Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah idaman untuk menjadi tempat tinggal dan dibangun oleh d...
Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi! Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi! Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah idaman untuk menjadi tempat tinggal dan dibangun oleh diri sendiri. Vira ngerti banget kok kalau salah satu kendala dari membangun rumah adalah masalah dana atau keuangan.
Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 04 Desember 2020
Share
2020-12-04

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah idaman untuk menjadi tempat tinggal dan dibangun oleh diri sendiri. Vira ngerti banget kok kalau salah satu kendala dari membangun rumah adalah masalah dana atau keuangan.

Banyak dari sobat VOIRE yang masih beranggapan kalau membangun rumah itu akan menghabiskan dana yang banyak. Padahal kalau dihitung dengan budget yang ketat dan juga terbatas, bangun rumah bisa dimulai dengan dana 30 jutaan aja lho!

Meskipun sobat berkesempatan untuk mencicil rumah dengan mengajukan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Sobat tetap Bisa kok bangun rumah dimulai dari 30 jutaan aja, asalkan dilakukan dengan perencanaan yang matang dan aplikasi yang nantinya sesuai dengan perencanaan.

Bagi sobat yang tidak percaya, Gimana kalau kita simak bareng-bareng gimana cara bangun rumah dengan biaya dimulai dari Rp 30 jutaan aja!

Tips membangun rumah dengan biaya dimulai dari 30 jutaan

1. Memilih Tipe Bangunan yang Sesuai

Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

 source: freepik

Untuk dapat membangun rumah yang dimulai dengan harga Rp. 30 jutaan, sobat perlu memilih tipe rumah yang bisa menyesuaikan dengan budget sobat.

Tipe rumah yang bisa sobat VOIRE pilih adalah tipe 21, tipe rumah ini sangat cocok untuk sobat yang baru menikah atau sedang merintis karir. Biasanya tipe rumah 21 dibangun dengan luas tangga 6 x 7 meter.

Fasilitas yang pada umumnya sobat VOIRE dapatkan dari rumah dengan tipe 21 ini adalah 1 buah kamar tidur, 1 buah kamar mandi, area dapur yang bersatu dengan living room serta teras minimalis.

Karena rumah tipe 21 merupakan jenis rumah kecil, maka desain minimalis cocok banget diterapkan pada rumah ini.

2. Menerapkan Desain Minimalis

Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

 source: pinterest

Seperti yang sudah Vira jelaskan di atas, desain interior untuk tipe bangunan 21 sebisa mungkin berdesain minimalis. Karena tentunya desain yang rumit akan memakan biaya yang lebih mahal dan bisa melebihi budget yang sudah direncanakan.

Apabila menerapkan desain interior yang minimalis, fasad rumah tersebut tentu tidak memiliki banyak ornament yang bisa menimbulkan berbagai biaya tambahan.

Tentu saja desain rumah minimalis merupakan pilihan yang tepat untuk mewujudkan hunian dimulai dari harga Rp. 30 juta. Bahkan sobat bisa meniru fasad rumah yang compact karena gayanya yang bisa dinilai cukup simple.

Ohhiya saran dari Vira sih jangan pernah ragu untuk menanyakan kepada beberapa jasa konsultan terpercaya dan berkonsultasi mengenai desain rumah yang diinginkan serta budget yang dimiliki.

2. Konsep rumah tanpa sekat

Pernahkah sobat mendengar konsep rumah open floor atau ruang tanpa sekat? Nah, aplikasikan pada hunian bertipe 21 ini karena sudah dipastikan dapat menekan biaya pengeluaran.

Konsep bangunan rumah ini bisa dengan mudah dibongkar jika sewaktu-waktu ingin merenovasi. Tidak hanya itu, hal lain yang lebih penting adalah ruang yang minim sekat.

Selain itu, rumah dengan tipe 21 yang kecil ini juga memiliki keterbatasan ruangan sehingga tidak membutuhkan banyak pembatas. Sobat bisa menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga serta area dapur yang terbuka tanpa perlu sekat pembatas.

Hal positif sekaligus negative dari rumah tanpa sekat ini adalah sobat harus terus menjaga kebersihan di dalamnya karena rumah dengan konsep terbuka akan memperlihatkan setiap sudut ruangan dengan jelas.

Tidak mau kan jika rumah sobat terlihat berantakan?

5. Memilih Material yang ekonomis

Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

 source: pinterest

Jika sobat sudah bertekad untuk membangun rumah dengan budget yang sangat minim dan juga terbatas, jangan ragu untuk menggunakan material ekonomis sepanjang sobat selektif dalam memilihnya.

Hal ini karena material atau bahan bangunan berperan penting dalam RAB. Pilihlah material ekonomis, akan tetapi tetap berkualitas.

Tips untuk sobat VOIRE agar mendapatkan material yang murah dan berkualitas bisa dengan mencari sendiri dan memperkirakan berapa dana yang harus dikeluarkan. Lakukan riset dan preferensi untuk menemukan merek yang ekonomis, berkualitas dan sesuai dengan budget.

6. Memilih Jasa Kontraktor yang Pengertian

Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

 source: VOIRE Project

Tips selanjutnya agar berhasil membangun rumah mulai dari Rp. 30 jutaan adalah dengan memilih jasa kontraktor. Karena sebenanrnya di zaman yang serba canggih ini tidak sulit untuk menemukan jasa konsultasn yang harganya bersahabat.

Hanya saja, memilih jasa kontraktor yang seperti demikian harus dilakukan dengan cermat dan juga hati-hati. Dari pada menggunakan jasa tukang yang belum tentu terukur dari biaya administrasi harga dan berpotensi terjadi pembengkakan biaya. Lebih baik memilih jasa kontraktor yang sudah pasti.

7. Terlibat aktif dalam setiap proses pembangunan

Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

 source: VOIRE Project

Cara membangun rumah dengan budget yang minim adalah, sobat VOIRE harus ikut terlibat dan mengerti pada setiap proses pembangunan. Bagaimanapun sobat sebagai pemilik rumah harus tahu gimana cara menekan biaya dengan senantiasa meninjaunya setiap saat.

Jangan sampai, ada kebutuhan biaya yang dikeluarkan padahal sebenarnya tidak perlu. Alhasil, pengeluaran bisa menjadi lebih boros dan juga lebih bengkak.

Simulasi singkat biaya bangun Rumah mulai dari 30 jutaan

Bagaimana cara menghitung kebutuhan biaya bangun rumah mulai dari Rp 30 jutaan?

Nah ada baiknya sobat menyusun RAB terlebih dahulu sebab RAB berfungsi untuk menguraikan jumlah semua biaya seperti upah kerja, material dan biaya pendukung lainnya.

Ini dia perhitungan singkatnya.

1. Biaya untuk membayar tenaga kerja

Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

 source: freepik

Ada tiga sistem yang selama ini berlaku dalam membangun rumah, yaitu sistem harian, borongan jasa dan borongan penuh. Hitung-hitungan bayarannya berbeda-beda, namun pada umumnua sistem harian dibayar sekitar Rp. 100-150 ribu per hari.

Sementara biaya borongan jasa bisa sekitar Rp 600-800 ribu per meter persegi. Lain halnya dengan biaya borongan penuh yang lebih tinggi, biayanya bisa sekitar Rp. 3-5 juta per meter persegi.

Perlu diketahui untuk borongan jasa, yang dibayarkan hanya jasanya, sedangkan bahan material disediakan sendiri.

Untuk segi waktu pengerjaan, sistem borongan akan lebih cepat ketimbang sistem harian. Namun, kalau sudah selesai dan ingin mengubahnya, sistem harian lebih memungkinkan ketimbang sistem borongan melihat desain rumah yang sobat inginkan.

2. Biaya material untuk membangun rumah

Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

 source: freepik

Selanjutnya Vira akan membahas perkiraan biaya untuk membangun bangunan. yang dimaksudkan biaya bangunan adalah perkiraan biaya untuk pembelian material, seperti pasir, batu bata, semen, genteng, keramik dan sebagainya.

Untuk hal yang satu ini, sobat perlu mengkomunikasikan dengan mandor apa saja material yang menjadi kebutuhan bila menggunakan sistem harian.

Apabila sobat memilih sistem borongan penuh, biaya yang perlu dikeluarkan dengan harga borongan penuh biasa mencapai Rp. 2 juta – Rp 3 juta per meter persegi.

Sehingga bisa diperkirakan jika sobat mempunyai rumah tipe 21, maka 21 x Rp. 2.000.000 = Rp. 42.000.000

3. Biaya lain-lain

Simulasi Biaya Bangun Rumah Mulai dari Rp30 Juta-An. Punya Rumah Gak Mimpi Lagi!

 source: freepik

Bila dalam masa pembangunan, ada perubahan yang ingin dilakukan, seperti membangun taman, menambahkan unsur ornament dan sejenisnya, perlu dihitung berapa perkiraan biayanya. Biaya ini perlu dipersiapkan dalam anggaran sebesar 10% total keseluruhan anggaran.

Dengan perhitungan simulasi di atas ini, maka sudah bisa sobat pastikan kalau estimasi biaya bangun rumah tipe 21 yang terdiri dari 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi ini harganya mencapai:

Biaya Tenaga : Rp. 5.000.000

Biaya borongan penuh: Rp. 42.000.000

Maka biaya total anggaran mencapai 47.000.000,-

Namun perlu diingatkan jikalau harga tersebut belum termasuk ke dalam harga biaya tanah. Selain itu, tergantung dari pemilihan merek material yang digunakan. Lagi pula, harga material bangunan juga bisa berbeda pada tiap daerahnya.

Belum lagi biaya pemasangan listrik, cat dan juga finishing. Di sisi lain, yang perlu diperhatikan juga adalah membangun huniannya secara bertahap.

Gimana nih sob? Semakin semangat bekerja kan untuk dapat mewujudkan hunian yang #benarbenaridaman sobat?

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memudahkan sobat dalam menemukan informasi yang memang ingin diketahui. Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk menyebarkan artikel ini kepada kerabat yang sedang membutuhkan informasi ini.

Ikuti terus artikel menarik lainnya dari laman artikel VOIRE Project. Temukan inspirasi desain rumah idaman sobat hanya di sini.

Baca juga artikel lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?