Selain Kuat, 7 Material Lantai Carport Ini Juga Bisa Mempercantik Hunian Sobat

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Selain Kuat, 7 Material Lantai Carport Ini Juga Bisa Mempercantik Hunian Sobat

Apa sobat memiliki rencana untuk membangun carport? Kalau ya, maka sobat harus tahu bahwa tidak s...
Selain Kuat, 7 Material Lantai Carport Ini Juga Bisa Mempercantik Hunian Sobat Selain Kuat, 7 Material Lantai Carport Ini Juga Bisa Mempercantik Hunian Sobat Apa sobat memiliki rencana untuk membangun carport? Kalau ya, maka sobat harus tahu bahwa tidak semua material cocok untuk dijadikan lantai carport. Material lantai adalah hal yang harus sobat perhatikan saat hendak membangun sebuah carport. Pada dasarnya carport adalah halaman depan rumah yang difungsikan untuk memarkirkan kendaraan sobat namun sedikit beda dengan garasi. Biasanya carport tidak memiliki tembok dan cenderung memiliki konsep terbuka, serta umumnya ditutup atap datar yang disangga oleh empat tiang.
Selain Kuat, 7 Material Lantai Carport Ini Juga Bisa Mempercantik Hunian Sobat
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 03 November 2021
Share
2021-11-03

Apa sobat memiliki rencana untuk membangun carport? Kalau ya, maka sobat harus tahu bahwa tidak semua material cocok untuk dijadikan lantai carport. Material lantai adalah hal yang harus sobat perhatikan saat hendak membangun sebuah carport. Pada dasarnya carport adalah halaman depan rumah yang difungsikan untuk memarkirkan kendaraan sobat namun sedikit beda dengan garasi. Biasanya carport tidak memiliki tembok dan cenderung memiliki konsep terbuka, serta umumnya ditutup atap datar yang disangga oleh empat tiang.

 google.com

Maka dari itu, jangan menggunakan material lantai dengan permukaan yang terlalu licin. Jika lantai carport terlalu licin, nantinya bisa membuat kendaraan slip saat diparkirkan dan berpotensi merusak kendaraan atau area hunian sobat. Carilah material lantai yang memiliki daya tahan kuat untuk menahan beban kendaraan, mudah untuk dirawat, dan juga tidak mudah kotor.

Apa saja material yang cocok untuk dijadikan lantai carport? Ini dia rekomendasi material lantai untuk carport dari Vira!

 

Rekomendasi Material Lantai Carport

1. Semen Plesteran

 homeimprovementpages.com.au

Jika sobat menginginkan material yang kuat dengan biaya yang ramah di kantong, maka semen plesteran bisa menjadi pilihan. Cara membuat lantai carport dari semen plesteran terbilang cukup mudah. Lantai semen yang merupakan permukaan lantai hanya perlu diplester dan diberikan aksen garis dengan alat khusus yang disebut trowel. Sobat juga bisa mengkombinasikannya dengan rumput atau parit-parit kecil agar terlihat asri.

 

2. Keramik

 google.com

Material yang satu ini masih menjadi primadona untuk lantai carport. Dengan pilihan warna, motif dan tekstur yang bervariatif, membuat keramik dapat disesuaikan dengan konsep atau tema hunian dan membuat hunian sobat semakin menawan. Tertarik? Jika sobat tertarik, maka sobat harus memperhatikan tekstur serta kekuatannya terlebih dulu. Pilih dan gunakan keramik dengan tekstur kasar dan kuat, supaya kendaraan tidak slip saat diparkirkan dan juga tahan lama.

 

3. Semen Cetak

 kalimanrawlins.com

Selain semen plesteran, semen cetak juga bisa menjadi material untuk lantai carport. Biasanya lantai carport dari semen cetak memiliki ketebalan 3-5 centimeter, sehingga membuatnya kokoh dan juga tahan lama. Lantai carport yang terbuat dari semen cetak umumnya memiliki nat atau celah antar bagian cetakan semen. Celah tersebut bisa sobat isi dengan rumput sama seperti semen plesteran.

 

4. Batu Alam

 google.com

Tidak ada salahnya untuk menggunakan batu alam sebagai material lantai carport jika sobat memiliki budget lebih. Bebatuan seperti sandstone, graphite, atau batu andesit adalah pilihan yang sangat baik untuk lantai carport. Jangan lupa untuk melapisi permukaannya dengan cairan coating, hal ini bertujuan agar batu tidak mudah terserang jamur dan lumut. Untuk kekuatannya tidak perlu diragukan lagi, karena material batu alam cenderung lebih awet dan kuat untuk menahan beban kendaraan.

 

5. Beton Poles

 google.com

Material berikut juga merupakan salah satu pilihan terbaik untuk lantai carport. Beton poles umumnya keras dan juga tahan banting, sehingga kuat untuk menahan beban kendaraan. Kelebihan lain dari lantai beton poles adalah tidak mudah kotor dan mudah untuk dibersihkan, maka dari itu lah material ini sangat cocok dijadikan sebagai lantai carport.

 

6. Grass atau Paving Block

 pinterest.com

Kalau sobat mengusung konsep rumah dengan gaya tropis, maka grass block adalah pilihan yang tepat. Pada dasarnya, grass atau paving block adalah material lantai yang berasal dari beton cetak dengan bentuk block kecil. Material ini dikenal kuat serta bisa menimbulkan kesan natural yang segar pada hunian sobat. Selain itu, penggunaan grass atau paving block juga bisa memberikan ruang untuk area resapan air.

 

7. Koral Sikat

 google.com

Umumnya sama seperti semen cetak, yang membedakannya adalah permukaannya. Permukaan semen ditaburi batu koral sikat, kemudian dalam kondisi setengah kering permukaan semen disikat menggunakan sikat kawat agar tekstur dari batu koral sikat lebih muncul. Namun, material ini membutuhkan perawatan secara berkala untuk mencegah timbulnya jamur, terlutama pada musim hujan.

 

Perbedaan Carport Dengan Garasi

Untuk banyak orang, carport dan garasi adalah dua hal yang sama. Padahal nyatanya, kedua istilah ini memiliki perbedaan yang mencolok loh sobat. Betul keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk memarkirkan kendaraan, tapi keduanya sangat berbeda baik dari berbagai aspek. Apa saja? Yuk kita bahas!

 

Bentuk

 sheds.com.au

Carport merupakan area dengan bentuk semi terbuka. Pasalnya, area ini hanya berupa emperan yang dilindungi dengan kanopi atau atap untuk melindungi kendaraan dari rintik hujan ataupun sinar matahari. Sayangnya, carport tidak bisa melindungi kendaraan sobat dari debu karena tidak adanya dinding di sekitar carport. Sedangkan untuk garasi, karena merupakan bagian dari rumah jadi memiliki bentuk yang tertutup lengkap dengan dinding dan atap. Selain itu garasi memiliki pintu sebagai akses keluar masuk, sedangkan carport tidak.

 

Material Pembangunan

 knic.co.id

Untuk membangun sebuah carport sobat hanya memerlukan atap kanopi dengan material polikarbonat, kaca, atau sejenisnya. Lalu sokong atap tersebut dengan tiang dari kayu atau besi. Sedangkan untuk membangun garasi, material yang diperlukan kurang lebih sama seperti untuk membangun sebuah rumah.

 

Biaya Yang Diperlukan

 buffer.com

Dari segi biaya, tentu biaya pembangunan carport jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya pembangunan sebuah garasi. Material yang dibutuhkan untuk membangun carport juga sedikit dan juga jauh lebih mudah untuk dibangun. Kurang labih membutuhkan sebesar Rp 5 Juta atau bahkan tidak lebih untuk membangun sebuah carport. Sedangkan untuk garasi, karena materialnya sama seperti material untuk membangun rumah tentunya juga memakan biaya yang lebih banyak. Karena hal ini lah, rumah-rumah dengan tipe sederhana lebih memilih carport daripada garasi.

 

Keamanan

 unsplash.com

Carport dan garasi sama-sama memiliki fungsi sebagai tempat untuk memarkirkan kendaraan. Tapi kalau dilihat dari sisi keamanan, tentu garasi sangat direkomendasikan. Pasalnya, garasi merupakan ruangan tertutup dengan pintu sebagai akses keluar masuk, sehingga dapat sobat kunci baik dari luar ataupun dari dalam. Sudah pasti kendaraan sobat dan apa pun di dalamnya sangat aman dan terjaga. Sedangkan carport memiliki bentuk semi terbuka dan tanpa dinding, membuat privasi dan keamanan dari kendaraan sobat kurang terlindungi. Sehingga rawan dari jangkauan penjahat dan semacamnya. Untuk itu, sobat harus mengeluarkan budget tambahan untuk memasang pagar pada carport agar kendaraan sobat terlindungi.

Itu dia 7 material lantai carport rekomendasi Vira! Semoga bisa membantu sekaligus menjadi referensi sobat dalam mencari material lantai carport untuk hunian sobat. Jangan lupa untuk memilih material yang kuat, tahan lama, dan juga anti slip pada kendaraan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?