Tau Kah Kamu, 3 Manfaat Menggunakan Skylight di Rumahmu dan Apa Aja Sih Material Yang Digunakan

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Tau Kah Kamu, 3 Manfaat Menggunakan Skylight di Rumahmu dan Apa Aja Sih Material Yang Digunakan

Skylight merupakan jendela atau kaca berongga yang berada di atap rumah. Keberadaan skylight diru...
Tau Kah Kamu, 3 Manfaat Menggunakan Skylight di Rumahmu dan Apa Aja Sih Material Yang Digunakan Tau Kah Kamu, 3 Manfaat Menggunakan Skylight di Rumahmu dan Apa Aja Sih Material Yang Digunakan Skylight merupakan jendela atau kaca berongga yang berada di atap rumah. Keberadaan skylight dirumah memberikan beberapa keuntungan untuk sobat VOIRE Project , skylight dapat meningkatkan intensitas cahaya di setiap sudut area bangunan. Dengan adanya skylight, sobat VOIRE tidak perlu khawatir akan pemakaian lampu secara berlebihan.
Tau Kah Kamu, 3 Manfaat Menggunakan Skylight di Rumahmu dan Apa Aja Sih Material Yang Digunakan
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 02 Januari 2020
Share
2020-01-03

       Apakah salah satu ruangan rumah sobat VOIRE terasa gelap? Nah, menurut Vira salah satu solusi untuk sobat VOIRE dengan menambahkan skylight di atap rumah lho. Skylight merupakan jendela atau kaca berongga yang berada di atap rumah. Keberadaan skylight dirumah memberikan beberapa keuntungan untuk sobat VOIRE Project , skylight dapat meningkatkan intensitas cahaya di setiap sudut area bangunan. Dengan adanya skylight, sobat VOIRE tidak perlu khawatir akan pemakaian lampu secara berlebihan.

 

Source: Pinterest.com

       Dengan penggunaan kaca ataupun lapisan film yang tepat. Skylight tidak membuat suhu udara dalam ruangan rumah meningkat. Di beberapa Negara maju pemerintahnya bahkan sudah menganjurkan penggunakan skylight. Pemanfaatan berbagai jenis atap skylight maupun atap transparan memang menjadi pilihan tepat dalam mendapatkan pencahayaan alami mengingat atap jenis ini akan membuat ruangan kamu menjadi lebih terang karena adanya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Tentu saja dengan pencahayaan sinar matahari, maka akan menjadi nilai plus tersendiri bagi sebuah ruangan. Terutama ruangan yang cukup sempit pada rumah yang minimalis. berikut beberapa manfaat penggunaan skylight

1. Hemat Listrik

Dengan menggunakan sklylight sobat VOIRE secara langsung akan lebih menghemat listrik dirumah.

Source: Pinterest.com

Menurut Vira, kamu tidak perlu lagi menyalakan lampu pada siang hari, karena mengandalkan matahari yang tembus dari atap kaca (skylight).

2. Memancarkan Cahaya Natural

Skylight berfungsi sebagai jendela perantara antara sinar matahari dan sebuah ruangan dalam rumah.

Source: Pinterest.com

Sinar matahari yang masuk kerumah akan membuat ruangan sobat VOIRE  terasa lebih hangat dan terbuka.

3. Membuat Mood Jadi Lebih Baik

Memanfaatkan atap skylight akan memberikan mood yang sangat positif bagi penghuninya. Hal ini berkaitan erat dengan energi yang dipancarkan dari adanya paparan sinar matahari yang masuk menembus skylight dirumah.

Source: Pinterest.com

Untuk material desain skylight. Kamu bisa mengaplikasikan dengan banyak pilihan seperti kayu, kaca, akrilik dan polikarbonat.

       Untuk material kayu, kamu bisa membuat bentuk skylight menyerupai atap segitiga yang terbentuk dari ekspos struktur kayu. Desain ini akan membuat tampilan skylight lebih elegan, terutama ketika cahaya alami masuk melalui sela-sela kayu.

Source: Pinterest.com

Source: Pinterest.com

Selain kayu pemilihan material skylight yang tepat adalah kaca. Tetapi sobat VOIRE perlu menggunakan kaca pelapis beremisi rendah yang berfungsi menjaga panas.

Source: Pinterest.com

Kamu bisa memilih kaca yang memiliki daya tahan yang sangat tinggi dibandingkan jenis kaca yang lain.

4. Kaca Laminated

       Kaca laminated dapat digunakan sebagai material skylight karena mampu meredam sinar UV. Selain itu, kaca laminated ini juga dapat meredam suara. Hal ini dikarenakan kaca laminated yang transparan, fleksibel dan kuat, dengan satu atau lembaran kaca float lalu disatukan melalui proses pemanasan dan pengepresan. Kemudian jika pecah maka pecahnya tidak akan jatuh ataupun berhamburan sobat VOIRE, melainkan akan tetap melekat pada film dan kaca laminated.

5. Kaca Tempered

       Selain kaca laminated, kaca tempered ini jenis kaca yang terbentuk dengan cara dipanaskan hingga mencapai temperature 7000C, kemudian didinginkan seketika dengan cara menyemprotkan udara secara rata di dua permukaan kaca. Jika dibandingkan dengan kaca yang biasa, ketebalan kaca tempered dapat mencapai 3-5 kali lipat dari kekuatan kaca biasa.

       Kekuatan kaca tempered meliputi ketahanan terhadap beban angin, tekanan air, benturan dan perubahan temperature yang tinggi. Jika kaca ini pecah maka pecahanyya berbentuk kecil dan tidak tajam (tumpul) sehingga menurut Vira sangat aman digunakan.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?