Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Api yang menyebar atau kebakaran merupakan hal yang tidak bisa diprediksi, kebakaran rumah bisa t...
Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah Api yang menyebar atau kebakaran merupakan hal yang tidak bisa diprediksi, kebakaran rumah bisa terjadi begitu saja tanpa di duga. Api sendiri dapat menyebar dalam hitungan detik serta melahap benda-benda di sekitarnya dengan seketika.
Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Tips And Trick 07 Agustus 2020
Share
2020-08-07

Api yang menyebar atau kebakaran merupakan hal yang tidak bisa diprediksi, kebakaran rumah bisa terjadi begitu saja tanpa di duga. Api sendiri dapat menyebar dalam hitungan detik serta melahap benda-benda di sekitarnya dengan seketika.

Meskipun sobat sudah merasa sangat berhati-hati dalam penggunaan perangkat yang dapat mengundang kebakaran dalam rumah, bukan berarti rumah sobat sudah aman 100% dari potensi kebakaran.

Dengan demikian apabila sobat sudah memiliki jaminan asuransi properti apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah lebih baik tetap waspada terhadap penyebab kebakaran yang umum dapat terjadi.

Maka dari itu sebagai langkah meningkatkan kesadaran untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah, gak ada salahnya lho sobat untuk mengetahui lebih dalam terkait apa saja sih potensi penyebab kebakaran.

Hal-hal tersebut bisa dimulai dari bagaimana perawatan, rancangan hingga penggunaan material di dalam rumah untuk meminimalisir terjadinya peluang kebakaran rumah.

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Apabila sobat masih bingung untuk memulai dari mana, pada artikel kali ini Vira akan membahas langkah apa saja yang bisa sobat lakukan untuk mencegah kebakaran dan juga mengatasi jika kebakaran itu sudah terjadi.

Yuk simak ulasan dibawah ini sampai habis!

1. Merawat dan memperhatikan sistem listrik di rumah

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Sistem listrik atau elektrikal system merupakan penyebab kebakaran rumah yang paling tinggi. Biasanya penyebab kebakaran rumah ini berkaitan dengan kelebihan kapasitas atau kerusakan kabel pada perangkat elektronik.

Hal yang sudah tidak asing ini bisa juga terjadi karena adanya kelalaian penggunaan hingga terjadinya hubungan arus pendek sehingga dapat memicu munculnya titik api yang berbahaya.

Itu lah sebabnya sobat VOIRE perlu menyiasati penyebab kebakaran dengan mengikuti petunjuk pemakian elektronik sesuai dengan yang dianjurkan dengan kapasitas listrik. Tidak lupa juga untuk rutin mengecek kondisi kabel dan melakukan perawatan secara berkala.

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Saran dari Vira sih selalu gunakan peralatan listrik mulai dari kabel dan juga stop kontak yang sesuai dengan standar keamanan. Karena perangkat yang aman dapat mencegah kebakaran yang disebabkan instalasi kabel yang kurang baik.

Hindari penggunaan stop kontak secara bertumpuk, hal ini bisa memicu arus listrik berlebihan yang menyebabkan kabel panas dan pada akhirnya akan rusak. Rumah dengan instalasi kabel yang tidak baik juga sangat berpotensi menjadi penyebab kebakaran setiap saat.

Adapun ciri-ciri  rumah dengan instalasi kabel yang kurang baik yang perlu sobat perhatikan seperti aliran listrik yang tidak lancar, kapasitas yang tidak sesuai dengan pemasangan dan biasanya sering terjadi korsleting.

Jangan lupa untuk mengencangkan instalasi yang mulai mengendur dan mengganti peralatan yang sudah tua. Tips terbaik untuk mengatasi penyebab kebakaran ini adalah berkonsultasi dan meminta jasa teknisi professional untuk memeriksa kembali instalasi listrik di rumah.

2. Mendesain dapur dengan baik untuk cegah potensi kebakaran rumah

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Sumber kebakaran di rumah yang menduduki peringkat penyebab kebakaran setelah perihal listrik adalah kelalaian di dapur. Tidak bisa dipungkiri apabila dapur memiliki banyak sekali aktivitas yang melibatkan kontak dengan api.

Mulai dari gas sebagai sumber penghasil api, kompor untuk memasak, oven, hingga peralatan elektronik lainnya yang bisa menjadi sumber kebakaran rumah dari dapur yang cukup berbahaya.

Maka dari itu perlu bagi sobat untuk merancang dapur dengan baik untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran rumah. 

Langkah awal yang bisa sobat lakukan adalah dengan memastikan posisi tabung LPG dan kompor terpisah dengan dinding agar tabung dan api tidak memiliki kontak langsung.

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Rancanglah ventilasi yang baik pada dapur, terutama pada ruang penyimpanan tabung LPG. Hal ini dilakukan untuk bisa mendeteksi kebocoran gas sedini mungkin dan gas juga tidak bertumpuk karena tidak ada sirkulasi sehingga rentan terjadi ledakan.

Selain meminimalisir dengan cara teknis di atas, ada baiknya untuk tidak lengah saat sedang memasak seperti menginggalkan dapur jika sedang memasak. Tunggu di dapur sampai masakan telah selesai.

Selain itu langsung bersihkan peralatan dapur untuk memasak secara maksimal supaya tidak tertinggal minyak yang lengket. Karena minyak juga merupakan salah satu bahan yang bisa membuat api menyebar dengan cepat saat kebakaran terjadi.

3. Menyediakan area khusus untuk perokok

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Walaupun penyebab kebakaran karena rokok tidak sesering listrik dan dapur, namun kebiasaan merokok yang sembarangan di dalam atau sekitar rumah juga bisa memicu kebakaran rumah lho.

Maka dari itu tidak ada salahnya kan apabila sobat menyediakan area khusus untuk merokok jika terdapat anggota keluarga yang perokok. Karena meroko di dalam rumah adalah salah satu resiko penyebab kebakaran yang cukup signifikan.

Vira sarankan untuk menghindari merokok di dalam ruangan karena bara api dari punting rokok terkadang bisa memicu api jika sobat tidak sengaja menjatuhkannya di atas benda yang mudah terbakar seperti karet atau kertas.

Selalu pastikan sobat yang perokok sudah mematikan rokok dan membuang secara benar di tempatnya, bila perlu tambahkan percikan air untuk memastikan rokok padam dengan benar.

4. Jauhkan anak-anak dari berbagai benda berbahaya penyebab kebakaran

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan ini merupakan hal yang wajar. Tetapi apa jadinya bila menjadi penyabab kebakaran yang berbahaya?

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan alangkah baiknya untuk menyimpan seluruh benda-benda seperti lilin, korek api dan sebagainya dari jangkauan anak-anak.

Ajarkan juga buah hati tersayang tentang betapa berbahayanya bermain dengan api dalam kondisi apapun dan mengajarkan bagaimana menggunakan perangkat sumber api dengan bijak.

5. Atur penempatan barang yang mudah terbakar

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Bahan bangunan seperti kayu, plastik dan sejenisnya merupakan bahan bangunan yang mudah terbakar. Sehingga hindari penempatan bahan-bahan yang sebelumnya disebutkan pada area yang dekat dengan area sumber api.

Selain perabotan rumah tangga, material bahan bangunan juga perlu diperhatikan seperti penggunaan semen atau cat dinding yang sudah dimodifikasi hingga kayu-kayu yang sebenanarnya terbuat dari semen.

Tentunya kayu dari semen ini bisa menggantikan keberadaan kayu asli tanpa merusak estetikanya, namun tetap anti terhadap kebakaran rumah.

Langkah selanjutnya yaitu memperbaiki tempat penyimpanan di rumah. Penyimpanan barang yang sembarangan dan asal-asalan juga ternyata bisa memicu terjadinya kebakaran rumah. Tidak semua barang bisa sobat simpan begitu saja.

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Barang-barang dalam storage atau tempat penyimpanan seperti kertas simpan pada kabinet yang jauh dari sumber api dan juga kering. Namun tetap pastikan tetap memiliki sirkulasi udara yang baik.

Untuk dokumen-dokumen yang penting, tidak ada salahnya apabila sobat menggunakan brankas yang tahan api sehingga dokumen penting bisa aman dan terhindar dari potensi kerusakan akibat kebakaran rumah.

Mengatur sistem penyimpanan atau storage ini juga termasuk memastikan dimana letak pemantik, korek atau benda-benda lain yang berpotensi memicu api lainnya. Karena kecerobahan kecil saja bisa berujung pada musibah kebakaran rumah.

6. Sediakan fire extinguishers untuk mencegah kebakaran rumah

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Pada umumnya fire extinguishers biasa ditemukan di tempat komersil atau di tempat umum, namun bukan berarti sobat VOIRE tidak membutuhkan alat untuk menyiapkan sistem pencegah kebaran di rumah yang memadai.

Lengkapi juga desain rumah dengan smoke detectors sehingga sobat bisa dengan mudah mengetahui jika ada titik api di dalam rumah sebelum titik api tersebut menjelma menajdi kebakaran rumah yang lebih besar.

Simpan fire estiguishers di ruangan yang memiliki potensi kebakaran paling tinggi agar mudah di jangkau. Pastikan juga untuk melakukan perawatannya sehingga ketika terjadi kebakaran rumah, alat ini bisa berfungsi dengan baik.

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah

Itulah beberapa hal yang bisa sobat VOIRE lakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran di rumah. Selain itu hal berikutnya yang cukup penting untuk diperhatikan ialah lebih bijak dan hati-hati dalam penggunaan perangkat yang bisa menimbulkan api.

Setelah mengetahui 6 langkah agar terhindar dari kebakaran rumah berikut, pastikan bahwa sobat menjalankan segala siasat yang telah Vira bagikan untuk keamanan bersama.

Jangan pernah ragu juga untuk menginvestasikan sedikit biaya untuk mempersiapkan ala-alat pencegah kebakaran rumah seperti fire extinguishers. Karena apabila sampai terjadi kebakaran rumah, kerugian yang dikeluarkan bisa-bisa jauh lebih besar.

Pastikan untuk share artikel ini kepada keluarga, teman dan juga orang-orang tersayang agar mereka juga lebih mempersiapkan diri untuk mencegah kemungkinan hal buruk yang bisa terjadi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya sobat!

Baca juga artikel lainnya

Komentar

Mau cari artikel apa sob?