Serba-Serbi Hotel Kapsul, Hotel Berukuran Kecil Yang Nyaman Dan Ramah Di Kantong

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Serba-Serbi Hotel Kapsul, Hotel Berukuran Kecil Yang Nyaman Dan Ramah Di Kantong

Di penghujung tahun begini, pasti sobat sudah memiliki rencana untuk berlibur. Sebelum berlibur p...
Serba-Serbi Hotel Kapsul, Hotel Berukuran Kecil Yang Nyaman Dan Ramah Di Kantong Serba-Serbi Hotel Kapsul, Hotel Berukuran Kecil Yang Nyaman Dan Ramah Di Kantong Di penghujung tahun begini, pasti sobat sudah memiliki rencana untuk berlibur. Sebelum berlibur pasti sobat sudah memikirkan berapa banyak biaya yang akan sobat perlukan, salah satunya adalah biaya untuk penginapan atau hotel. Hotel merupakan pertimbangan penting saat berlibur karena tentunya sobat memerlukan tempat untuk beristirahat. Memang sih sekarang sudah banyak hotel yang murah dan nyaman, tapi ada loh hotel yang lebih murah dan nyaman tentunya. Ya betul, hotel kapsul.
Serba-Serbi Hotel Kapsul, Hotel Berukuran Kecil Yang Nyaman Dan Ramah Di Kantong
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 06 Desember 2021
Share
2021-12-06

Di penghujung tahun begini, pasti sobat sudah memiliki rencana untuk berlibur. Sebelum berlibur pasti sobat sudah memikirkan berapa banyak biaya yang akan sobat perlukan, salah satunya adalah biaya untuk penginapan atau hotel. Hotel merupakan pertimbangan penting saat berlibur karena tentunya sobat memerlukan tempat untuk beristirahat. Memang sih sekarang sudah banyak hotel yang murah dan nyaman, tapi ada loh hotel yang lebih murah dan nyaman tentunya. Ya betul, hotel kapsul.

 traveloka.com

Buat sobat yang hobi backpacker-an pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat tersebut. Selain karena harganya yang murah meriah, hotel kapsul pun kini sudah mudah ditemukan di kota-kota besar. Melihat dari namanya memang betul hotel ini memiliki bentuk seperti kapsul, tapi bukan seperti kapsul obat loh sobat. Jenis hotel ini diberi nama kapsul karena berbentuk kotak yang memiliki ukuran serupa dengan tubuh manusia. Di dalam hotel kapsul hanya terdapat barang-barang penting seperti ranjang, bantal, selimut, dan beberapa perabot kecil.

Penasaran dengan awal mula hotel kapsul dan berasal darimana inovasi ini berasal? Yuk langsung saja simak pembahasan Vira berikut!

 

Berada Di Ruangan Besar Dan Panjang

 archdaily.com

Hotel kapsul umumnya berada di satu ruangan besar. Satu ruangan besar tersebut mampu memuat puluhan kapsul. Kapsul disusun berjejer secara memanjang mengikuti bentuk ruangan sampai membentuk jalan berlorong yang sempit. Tapi seiring berjalannya waktu, satu ruangan sudah tidak bisa lagi memuat banyak kapsul. Bahkan ada beberapa hotel yang mengekspansi luas kapsul dengan bermacam-macam interior yang estetik. Ada juga hotel kapsul yang memisahkan ruangan untuk pria dan wanita.

 

Memiliki Bentuk Seperti Peti

 agoda.com

Umumnya hotel kapsul memiliki bentuk menyerupai peti. Tapi kini hotel kapsul sudah memiliki berbagai macam bentuk dengan ukuran yang lebih luas untuk memberikan pengalaman serta kenyamanan bagi pengunjung. Setiap kapsul diberi sekat untuk memisahkan antara kapsul satu dan kapsul lannya, baik itu di bagian atas, bawah, kiri dan kanan. Jika sobat membutuhkan privasi atau ingin tidur, sobat cukup menutup tirai atau penutup yang disediakan.

Untuk material kapsulnya sendiri menggunakan kayu, fiberglass, dan plasik sobat. Jika kapsul sobat berada di atas, tenang, sobat bisa naik menggunakan tangga kecil yang sudah disediakan. Beberapa fasilitas pada hotel kapsul pun sama seperti pada hotel pada umumnya, yaitu air conditioner, kasur, bantal, selimut, meja kecil, handuk, dan air minum. Namun untuk kamar mandi, umumnya terdapat di luar dan digunakan bersama-sama dengan pengunjung yang lain.

 

Berukuran Kecil

 traveloka.com

Bicara soal ukuran, tentu hotel kapsul memiliki ukuran yang jauh lebih sempit dari hotel pada umumnya. Hotel kapsul berbentuk kotak memanjang yang memiliki ukuran sempit. Ada yang memiliki bentuk berupa bunk bed atau ranjang tumpuk, ada juga yang memiliki bentuk berupa tumpukan kotak. Umumnya, satu kapsul memiliki luas 2 x 1 x 1.5 meter yang bisa diisi 1-2 orang.

 

Inovasi Dari Jepang

 tokyotimes.com

Pada awalnya, hotel kapsul hadir sebagai solusi untuk para pekerja di Jepang. Seperti yang sobat tahu pekerja di Jepang sering kali lembur, sehingga tak jarang mereka tertinggal kereta. Hotel kapsul hadir agar pekerja-pekerja tersebut bisa beristirahat tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Bahkan hotel kapsul tersebut bisa disewa secara harian, mingguan, atau bulanan.

Fungsi hotel kapsul pun mulai melebar pada sektor pariwisata. Hotel kapsul dirasa mampu menjai solusi yang tepat untuk turis backpacker atau turis yang memiliki budget terbatas. Ketenaran hotel kapsul ini kemudian mulai terdengar oleh negara-negara lain, hingga akhirnya hotel kapsul mulai bermunculan di tiap-tiap negara, salah satunya adalah Indonesia. Jadi sobat tidak perlu jauh-jauh ke Jepang deh untuk merasakan sensasi menginap di hotel kapsul!

 

Kelebihan Dan Kekurangan Hotel Kapsul

 

Semakin menjamurnya hotel kapsul di Indonesia tentunya membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya, apalagi di musim liburan seperti sekarang ini. Jika sobat tertarik untuk mencoba, ada baiknya sobat mengetahui kelebihan dan kekurangannya dulu nih. Yuk simak penjelasan Vira!

 

Kelebihan Hotel Kapsul

 

Harga Lebih Terjangkau

 istockphoto.com

Dengan ukuran kamar yang jauh lebih kecil daripada hotel pada umumnya, tentunya ada pemangkasan budget yang membuat tarif hotel kapsul menjadi lebih murah. Jika sobat hobi backpacker-an dan tidak terlalu memerdulikan fasilitas seperti kolam renang atau kamar mandi dalam, maka hotel kapsul sangat cocok untuk sobat.

 

Mendapat Apa Yang Sobat Butuhkan

 tribunnews.com

Ketika sobat sedang dalam perjalanan singkat atau business trip, sobat hanya memerlukan kasur dan atap untuk sekadar beristirahat. Untuk perjalanan yang singkat, sobat tidak memiliki waktu untuk menikmati pemandangan dari balkon, berenang, atau bahkan untuk menonton tv. Maka dari itu, hotel kapsul merupakan pilihan yang tepat untuk sobat yang mencari hotel yang memenuhi kebutuhan esensial sobat.

 

Dapat Berinteraksi Dengan Tamu Lain

 medium.com

Sobat adalah orang yang senang bersosialisasi? Nah, hotel kapsul sangat Vira rekomendasikan buat sobat. Karena umumnya, hotel kapsul menyediakan community space/area umum yang dipenuhi oleh pengunjung lain dengan berbagai kegiatan. Mulai dari sekadar mengisi perut hingga bermain game online.

 

Kekurangan Hotel Kapsul

 

Kamar Mandi Bersama

 istockphoto.com

Karena ukurannya yang sangat kecil, jadi hotel kapsul tidak memiliki kamar mandi dalam. Kamar mandi terdapat di luar kamar dan digunakan bersama dengan pengunjung hotel yang lain. Jadi, mau tidak mau sobat harus siap-siap mengantri untuk mandi di jam-jam sibuk deh. Males banget kan?

 

Bukan Untuk Perokok Berat

 istockphoto.com

Umumnya, hotel konvensional mempersilakan sobat untuk merokok di dalam ruangan. Bahkan beberapa hotel konvensional memiliki smoking room tersendiri. Namun sayangnya tidak untuk hotel kapsul. Jika sobat adalah perokok berat, maka sobat harus berpikir dua kali untuk menginap di hotel kapsul.

 

Diterapkannya Jam Malam

 depositphotos.com

Jika di hotel konvensional sobat bisa melakukan apa saja pada jam yang tidak ditentukan, sayangnya sobat tidak bisa melakukannya di hotel kapsul. Karena hotel kapsul memiliki jam malam yang akan membatasi aktivitas sobat di malam hari. Saat jam malam diberlakukan, sobat tidak boleh berisik karena bisa mengganggu pengunjung hotel lain.

 

Tidak Cocok Untuk Pengidap Klaustrofobia

 

Seperti yang sudah Vira sebutkan sebelumnya, hotel kapsul memiliki ruangan dengan ukuran kecil dan sempit. Bahkan langit-langitnya pun hanya beberapa centimeter dari dahi ketika sobat tidur. Untuk sobat pengidap klaustrofobia atau fobia terhadap ruangan sempit, tidak disarankan untuk menginap di hotel kapsul karena dapat memicu serangan panik. Jika serangan panik muncul, tentu akan membuat seluruh rencana berlibur sobat menjadi gagal total.

Itu dia sejarah mengenai hotel kapsul serta kelebihan dan kekurangannya. Gimana? Apa sobat masih tertarik untuk menginap di hotel kapsul? Tentu setiap tempat memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga pembahasan Vira kali ini bisa menambah pengetahuan serta menjadi referensi untuk sobat. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?