Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

Cicak menjadi satu hewan yang sering muncul di setiap rumah tapi paling di hindari ya sobat, sela...
Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah Cicak menjadi satu hewan yang sering muncul di setiap rumah tapi paling di hindari ya sobat, selain karena keberadaanya yang mengganggu, kotorannya pun sering berserakan dimana-mana dan tidak baik untuk kesehatan. Meskipun hewan yang merayap di dinding ini cenderung tidak berbahaya dan beracun secara langsung akan tetapi tetap seja keberadaan cicak di rumah sangatlah mengganggu ya sobat karena umumnya membuat orang geli atau bahkan takut.
Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 17 Juni 2021
Share
2021-06-17

Cicak menjadi satu hewan yang sering muncul di setiap rumah tapi paling di hindari ya sobat, selain karena keberadaanya yang mengganggu, kotorannya pun sering berserakan dimana-mana dan tidak baik untuk kesehatan.

Meskipun hewan yang merayap di dinding ini cenderung tidak berbahaya dan beracun secara langsung akan tetapi tetap seja keberadaan cicak di rumah sangatlah mengganggu ya sobat karena umumnya membuat orang geli atau bahkan takut.

Bahkan ya sobat cicak juga membawa bakteri Escherichia Coli atau biasa disebut E.coli di dalam kulit dan tubuhnya yang tetunya sangat berbahaya untuk kita ya.

Apalagi cicak sering kali berkeliaran di meja makan dan tanpa kita sadari cicak bisa merayapi dan memakan makanan yang ada di meja makan. Selain itu juga cicak suka memakan remahan makan dan sisa nasi yang ada di centong nasi.

Tapi, perlu diingat juga bahwa cicak juga cukup berperan besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Contoh cicak mampu menekan populasi serangga berbahaya seperti nyamuk.

Karena itu sobat, cara terbaik membasmi cicak adalah mengusirnya, bukan meracuni atau membunuhnya. Tentu dengan cara-cara yang aman. Kali ini Vira akan berbagi tips untuk mengusir cicak dirumah sobat.

Tetapi sebelum kita bahas cara mengusir cicak, kita pelajari dulu yuk fakta seputar cicak.

Sobat udah tau belum? Kalau sebetulnya cicak di dunia itu hak hanya 1 jenis lho tapi ada 4 jenis dan 3 diantaranya yang sering sobat temukan dan berkeliaran di rumah.

Yang pertama ada cicak dinding, cicak kayu, cicak gula dan cicak batu. Ada fakta lainnya juga nih sobat selain jago memanjat, hewan mungli ini merupakan perenang yang handal.

Lalu yang paling terdengar unik adalah masyarakat Tiongkok sering menggunakan cicak kering sebagai obat tradisonal, sobat berani untuk mencoba? Gimana ya rasanya cicak kering? Hihi.

Sekarang yuk kita bahas bagaimana caranya mengusir cicak dirumah.

Buat Semprotan Merica

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Air lada adalah cara aman yang dapat digunakan untuk mengusir cicak di rumah. Campurkan bubuk lada hitam ke air, lalu kocok hingga merata dan masukan ke botol semprot.

Nah, setelah itu semprotkan larutan merica tadi ke area-area yang biasa cicak muncul. Lada dapat mengiritasi kadal karena reaksi alergi yang timbul. Jadi kemungkinan besar cicak akan menjauh dari area tersebut.

Letakkan Bawang Merah dan Putih

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Bawah putih dan bawang merah mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Cobalah untuk meletakkan beberapa suing bawang putih mentah atau beberapa irisan bawang merah di berbagai sudut rumah.

Hal ini dapat mencegah cicak muncul atau kembali ke sana. Bisa pula menambahkannya ke dalam botol semprotan berisi air untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Dengan membasmi nyamuk di rumah, secara langsung dan otomatis sobat juga mengusir cicak karena sumber makanannya telah hilang sehingga cicak tidak akan muncul lagi ke rumah sobat dan mencari tempat lain.

Bersihkan Lemari Secara Teratur

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Cicak tertarik pada tempat yang lembap. Lemari di bawah wastafel adalah area lembap yang paling berisiko munculnya cicak. Jadi, pastikan lemari itu sekering dan sebersih mungkin. Jangan lupa mengangin-anginkan lemari secara teratur agar mencegah cicak membangun rumah dan bertelur.

Gunakan Cangkang Telur

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Cangkang telur kerap berakhir di tempat sampah begitu saja. Padahal, cangkang telur bisa digunakan untuk mengusir cicak. Hewan dari suku Gekkonidae ini tidak tahan dengan bau cangkang telur.

Untuk itu, letakkan cangkang telur di sudut-sudut rumah yang sering muncul cicak. Lap kulit telur hingga kering sebelum digunakan, tapi hindari mencucinya ya sobat karena untuk tetap mempertahankan aromanya yang menusuk hidung.

Buang Sisa Makanan

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Tips ini lebih proaktif karena cicak biasanya masuk ke rumah untuk mencari sisa makanan. Remah-remah makanan yang jatuh di lemari dan meja dapat menarik hama ini muncul serta membiarkannya tetap ada.

Karena itu, segeralah bersihkan sisa-sisa dan tumpahan makanan. Selain itu, buat rutinitas baru seperti membersikan lemari sehingga bisa menangkap makanan yang jatuh dan bilas tempat sampah basah secara teratur.

Gunakan Semprotan Saus

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Sama dengan merica, cicak tidak menyukai aroma saus. Campurkan dua sendok teh saus dengan air ke dalam botol semprot. Hal ini juga dapat mencegah cicak muncul kembali di rumah sobat dengan menyeprotkannya ke dinding atau area yang sering muncul cicak. Selain saus, Sobat juga dapat memakai serpihan cabai bubuk dan bubuk cabai merah.

Turunkan Suhu Ruangan

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Hewan reptile ini lebih menyukai iklim yang hangat dan tidak dapat mengatur suhu tubuhnya. Tak heran, cicak jarang ditemukan di negara dengan iklim lebih dingin lantaran sulit untuk bertahan hidup.

Untuk itu, sobat dapat mengatur suhu ruangan atau rumah menjadi lebih dingin. Sobat dapat menurunkan suhu AC di rumah setidaknya 22 derajat Celcius karena suhu dingin akan membuat kadal tidak nyaman.

Dan dijamin cicak tidak akan berani masuk ke dalam ruangan tersebut.

Gunakan Bubuk Kopi

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Kebanyakan orang sering menggunakan kopi untuk menghilangkan bau apek dalam mibil atau bahkan amis pada bak cuci piring.

Meskipun memiliki aroma yang enak untuk kita tetapi tidak untuk hewan seperti cicak ini loh sobat. Oleh sebab itu, menaburkan bubuk kopi merupakan cara ampuh mengusir cicak.

Pasang Aromaterapi Minyak Serai

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Aroma kuat lainnya yang tidak disenangi para cicak adalah minyak serai. Minyal serai memiliki ciri khas aroma yang menyegarkan dan menimbulkan efek relaksasi untuk manusia. Tidak heran aromaterapi atau essensial oil lemograss alias minyak sereh banyak digunakan pada tempat-tempat spa kecantikan.

Pelapis Dinding Khusus

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Untuk bisa berpergian dan bertahan hidup cicak suka merayap pada tembok atau dinding-dinding rumah.

Memasang pelapis dinding khusus seperti keramik dapat mencegah cicak berkeliaran di dalam rumah. Namun, cara ini tidak terlalu efektif sobat jika cicak merayap di lantai rumah.

Letakkan Kapur Barus

Tips Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

 source:google.com

Tidak hanya mencegah timbulnya baud an jamur. Kapur barus juga efektif digunakan untuk menghalau berbagai serangga di rumah seperti semut, rayap, cicak dan tikus.

Kamu cukup menaburkan kapur barus ke seluruh tempat atau ruangan di dalam rumah. Cara ini terbukti sama efektifnya dengan menggunakan cairan obat nyamuk.

Cara-cara ini patut untuk dicoba sobat, agar rumah kita terbebas dari  gangguan hewan merayap yang satu ini. Karena selain rumah menjadi kotor karena keberadaanya, cicak juga bisa membawa penyakit yang dapat membahayakan kesehatan kita.

Banyaknya cicak  yang berada di rumah juga merupakan suatu pertanda jika rumah kurang terjaga kebersihannya loh sobat, oleh karena itu mulailah untuk lebih meluangkan waktu membersikan rumah ya sobat.

Terutama ditempat-tempat yang jarang dijangkau seperti dibawah westafel dan yang lainnya, karena cicak menyukai tempat-tempat seperti itu.. Tentunya kita ingin selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kan sobat?

https://voireproject.com/

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?