermain anak, atau tempat menyimpan berbagai barang.

 

Baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?