Yuk! Kenali Apa itu Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihannya

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Yuk! Kenali Apa itu Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihannya

Beberapa orang menggunakan epoxy lntai sebagai material pelapis lantai. Lalu, apakah itu epoxy la...
Yuk! Kenali Apa itu Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihannya Yuk! Kenali Apa itu Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihannya Beberapa orang menggunakan epoxy lntai sebagai material pelapis lantai. Lalu, apakah itu epoxy lantai? Apa kelebihan dan kekurangan material ini dibanding material pelapis lantai lainnya? Yuk, cari tahu! Epoksi biasanya digunakan untuk memoles lantai restoran, bandara, hingga rumah. Karena epoxy lantai adalah salah satu solusi lantai yang paling digunakan untuk area komersial dan fasilitas industry.
Yuk! Kenali Apa itu Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihannya
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Desain Interior 30 Agustus 2021
Share
2021-08-30

Beberapa orang menggunakan epoxy lntai sebagai material pelapis lantai. Lalu, apakah itu epoxy lantai? Apa kelebihan dan kekurangan material ini dibanding material pelapis lantai lainnya? Yuk, cari tahu!

Epoksi biasanya digunakan untuk memoles lantai restoran, bandara, hingga rumah.

Karena epoxy lantai adalah salah satu solusi lantai yang paling digunakan untuk area komersial dan fasilitas industry.

Tetapi selain itu, saat ini baha lantai epoxy sudah mulai dilirik sebagai pelapis lantai untuk perumahan dan residential. Efek dari epoksi adalah menghasilkan lantai yang terlihat cerah dan mengkilap.

Untuk sobat yang ingin interior rumah terlihat lebih cantik, bisa juga menggunakan material ini. Namun, seperti semua sistem lantai lainnya, epoxy lantai juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam aplikasinya.

Meski begitu, sebelum menggunakan material epoksi, sobat perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan material ini. Kali ini Vira akan membahas apa itu lantai epoxy.

Yuk! Kenali Apa itu Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihannya

 source:pinterest.com

Apa Itu Lantai Epoxy?

Epoksi merupakan material pelapis lantai yang terbuat dari bahan campuran resin dan bahan pengeras (poliamina) ketika dicampur, bahan tersebut akan menimbulkan reaksi kimia dan menjadi sebuah bahan plastik yang kaku.

Bahan campuran ini juga menghasilkan material yang tahan lama dan kuat sebagai pelapis lantai. Maka dari itu, material ini sangat baik digunakan di tempat yang ramai dilalui banyak orang, semisal rumah sakit, kantor pelayanan masyarakat, dan fasilitas olahraga.

Jenis Sistem Lantai Epoxy

Jika Sobat mencari opsi industry lantai yang mudah dirawat, Di pasar konstruksi, banyak menawarkan lebih dari 30 sistem lantai epoxy dan industry yang berbeda. Berikut adalah beberapa yang populer:

Lantai Epoxy Self-Leveling

Self-leveling epoxy diaplikasikan di atas lantai beton yang baru, lama, retak, atau rusak untuk menciptakan permukaan lantai perawatan yang halus, mulus, tahan lama, dan rendah.

Self-leveing juga tersedia dalam berbagai warna. Warna digunakan untuk membuat desain dekoratif, menunjukan pola lalu lintas, atau menyoroti zona kerja dalam pengaturan industri.

 source:pinterest.com

Sistem ini digunakan ketika sobat membutuhkan daya tarik estetika dan/ atau abrasi, bahan kimia, ketahan panas atau slip. Di mana epoxy lantai ini digunakan: fasilitas manufaktur, gudang, showroom, garasi komersial, dapur, hangat pesawat, fasilitas atletik, dan banyak lagi.

Lantai Epoxy Mortar

Sangat tangguh, ini adalah sistem lantai epoxy terkuat yang tersedia. Sistem  tinggi tanpa cacat ini dibuat dengan epoxy 100% padatan dan pasir bergradasi atau pasir kuarsa dan kemudian dimasukkan ke tempatnya.

Sistem mortar sangat berdampak dan tahan bahan kimia. Sistem ini juga efektif memperbaiki lantai lama karena proses pembangunannya yang tinggi. Di mana epoxy lantai jenis ini digunakan: pabrik, ruang mekanik, gudang, dapur komersial, restoran, garasi, dan area layanan tempat alat berat, seperti forklift, akan digunakan.

Yuk! Kenali Apa itu Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihannya

 source:pinterest.com

Lantai Epoxy Quartz

Sistem lantai epoksi kuarsa menggabungkan resin polimer epoxy berkinerja tinggi dengan butiran kuarsa bewarna. Hasilnya adalah lantai multi-fungsi yang dekoratif, sanitasi, tahan slip, dan sangat tahan lama.

Di mana digunakan Epoxy lantai quartz: ruang ganti, toilet, sekolah, kafetaria, showroom, pabrik lampu, lobi, kantor, dan banyak lagi.

Lantai Epoxy Anti Statis (ESD Resistant Floors)

Electro-static charge (ESD) dapat sangat berbahaya di banyak lingkungan kerja. Lantai epoxy antis-statis dapat membantu mengurangi bahaya statis. Sistem lantai ini biasanya mengandung bahan konduktif yang mengakumulasi listrik statis untuk mengalirkan, membumikan, atau menghilangkan potensi buangan.

Sangat direkomendasikan di lingkungan yang mengandung bahan yang mudah terbakar. Di mana epoxy lantai ini digunakannya: Fasilitas perawatan kesehatan, fasilitas manufaktur elektronik, kimia atau farmasi; area yang menggunakan gas atau cairan yang mudah terbakar.

Ataupun juga yang berisiko menumpuknya debu yang mudah terbakar.

Epoxy Flake Floors

Sistem lantai epoxy flake floor dibuat ketika keeping berwarna atau serpihan ditempatkan di dalam epoxy untuk menciptakan permuakaan yang kuat, multi-warna, mulus dan tangguh. Chip tidak hanya menyenangkan secara estetika.

Tetapi permukaanya yang sedikit kasar mengurangi slip dan jatuh. Serpihan tersedia dalam beragam warna, gaya, tekstur, dan ukuran yang tak berujung dan dapat dicampur menjadi kombinasi pilihan sobat.

Di mana lantai epoxy lantai jenis ini digunakan: dapur komersial, ruang ganti, tempat olahraga, ruang pamer otomotif, klinik dokter hewan, binatu dan banyak lagi.

Komposisi, Kelebihan dan Kekurangan Lapisan Lantai Epoxy

Epoxy lantai, tidak seperti poliuretan, didasarkan pada dua komponen utama yaitu resin epoxy dan pengeras khusus. Mereka juga termasuk berbagai stabilisator, dan untuk meningkatkan estetika epoxy lantai menggunakan skema warna dan elemen dekoratif yang berbeda katakanlah, glitter.

Apa Kelebihan Lantai Epoxy?

Lantai epoxy memiliki permukaan yang halus dan mengkilap karena tidak adanya sambungan. Tingkat mirror gloss dapat mempengaruhi oleh aditif. Permukaan mulus mencegah penetrasi dan akumulasi kelembaban, kotoran dan bakteri, dan karenanya lantai ini sering digunakan di rumah sakit dan lembaga medis lainnya.

Inilah kelebihan lantai epoxy:

Memiliki sifat anti-kotoran. Lapisan ini bersahaja dalam perawatan, mampu tidak bereaksi terhadap senyawa kimia. Resin epoxy tidak dapat terbakar, dapat digunakan untuk mencapai permukaan non-slip dalam proses penuangan, menyesuaikan tingkat kekasaran.

Bahan ini pun tahan lama, dapat diandalkan, hampir tidak terhapus dan tidak memburuk di bawah pengaruh sinar ultraviolet. Lantai epoxy dapat bertahan lebih dari 30 tahun. Hampir tidak berbau.

Sobat bisa merasakannya hanya saat pencapuran. Untuk menghilangkannya sepenuhnya, dua penayangan sudah cukup. Kombinasi harga dan kualitas yang optimal. Mudah dituangkan dengan tangan sobat sendiri.

Yuk! Kenali Apa itu Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihannya

 source:pinterest.com

Kemampuan desain luas dan memungkinkan sobat memilih opsi pelapisan yang berpadu secara harmonis dengan interior apa pun. Kebersihan, Pada permukaan seperti itu tidak ada kondisi yang menguntungkan untuk pembentukan dan penyebaran berbagai mikroorganisme berbahaya seperti jamur, lumut dan lainnya.

Kekurangan Epoxy Lantai

Di antara kekurangan lapisan epoxy, perlu untuk dicatat kekuatan yang tidak sukup dari beban titik, yaitu dengan dampak yang kuat atau jatuhnya benda berat, retak atau chipping dapat diharapkan.

Fenomena seperti itu dapat dihindari jika komposisi yang digunakan akan memenuhi karakteristik tempat yang sudah jadi. Misalnya, komposisi klasik digunakan untuk kamar dengan lalu lintas rendah, dan untuk menata lantai, mengalami beban tinggi, pengisi kuarsa diperlukan.

Yuk! Kenali Apa itu Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihannya

 source:pinterest.com

Lantai tersebut berbeda dalam jaka panjang sekitar 20 tahun. Apa pun ketahanan mereka tidak berbeda selama periode ini, goresan atau cacat kecil lainnya dapat terbentuk di permukaan. Dalam hal ini sobat perlu memperbari lapisan contohnya seperti meletakan lapisan lain dari komposisi polimer.

Teknologi menuangkan lantai epoxy dengan tangan sobat sendiri cukup rumit, dan seluruh prosesnya sangat melelahkan. Dibutuhkan banyak waktu untuk mengeringkan setiap lapisan, untuk memenuhi semua tahapan teknologi.

Jika sobat hendak memasang lantai epoxy, sobat harus memperhatikan semua detail, terutama pada tahap menyelesaikan pengisian. Bahkan di lantai dalam ruangan kecil akan memakan waktu 10-12.

Bagaimana sobat? apakah sobat tertarik untuk menggunakan lantai epoxy di hunian sobat?

 

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?