Takut Salah Membeli Sofa? Gaush Khwatir Ini Tips Cara Pemilihan Sofa Dan Juga Kegunaanya Dalam Sehari-hari

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Takut Salah Membeli Sofa? Gaush Khwatir Ini Tips Cara Pemilihan Sofa Dan Juga Kegunaanya Dalam Sehari-hari

Memilih dan memutuskan untuk membeli sebuah furniture interior rumah, misalnya sofa minimalis unt...
Takut Salah Membeli Sofa? Gaush Khwatir Ini Tips Cara Pemilihan Sofa Dan Juga Kegunaanya Dalam Sehari-hari Takut Salah Membeli Sofa? Gaush Khwatir Ini Tips Cara Pemilihan Sofa Dan Juga Kegunaanya Dalam Sehari-hari Memilih dan memutuskan untuk membeli sebuah furniture interior rumah, misalnya sofa minimalis untuk ruangan tamu dan ruang keluarga. Merupakan proses yang susah-susah gampang. Dan boasanya umur perabotan ini juga berumur panjang, Sobat tidak perlu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Apalagi jiga furniture tersebut akan ditempatkan di dalam ruangan, dimana kita harus memikirkan dan mecocokan dengan tema ruangan tersebut, mulai dari ukuran, model, dan warna. Berikut 5 tips untuk Sobat memilih sofa untuk rumah impian.
Takut Salah Membeli Sofa? Gaush Khwatir Ini Tips Cara Pemilihan Sofa Dan Juga Kegunaanya Dalam Sehari-hari
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 24 Januari 2023
Share
2023-01-24

1. Pikirkan Untuk Ruangan Outdor atau Indoor

pinterest.com

Karena beda tempat, beda pula furniture yang cocok digunakan ditempat tersebut. Apakah sofa ini akan digunakan di ruang tamu, yang penggunanya bisa asyik-asyikan bersenda gurau sembari duduk di atas sofa tersebut dan menikmati hiburan tv bersama dengan anggota keluarga yang lain. Atau sofa ini ingin digunakan diruangan outdor, semisal teras atau saung kecil di pekarangan rumah Sobat? Secara garis besar, sofa outdoor dipilih untuk ketahanan dan kawetannya, sedangkan sofa indoor dipilih untuk kenyamanannya.

pinterest.com

2. Ukuran Sofa

pinterest.com

Pastikan Sobat sudah menghitung dan mempunyai sketsa ruangan yang akan digunakan untuk menempatkan sofat ini. Sehingga Sobat akan dapat memperkirakan sebesar apa sofa yang hendak Sobat beli dan gunakan diruangan tersebut. Jangan lupa untuk menyisakan ruang untuk tempat berjalan atau tempat meletakkan perabotan yang lainnya.

3. Bentuk yang Pas

Setali tiga uang dengan tips yang sebelumnya, bentuk sofa ada yang standar ada juga yang bentuk L, yang ditempatkan disudut ruangan. Bentuk L ini untuk rumah atau apartement lebih cocok digunakan karena memberikan kesan luas dan mudah untuk di lewati oleh penghuninya. Apabila ruangan Sobat kecil, hindari penggunaan sofa yang berbentuk bulat atau lingkaran, karena akan memakan banyak space.

pinterest.com

4. Corak dan Warna

pinterest.com

Biasanya, sebuah ruangan memiliki tema-nya sendiri. Idealnya sofa yang akan ditempatkan diruangan tertentu juga memiliki nuansa yang sama agar terlihat infah secara estetic. Hindari penggunaan warna yang kontras antara sofa dan wallpaper. Warna yang netral bisa Sobat gunakan karna akan membuat ruangan berkesan menjadi elegan dan rapih.

5. Bahan Meterial yang Tepat.

pinterest.com

Pemilihan material yang tepat antara vynil, kulit, atau bahan yang lebih lembut tergantung apa yang ada di dalam rumah tersebut. Apabila Sobat mempunyai anak yang masih kecil atau hewan perliharaan seperti kucing atau anjing, ada baiknya memilih vynil atau kulit sebagai bahan pelapis sofa Sobat. Jika isi rumah orang dewasa semua, pemeilihan bahan yang jauh lebih lembut dan nyaman dapat digunakan, tanpa takut tertumpah noda makanan.

Nahh itu dia 5 tips sederhana yang dapat Sobat gunakan ketika Sobat ingin mencari dan membeli sebuah sofa untuk rumah impian Sobat. Semoga ulasan ini dapat menjadi inspirasi untuk Sobat yang akan mengisi rumah dengan furniture salah satunya sofa.

 

5 Kegunaan Sofa dalam Kehidupan Sehari-hari

Sofa merupakan salah satu perabot wajib yang ada di setiap hunian. Umunya perabot ini digunakan untuk mengisi ruang tamu ataupun ruang keluarga. Namun pada beberapa desain, perabot ini juga kerap difungsikan untuk melengkapi ruangan lainnya mulai dari ruang beca, ruang santai, bahkan kamar tidur. Hal ini dikarenakan kehadirann sofa sangatlah fungsional sehingga bisa menunjang berbagai fungsi serta aktivitas di ruang-ruang tersebut.

Lalu, apa saja sebernarnya kegunaan dan manfaat dari sofa pada interior ruangan? Berikut beberapa penjabaran dari kegunaan serta manfaat perabot rumah tangga satu ini agar Sobat bisa memaksimalkan fungsinya pada setiap ruangan yang ada di rumahmu.

Beristirahat dan Menunjang Berbagai Aktivitas

Seperti yang telah disebut di awal, sofa sangatlah umum digunakan untuk mengisi ruang keluarga ataupun ruang tamu. Hal ini digunakan untuk menunjang aktivitas di ruang-ruang tersebut dimana penghuni cenderung duduk santai atau bercengkrama sehingga kehadiran perabot ini sangat dibutuhkan untuk menunjang fungsi ruang. Pada ruang tamu, biasanya sofat set yang digunakan berfungsi untuk menyambut serta menjamu tamu yang tengah datang ke rumah. Sedangkan pada ruang keluarga, sofa dua dudukan atau sofa tiga dudukan biasa digunakan untuk sekedar duduk santai sembari menonton TV ataupun untuk bercengkrama hingga mengadakan rapat keluarga. Tak lupa pada kamar anak, sofa anak berguna sebagai tambahan tempat duduk yang sesuai untuk ukuran si kecil.

Selain di kedua ruang yang umun tersebut, keberadaan sofa sebagai perabot utama ataupun pelengkap akan selalu menunjang aktivitas di ruang tersebut. Seperti sebagai tempat5 membaca di ruang baca atau ruang kerja, sehingga menjadi tempat bersantai menyeruput kopi di sore hari jika diletakkan di teras belakang rumah.

Selain utnuk beraktivitas, sofa juga sangat umum digunakan untuk beristirahat ringan. Tak heran beberapa jenis perabot ini di rancang dengan bahan yang sangat nyamandan bentuk yang sangat ergonomis dimana kamu bisa merebahkan tubuh untuk beristirahat. Bahkan, beberapa fitur modern yang bisa menijat bbisa sobat temukan di kino untuk bisa bersantai sekaligus beristirahat.

Menambah Nilai Estetika dari Sebuah Ruangan

Selain untuk menunjang aktivitas, kehadiran perabot sofa kerap digunakan juga untuk mempermanis ruangan. Desain perabot sofa yang menarik bisa menjadi vocal point dari ruangan untuk membuat keseluruhan ruangan menjadi jauh lebih menarik. Salah satu trik desain yang bisa sobat gunakan adalah dengan menggunakan perabot yang memiliki warna kontras dari warna dominan yang ada di ruangan tersebut sehingga saat memasuki ruangan, maka sofa menjadi perhatian utama yang menarik.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?