Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik

Apa yang ada dalam benak sobat apabila memiliki kolam renang di rumah? Membayangkannya saja pasti...
Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik Apa yang ada dalam benak sobat apabila memiliki kolam renang di rumah? Membayangkannya saja pasti menyenangkan! Sudah terbayang bisa dengan mudahnya berolahraga dengan berenang setiap pagi
Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 26 Maret 2020
Share
2020-03-26

Apa yang ada dalam benak sobat apabila memiliki kolam renang di rumah? Membayangkannya saja pasti menyenangkan! Sudah terbayang bisa dengan mudahnya berolahraga dengan berenang setiap pagi. Menjadi tempat berkumpul bersama keluarga dengan nuansa yang berbeda setiap akhir pekan. Juga menjadi tempat untuk me time sekedar relaksasi dan bermeditasi.

Masalah lain yang sobat VOIRE pikirkan pasti kendala dalam membangun kolam rennag karena memiliki lahan dan juga biaya yang terbatas. Hal tersebut pastilah menjadi penghambat untuk mewujudkan impian sobat dalam membangun kolam renang di rumah.

Vira punya solusinya nih untuk sobat yang memimpikan kolam renang di rumah. Solusinya yaitu dengan membangun kolam renang yang minimalis. Desain kolam renang minimalis tentunya sangat pas untuk direalisasikan pada rumah yang mungil. Konsep pada kolam renang minimalis ini tentunya mengutamakan bagaimana fungsi dan kebutuhannya saja. Untuk biya pembuatan dan juga perawatannya pun bisa diseusaikan dengan kantong sobat lho!

Apabila sobat tertarik mewujudkan impian sobat untuk memiliki rumah minimalis dengan kolam renang sendiri, pastinya ada beberapa hal yang harus sobat persiapkan dengan sangat matang. Hal-hal yang perlu dipersiapkan berupa ukuran lahan di rumah sobat, bagaimana sistem pengairannya sampai pada bagaimana perawatan kolam renang tersebut kelak. Nah agar sobat lebih mudah unutk memahami bagaimana proses pembuatan kolam renang minimalis untuk rumah mungil sobat, simak tips membangun kolam renang minimalis cantik ala Vira yuk!

 

1. Tetap Pastikan Ukuran Kolam Renang Minimalis pada Lahan yang Terbatas

Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik

 source: pinterest

Kolam renang memiliki standar ukurannya sendiri lho sobat. Hal ini dilakukan untuk mempertimbangkan kenyamaan bergerak sobat. Ukuran minimal pada kolam renang minimalis adalah 6 m x 2 m dan kolam renang ini tentu di buat memanjang. Apabila ukuran lahan di rumah sobat masih cukup ada baiknya untuk mempertimbangkan ukuran kolam renang 8 m x 2 m seperti pada gambar kolam renang ini.

Alternatif lain apabila lahan di rumah sobat tidak cukup, sobat bisa memilih jenis kolam renang minimalis yang memiliki arus. Di dalam kolam renang yang memiliki arus penggunanya akan merasakan seakan-akan bergerak padahal kenyataannya arus airlah yang membuat sobat serasa bergerak.

2. Gunakan sistem pengairan kolam renang minimalis

Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik

 source: pinterest

Pada umumnya sistem pengairan pada kolam renang di rumah menggunakan sistem pengairan overflow dan juga sistem pengairan skimmer. Sistem overflow memerlukan alat siruklasi air bernama balancing tank. Alat-alat ini tentunya memerlukan lahan yang cukup besar karena pada proses sistem pengairannya, air akan dialirkan sampai ke tepi kolam.

Untuk penggunaan sistem pengairan pada kolam renang minimalis Vira menyarankan untuk menggunakan sistem skimmer. Sistem ini tidak memerlukan balancing tank agar bisa berfungsi seperti halnya pada sistem overflow. Dengan memilih sistem skimmer ini air didalam kolam renang minimalis tidak perlu sobat ganti lagi. Mesin penyaring yang terdapat pada sistem pengairan akan membersikan kolam rennag minimalis dengan cara otomatis. 

Selain praktis tentunya sobat juga tidak perlu menghambur-hamburkan air iya kan?

3. Penggunaan Material Bertekstur Kasar di Permukaan atas Kolam

Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik

Selain untuk menghias sisi kolam renang agar terlihat semakin elegan, tentunya terdapat fungsi khusus yang dihasilakan dari penggunaan material bertekstur kasar ini yaitu dapat menghindari dari permukaan licin yang dapat membahayakan sobat seperti kecelakaan saat berada di sisi kolam juga ketika akan naik ke permukaan. Hindari pemakaian pelapis lantai yang licin ya sobat!

Material kasar yang bisa sobat gunakan sebenernya beragam lho tinggal menyesuaikan budget dan keinginan saja. Tidak melulu dengan menggunakan model keramik kolam renang dengan macam-macam ragam tekstur tapi sobat juga bisa menggunakan batu batu halus seperti kerikil atau batu hias  yang di semen di sekitar kolam agar memiliki nuansa yang terlihat alami.

4. Tentukan Kedalaman Kolam Renang Minimalis dan Seusaikan Tinggi Dinding Kolam Dengan Permukaan Lantai.

Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik

source: pinterest

Ukuran kolam renang dipengaruhi oleh siapa kolam renang itu akan di gunakan. Apabila digunakan untuk anak-anak ukuran kolam renang yang teoat adalah 0,5 – 1 meter. Sedangkan apabila yang menggunakan kolam renang tersebut adalah orang dewasa ukuran sebaiknya membuat kedalam dengan ukuran 1,4 – 2 meter. Apabila kolam renang direncanakan untuk di pakai anak-anak dan juga orang dewasa sobat bisa memisahkannya dengan membuat tanjakan dalam kolam renang.

Pada dinding kolam renang rumah sebaiknya sobat menyesuaikan dengan permukaan lantai ya. Meskipun infinity pool atau desain kolam renang yang terlihat tanpa batas yang sedang tren di social media terlihat menarik sebaiknya hindari penggunaan konsep kolam renang tersebut.

Hal ini karena model infinity pool tidak cocok untuk di terapkan pada desain kolam renang minimalis.

Dinding kolam renang rumah sebaiknya lebih rendah dari permukaan lantai atau tanah di sekitarnya untuk aspek fungsi lahan. Hal ini juga akan mengurangi resiko tergelincir ketika hendak keluar dari kolam renang. Pastikan juga memasang tangga kecil yang dapat digunakan untuk memanjat keluar dari kolam.

5. Gunakan Tanaman untuk Penghias

Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik

 source: pinterest

Area kolam renang minimalis cantik memang akan terasa semakin sejuk dan menyegarkan saat diletakkan hiasan tanaman dengan daun yang rimbun di sekitarnya. Masalahnya, tananaman rimbun akan mudah membuat kolam menjadi terlihat kotor karena dedaunan yang jatuh dari tanaman tersebut. Ya, daun-daun yang rontok akan jatuh dan masuk ke dalam kolam renang dan hal ini membuat sobat harus lebih rutin lagi dalam membersihkan kolam.

Solusi lain yang Vira miliki sih coba sobat mengganti tanaman dengan dedaunan yang tidak mudah rontok seperti tanaman palem, tanaman dolar dan juga tanaman kalatela karena tanaman tersebut sangat jarang merontokkan daunnya.

6. Merawat kolam dengan Cek pH dan Kadar Klorin secara Berkala

Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik

 source: pinterest

Meskipun sobat sudah tidak perlu lagi meguras air pada kolam renang minimalis karena sudah memasang mesin yang memiliki filter dan juga sistem pengering pada sistem pengairan kolam renang minimalis di rumah, sebaiknya sobat tetap harus mengecek kadar pH air minimal satu minggu sekali. Kadar pH yang baik pada kolam renang adalah 7. Apabila pH terlalu tinggi ada baiknya sobat menambahkan larutan asam HCl. Sedangkan untuk pH yang terlalu rendah, sobat bisa menambahkan soda ash yang bersifat alkali sehingga bisa menaikkan kadar pH age sesuai.

Sobat juga perlu menambahkan kadar klorin dengan rutin yaitu satu bulan sekali. Hal ini akan sangat berpengaruh pada ketahanan material kolam renang minimalis sobat dan juga kondisi kulit yang menggunakan kolam renang tersebut.

Pada kolam renang minimalis berukuran 2 m x 8 m sobat cukup membutuhkan 2 kg klorin.

Tambahkan juga soda abu yang berfungsi untuk mengikat kotoran-kotoran yang mengambang di permukaan kolam renang minimalis sehingga akan mengendap di dasar kolam renang dan tentunya hal ini memudahkan sobat untuk membersihkan kolam renang minimalis.

Setelah memahami beberapa tips yang Vira berikan tadi, semoga tips ini dapat menjadi solusi bagi sobat untuk semakin dekat dengan impian mewujudkan kolam renang minimalis cantik di rumah mungilmu ya. Pastikan juga sobat sudah memperhitungkan segala aspek dengan matang agar terhindar dari renovasi dan modifikasi yang kurang perlu. Agar impian kolam renang minimalis cantic sobat dapat terwujud dengan maksimal, VOIRE Project siap membantu sobat untuk mewujudkannya.

Tips Membangun Kolam Renang Minimalis Cantik

baca juga artikel lainnya

Komentar

Mau cari artikel apa sob?