Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah

Beberapa penggunaan furniture dalam rumah tak jarang yang terbuat dari kayu. Seperti yang sobat V...
Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah Beberapa penggunaan furniture dalam rumah tak jarang yang terbuat dari kayu. Seperti yang sobat VOIRE ketahui perabotan yang terbuat dari kayu akan lebih rentan rusak dibandingkan dengan furniture yang materialnya terbuat dari besi atau platinum.
Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 14 Februari 2020
Share
2020-03-05

Beberapa penggunaan furniture dalam rumah tak jarang yang terbuat dari kayu. Seperti yang sobat VOIRE ketahui perabotan yang terbuat dari kayu akan lebih rentan rusak dibandingkan dengan furniture yang materialnya terbuat dari besi atau platinum. Furniture yang sering dimanfaatkan yang berasal dari kayu antara lain rak kayu, meja kayu dan juga lemari kayu.

Kayu-kayu yang digunakan merupakan kayu khusus furniture dan bisa dibilang harganya pun tidak murah selain itu rupanya perawatannya pun tidak mudah. Ditambah lagi letak penempatan furniture kayu tersebut mempengaruhi cara merawatnya lho. Misalnya sobat memiliki furniture kursi kayu yang sobat letakkan di taman depan rumah dan memiliki furniture kursi kayu yang diletakan dalam ruang makan. Maka akan berbeda juga cara merawatnya. Merawat furniture kayu yang disimpan diluar rumah memang harus lebih ekstrem ya sobat.

Apakah sobat VOIRE punya furniture kayu dari rumah dan khawatir tidak bisa merawat furniturenya dengan maksimal? Tidak perlu khawatir ya, karena Vira mau berbagi informasi nih bagaimana menjaga furniture yang terbuat dari kayu agar usianya penggunaanya tetap awet. Banyak cara mudah lho rupanya untuk sobat terapkan, sehingga furniture dari kayu dirumahmu terjaga dan tentunya tidak mudah rusak. Tentunya jika sobat memiliki perabotan atau furniture di rumah pasti punya harapan agar barang-barang tersebut berusia panjang kan?   

Yuk kita simak sama-sama tips-tips merawat furniture kayu yang berada didalam maupun diluar rumah agar tetap awet dan memiliki usia yang panjang di bawah ini.

1. Perawatan Furnitur Kayu Dalam Rumah

Meskipun furniture yang di simpan di dalam rumah terkesan lebih aman namun sebenarnya tetap ada perawatan rutin dan khusus agar furniture tetap memiliki performa yang maksimal. Nah ini dia beberapa tips merawat furniture kayu dalam rumah :

 

Rutin Bersihkan Debu

Furniture kayu yang berada didalam rumah biasanya berupa rak, lemari, meja dan kursi. Meskipun didalam rumah namun furniture tetap berpontensi terkena debu-debu. Sobat VOIRE harus memperhatikan dengan baik perabotan kayu di rumah, jangan sampai mendiamkan saja ketika furniture kayu sudah mulai menumpuk debunya. Karena hal ini bisa menyebabkan furniture kayu mudah keropos bila debu sudah terlalu keras dan menumpuk dengan tebal.

Untuk menjaga ketahanan dari furniture kayu sobat buatlah jadwal rutin untuk sekedar mengelap furniture kayu dengan kain yang lembut. Hindari memakai lap yang berbahan silicon karena dapat menimbulkan jejak lecet serta merusak furniture kayu.

Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah

 source : pinterest

Gunakan sabun pembersih yang aman

Carilah produk sabun pembersih yang memang aman jika digunakan untuk membersihkan perabotan atau furniture dari kayu. Pastikan hal tersebut dengan mengeceknya sendiri ke took dan mencari tahu dengan detail terkait produk sabun pembersih tersebut di internet.

Karena produk sabun pembersih yang tidak aman untuk furniture kayu bisa berpengaruh pada ketahanan warna permukaan kayu, furniture kayu akan lebih mudah memudar dan ini akan merusak nilai keindahan dari furniture kayu dirumah. Produk pembersih sabun yang aman untuk furniture kayu bisa digunakan sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk menjaga furniture agar awet.

Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah

 source : pinterest

Hindari Air terkena langsung ke permukaan kayu

Furniture kayu tidak boleh terkena guyuran air secara langsung atau pula di rendam di dalam air. Sebagai solusi sobat VOIRE sebaiknya menyiapkan air hangat dan spons untuk mencucinya. Dengan memberikan sedikit sabun ke dalam air untuk membersihkan furniture kayu tersebut. Untuk membersihkan sudut yang sulit dijangkau sobat bisa mengakalinya dengan menggunakan sikat gigi dan menyikatnya dengan lembut dan perlahan. untuk membilas permukaan yang terkena sabun bisa dilakukan dengan menggunakan kain lembut yang dibasahkan untuk mengelap permukaan kayu secara keseluruhan.

Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah

 source : pinterest

2. Perawatan Furnitur Kayu di Luar Rumah

Ingin menyetting taman di halaman belakang rumah dengan dekorasi yang menggunakan furniture berbahan kayu agar suasana terlihat vintage namun sobat khawatir karena merasa furniture berbahan kayu dirasa tidak cukup awet jika disimpan didalam rumah.

 

Mengoleskan Pelembab

Perawatan rutin dengan mengoleskan pelembab selama sebulan sekali diperlukan sebagai pencegahan kayu menjadi kering, retak-retak dan bahkan terbelah. Pelembab yang dioleskan bisa berupa minyak yang dicampur dengan perasan lemon, margarin dan juga lilin.

Saat mengoleskan pelembab sebaiknya lakukan saat hari masih pagi sebelum matahari terik atau bawa dahulu furniture yang terbuat dari kayu ke tempat yang teduh jika ingin melakukannya pada siang hari. Namun lembab pada kayu juga berpotensi untuk terbentuknya jamur di area yang tidak terkena cahaya. Namun hal ini disebabkan oleh lembab karena air. Maka jika cuaca di luar sedang kurang bersahabat seperti di musim hujan lebih baik memasukkan furniture sobat ke dalam ruangan.

Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah

 source : pinterest

Melapisi dengan Cat Kayu

Mulailah menggunakan produk cat pelapis kayu yang tahan segala cuaca. Cara ini adalah langkah antisipasi jika sobat VOIRE sedang berada diluar rumah sehingga tidak sempat memasukan furniture ke tempat yang teduh atau jika sobat sedang tidur dan tidak sadar jika hujan diluar. Sebelum melapisi kayu dengan cat pelapis tambahan, alangkah lebih baiknya jika sobat mengelap furniture kayu dengan kain basah lalu mejemurnya sampai benar-benar kering. Setelah itu barulah mengecat seluruh bagian dengan sealer kayu cair.

Untuk memudahkan pengecatan sobat bisa menggunakan bantuan sprayer pompa. Langkah selanjutnya biarkan sealer benar-benar kering dengan menempatkan furniture di tempat teduh yang dingin minimal selama dua jam. Ini adalah salah satu cara yang bisa rutih sobat lakukan setahun sekali. Meskipun terkesan merepotkan namun karena pelaksanaannya yang hanya setahun sekali tentu tidak seberapa dengan manfaatnya yang bisa melindungi furniture kayu sobat menjadi lebih awet, bukankah begitu?

Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah

 source : pinterest

Menjaga Agar Tetap Bersih

Karena letaknya yang berada di luar ruangan atau di luar rumah tentunya furniture kayu ini akan mudah kotor. Sobat harus menyediakan waktu untuk mencucinya rutin setiap sebulan sekali sebelum mengoleskan pelembab kayu. Gunakanlah sabun yang aman untuk kayu sama seperti perawatan furniture kayu yang berada di dalam rumah. 

Debu atau kotoran yang berada dipermukaan kayu bisa dibersihkan ringan dengan menggunakan kemoceng. Gunakan lap kering yang lebut agar tidak menggores permukaan kayu ya sobat. Nah hal yang perlu dihindari adalah menggunakan lap berbulu karena serat benang akan menempel pada furniture dan membuat furniture tetap kotor.

Tips Merawat Furniture Kayu Di Dalam Rumah dan Di Luar Rumah

 source : pinterest

Itu dia tips sederhana dari Vira untuk merawat furniture dari kayu. Sebenarnya sobat juga bisa merawat furniture kayu berdasarkan jenis bahan furniture kayu sobat. Itu pasti akan lebih efektif. Namun jangan khawatir ya yang Vira paparkan ini dapat digunakan secara umum kok. Sobat VOIRE bisa langsung memulainya dari sekarang lho.

Yuk dilihat lagi furniture kayu yang ada dirumah di cek juga bagaimana kondisinya saat ini apakah masih baik-baik saja atau malah membutuhkan perawatan khusus karena keadaaanya yang sudah mengenaskan. Kita mulai sayangi furniture yang kita punya di rumah mulai dari sekarang yuk!

Voire Project

Baca juga artikel lainnya :

Komentar

Mau cari artikel apa sob?