Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

Sobat harus paham dan mengetahui cara mengurus IMB sebelum membuat bangunan baru. Untuk memudahka...
Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar Sobat harus paham dan mengetahui cara mengurus IMB sebelum membuat bangunan baru. Untuk memudahkan sobat, Vira akan menjelaskan dengan detail apa itu IMB dan bagaimana cara mengurusnya tanpa ribet.
Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 01 September 2020
Share
2020-09-01

Apakah saat ini sobat VOIRE sedang berencana untuk membuat sebuah hunian? Nah, ada hal yang gak boleh sobat lewatkan nih!

Sobat harus paham dan mengetahui cara mengurus IMB sebelum membuat bangunan baru. Untuk memudahkan sobat, Vira akan menjelaskan dengan detail apa itu IMB dan bagaimana cara mengurusnya tanpa ribet.

Izin mendirikan Bangunan atau yang biasa disingkat menjadi IMB adalah sertifikat persetujuan dan perizinan yang dikeluarkan oleh kepala daerah setempat yang wajib dimiliki oleh seluruh rakyat di Indonesia.

IMB diperlukan ketika akan membangun, merenovasi , merobohkan, menambah atau mengurangi luas bangunan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

Maka dari itu IMB menjadi salah satu produk hukum yang perizinannya diberikan oleh Kepala Daerah untuk pemilik bangunan.

Namun sayangnya, banyak masyarakat yang malas untuk membuat IMB. Padahal cara mengurus IMB bisa dilakukan tanpa ribet karena memang pengurusannya yang sangat mudah bahkan tanpa harus menggunakan jasa calo.

Sebelum sobat VOIRE mengetahui bagaimana tata cara mengurus IMB tanpa ribet, ada baiknya sobat mengetahui prosuk hukum ini terlebih dahulu. IMB atau Izin Mendirikan Bangunan yang diatur pada Pasal 5 ayat 1 Perda 7 Tahun 2009.

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

 source: freepik

Karena begitu pentingnya, IMB juga dibutuhkan saat sobat akan melakukan transaksi jual beli rumah dan menunjukkan bahwa perencanaan konstruksi bahan bangunan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan kepentingan yang berlaku.

Apabila pemilik rumah tidak bisa melampirkan bukti kepemilikan atau tidak mempunyai surat IMB, maka nantinya akan dikenakan denda hingga 10% dari nilai bangunan. Lebih parahnya lagi, rumah tersebut bisa dibongkar oleh petugas berwenang.

Pada dasarnya, tujuan IMB adalah untuk menciptakan tata letak bangunan yang teratur, nyaman dan sesuai dengan peruntukkan tanah.

Dengan adanya cara mengurus IMB, diharapkan tercipta keserasian dan keseimbangan antara lingkungan dan juga bangunan, apalagi jika di kota besar seperti ibu kota Jakarta yang sangat padat dengan bangunan.

Coba deh sobat bayangkan bagaimana jadinya tata letak kota Jakarta apabila pendirian bangunannya tidak diatur, tentunya akan terlihat semakin semerawut dan parahnya lagi bisa merugikan banyak pihak.

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

 source: freepik

Disamping itu, pengurusan bangunan yang dimaksudkan oleh IMB diantaranya adalah rumah tinggal, rumah susun, gedung perkantoran hingga rumah untuk ibadah seperti masjid atau mushola.

Oh iya, apabila sobat VOIRE berniat melakukan pembelian properti atau melalui fasilitas KPR, keberadaan surat IMB ini menjadi gerbang kelancaran menuju proses pengajuan kredit ke pihak bank.

Meskipun begitu nyatanya masih banyak lho orang yang enggan mengurus IMB ketika akan membangun atau merenovasi rumah karena beberapa orang merasa proses mengurus IMB itu ribet dan juga buang waktu. Wah, semoga sobat bukan salah satunya ya!

Karena selama ini, banyak yang mengira prosedur pengurusan IMB rumah bangunan baru berbelit-belit dan juga rumit. Padahal ternyata sebenarnya tidak sesulit itu. Disini Vira akan kasih tau apa aja sih yang perlu sobat persiapkan tanpa ribet. Yuk kita simak bersama!

Tata cara Mengurus IMB

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

 source: freepik

Sebelum sobat menjalankan prosedur tata cara mengurus IMB, sobat VOIRE wajib melengkapi beberapa persyaratan dalam pembuatan IMB. Persayaratan tersebut di antaranya adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SPPT
  • Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Tahun Berjalan
  • Fotokopi surat kepemilikan tanah
  • Gambar konstruksi bangunan (denah, tampak muka, samping, belakang, rencana utilitas, mekanikal elektrikal)
  • Formulir dilegalisir kelurahan dan kecamatan tempat bangunan akan didirikan.
  • Data hasil penyelidikan tanah bagi yang disyaratkan prosedur pengurusan IMB sebelumnya dilakukan oleh Dinas Tata Ruang dan Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B).

Alur Mengurus IMB

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

 source: freepik

Sementara itu, apabila sobat memiliki luas tanah di bawah 500 meter persegi dengan rumah yang sederhana, sobat bisa melakukan cara mengurus IMB dengan mendatangi kantor kecamatan melalui loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Disana sobat perlu mengisi pengajuan pengukuran tanah, kemudian petugas akan mendatangi rumah sobat satu minggu kemudian untuk mengukur dan membuat gambar denah rumah.

Apabila gambar denah sudah selesai, sobat akan mendapatkan berkas berupa blueprint untuk IMB. Proses pengajuan IMB pun akan dilaksanakan dengan jangka waktu hingga 15 hari kerja.

Sebenarnya terdapat perbedaan biaya cara mengurus IMB tergantung kebijakan di setiap kota, kabupaten dan juga daerah.

Apabila di Ibu Kota, pembuatan IMB terbilang mahal karena Jakarta sudah sangat penuh dengan bangunan dan sulit untuk mendapatkan tanah yang masih kosong.

Biaya Mengurus IMB

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

 source: freepik

Perhitungan biaya IMB memperhatikan beberapa poin penting, yaitu:

  1. Berapa Luas Bangunan
  2. Bagaimana Indeks Kontruski
  3. Bagaimana Keadaan Indeks Fungsi
  4. Dimana Indeks Lokasi
  5. Tarif dasar

Untuk penjelasan lebih lanjut, pada poin indeks fungsi, maksutnya adalah bagaimana nanti bangunan tersebut digunakan. Apakah untuk hunian, usaha atau sebagai tempat keagamaan. Setiap fungsi pasti punya point indeksnya tersendiri.

Untuk menghitung biaya IMB rumah Bangunan Baru, ada rumus yang digunakan. Rumusnya yaitu tarif dasar masing-masing daerah x indeks fungsi x indeks lokasi x indeks konstruksi x luas bangunan.

Sebagai gambaran, tarif dasar pembuatan IMB saat ini sekitar Rp. 2.500 per meter persegi dan dihitung berdasarkan luas rumah tersebut.

Prosedur Pengurusan IMB Bangunan Baru

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

 source: freepik

Setelah sobat memenuhi dan menyelesaikan syarat administrasi untuk pengurusan IMB bangunan baru, sobat bisa langsung mengajukan permohonan IMB kepada pemerintah yang bersangkutan.

Lalu, setelah mengisi formulir permohonan IMB, sobat harus membayar besar biaya pengukuran. Menurut pengalaman beberapa orang, besarnya biaya pengukuran berbeda di daerah satu dengan daerah yang lain.

Untuk bayangan atau gambaran sobat, berdasarkan data pada tahun 2014, biaya untuk bangunan 60 meter persegi adalah sekitar Rp. 1,5 juta.  

Untuk informasi tambahan, sobat bisa melakukan negosiasi biaya pengukuran kepada petugas. Surat Izin Pengukuran biasanya selesai dalam waktu satu minggu.

Usai proses pengukuran, sobat bisa meminta persetujuan atas gambar konstruksi bangunan. Apabila gambar konstruksi bangunan disetujui, gambar tersebut dapat dijadikan blueprint untuk acuan pembangunan.

Setelah seluruh pembayaran selesai dilakukan, sobat akan mendapatkan Izin Pembangunan (IP). Yang artinya sobat sudah resmi diperbolehkan mulai membangun rumah sambal menunggu terbitnya IMB rumah bangunan baru milik sobat.

Contoh IMB yang Berlaku

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

 source: google

Beberapa dari sobat yang baru pertama kali mengurus IMB ini pasti akan bertanya-tanya seperti apa sih bentuk surat IMB itu?

Pasalnya, terdapat banyak surat izin yang bentuknya hampir serupa dan tentunya akan sangat membingungkan sobat VOIRE.

Namun sobat tidak perlu khawatir akan tertukar karena Vira akan memberikan penjelasan yang akan sangat mudah untuk sobat baca dan perhatikan.

IMB ada yang terdiri dari beberapa lembar dan juga yang terdiri dari satu lembar. Namun, secara garis besar, informasi yang tertera adalah pernyataan yang menandakan turunnya izinnya mendirikan bangunan dari pemerintah setempat kepada pemohon IMB.

Di dalam IMB tersebut akan dicatat informasi lengkap pemohon, luas bangunan beserta batas-batasnya, dan juga status tanah yang dijadikan objek pada IMB.

Kemudian, pihak pemerintah sebagai pemberi izin akan menyertakan informasi terkait mengenai bangunan yang akan dibangun seperti spesifikasi lengkap dan beserta alamatnya.

Nah berikut Vira lampirkan contoh IMB yang berlaku pada gambar dibawah ini.

Syarat dan Tata Cara Mengurus IMB Online

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

 source: dpmptsp.bandung.go.id

Bagi sobat yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendatangi kecamatan, tata cara mengurus IMB kini sudah bisa dilakukan secara online melalui sistem yang terintegrasi antara kantor Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) dan kecamatan.

Sayangnya, setiap kota memiliki situs berbeda, misalnya pada daerah Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Sobat yang tidak bertempat tinggal di tiga kota yang sebelumnya Vira sebutkan bisa memanfaatkan situs pencarian Google dengan kata kunci IMB Online lalu diikuti nama kota tempat sobat tinggal.

Jika kota tempat sobat tinggal sudah dilayani oleh kepengurusan IMB online, silahkan lakukan registrasi dan upload file beserta scan dokumen terkait seperti fotokopi identitas, fotokopi SPPT, bukti pembayaran PBB tahun berjalan, fotokopi Surat Kepemilikan Tanah dan Surat Pernyataan Kepemilikan Tanah.

Syarat, Prosedur dan Cara Mengurus IMB Dengan Benar

 source: pinterest

Bagaimana nih sobat? cukup mudah bukan melakukan cara mengurus IMB tanpa menggunakan jasa calo? Untuk sobat VOIRE yang memiliki rencana membangun rumah yang #benarbenaridaman, jangan lupa urus IMB sehingga aman dan tidka terkena sanksi.

Itu dia infromasi yang bisa Vira sampaikan, semoga bermanfaat ya! Baca juga artikel lainnya di laman artikel VOIRE Project. Selamat beraktivitas!

Baca juga artikel lainnya

Komentar

Mau cari artikel apa sob?