Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu

Karir Bersama VOIRE Project
Karir Bersama VOIRE Project

Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu

Sobat yang ingin mendekorasi rumah agar tampak lebih cantik, kenapa sobat tidak memilih menempatk...
Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu Sobat yang ingin mendekorasi rumah agar tampak lebih cantik, kenapa sobat tidak memilih menempatkan tanaman hias di dalam ruangan? Selain merasa nuansa alam, tanaman hias di dalam ruangan? Selain memberi nuansa alam, tanaman hias juga memberi manfaat kesehatan. Salah satu tanaman hias yang bisa jadi pilihan adalah tanaman giok atau jade plant. Tanaman ini juga dikenala sebagai tanaman keberuntungan dan pohon uang.tanaman giook atau jade ini adalah tanaman hias sukulen yang populer.
Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu
Logo VOIRE Project
VOIRE Project Dekorasi Ruangan 10 September 2021
Share
2021-09-10

Sobat yang ingin mendekorasi rumah agar tampak lebih cantik, kenapa sobat tidak memilih menempatkan tanaman hias di dalam ruangan? Selain merasa nuansa alam, tanaman hias di dalam ruangan? Selain memberi nuansa alam, tanaman hias juga memberi manfaat kesehatan.

Salah satu tanaman hias yang bisa jadi pilihan adalah tanaman giok atau jade plant. Tanaman ini juga dikenala sebagai tanaman keberuntungan dan pohon uang.tanaman giook atau jade ini adalah tanaman hias sukulen yang populer.

Tanaman jade ini juga dikenal karena daunnya yang tebal, kecil, namun seperti berdaging. Tanaman giok ini unik karena tidak seperti kebanyakan sukulen, mereka dapat menahan air dalam jumlah besar di daun dan batangnya, bukan pada satu atau yang lain.

Jade plant juga bisa menghasilkan bunga pada periode cuaca dingin, asalkan diberi cukup cahaya. Berkat kemampuannya menyerap air tanaman ini juga sangat mudah dirawat.

Tanaman jade atau biasa dikenal dengan nama tanaman giok merupakan tanaman hias yang berasal dari Afrika Serikat. Ciri khas tanaman ini terletak pada daunnya yang berwarna hijau mengilap, tebal dan berdaging.

Tanaman giok atau jade ini juga cenderung tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya dalam ruangan yang lebih rendah, terutama jika dibandingkan dengan sukulen lain yang membutuhkan lebih banyak cahaya.

Sekilas dilihat, tanaman jade mirip seperti tanaman sukulen. Tanaman jade diprediksi akan menjadi tren untuk menghiasi rumah di tahun 2021. Ukuran yang mungil menjadikannya begitu sempurna dijadikan hiasan interior rumah.

Selain itu, tanaman jade juga dipercaya mampu membawa hoki bagi pemiliknya. Di dunia ini, setidaknya ada 150 jenis spesies tanaman jade. Vira akan membahas jenis tanaman Jade yang paling populer untuk mempercantik interior rumah sobat.

Sebelum kita bahas macam-macam tanaman jade, Vira akan menjelaskan bagaimana cara merawat tanaman jade ini. Untuk pot, tempatkan tanaman giok sobat dalam pot dengan lebih dari satu lubang drainase.

Tanaman giok tumbuh subur di tanah yang memiliki drainase yang baik, oleh karena itu Cunningham mengatakan bahwa tanaman ini perlu menyimpannya di dalam pot yang membantu menghilangkan kelembaban berlebih.

Jadi jika sobat ingin menanam tanaman jade ini, carilah pot dengan beberapa lubang drainase, disertai dengan tatakan agar tidak berantakan saat air merembes keluar. Untuk tanaman giok yang lebih besar.

Pot yang kokoh, terbuat dari bahan subtansial seperti keramik atau pot tanah liat dengan alas yang lebar. Saat tanaman dewasa, ini dapat membantu menyeimbangkan sifat berat mereka dan mencegah bahaya jungkir balik.

Tempatkan tanaman di bawah sinar matahari tidak langsung, jika memungkinkan. Meskipun tanamna giok tumbuh paling baik dalam pencahayaan tidak langsung terang, jade plant ini dapat beradaptasi dengan pencahayaan dalam ruangan yang lebih rendah.

Jendela yang menghadap ke selatan yang memberikan setidaknya empat jam sinar matahari tidak langsung yang cerah sangat ideal, tetapi dapat tumbuh di tempat yang lebih teduh bila diperlukan.

Nah tapi, terlalu banyak sinar matahari dapat menyebakan daun atau tepi tanaman menjadi ungu, jadi kurangi jumlah sinar yang diterima giok sobat jika ingin tanaman giok sobat tetap hijau.

Tunggu hingga tanah mengering sebelum disiram kembali. Penyiraman berlebihan adalah hal penting yang harus dihindari saat menaman tanaman giok. Karena membiarkan tanah lembab terlalu lama dapat menimbulkan masalah jamur dan pembusukan akar.

Jadi lebih baik siram tanaman jade setiap satu hingga dua minggu di bulan-bulan hangat, dan lebih sedikit di cuaca dingin. Nah, ada sedikit tips sobat. Jika sobat tidak yakin apakah tanaman giok sobat perlu disiram atau tidak.

Tunggulah tanah mongering sebelum menyiram lagi. Pupuk tanaman sobat sebulan sekali selama musim semi dan musim panas. Ketika pot di tanah yang dikeringkan dengan baik, seperti campuran pot kaktus dan sukulen.

Tanaman giok juga dapat dipangkas secara selektif untuk mempertahankan bentuknya dan mengatakan stek tersebut dapat dengan mudah dan diperbanyak untuk mebumbuhkan tanaman baru.

Sekarang Vira akan membahas jenis-jenis  tanaman jade yang bisa untuk mempercantik interior rumah sobat.

Crassula Arborescens

Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu

 source:google.com

Jenis tanaman jade Crassula arborescens seringkali disebut sebagai Silver Dollar. Bentuk daunnya agak melonjong. Warnanya hijau keabu-abuan. Di sekeliling daunnya terdapat garis tipis berwarna merah.

Jenis satu ini bisa tumbuh hingga 1,2 meter. Pada musim tertentu, bunganya yang berwarna pink akan bermekaran dengan cantik. Durasi mekarnya cukup lama, bisa mencapai satu musim.

Crassula arborescens paling cocok dijadikan tanaman dalam ruangan karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

Crassula Arborescens Undulatifolia

Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu

 source:google.com

Daun tanmana jade jenis Crassula arborescens undulatifolia memiliki ciri khas pada bentuk daun, di mana permukaanya bergelombang secara acak. Tidak heran kalau tanaman jade ini lebih dikenal sebagai Ripple jade atau Vurly jade.

Daya tahannya terhadap cuaca eksterim amat baik. Tampilannya cantik. Namun, konon tanaman ini memiliki racun. Jika ingin menggunakannya sebagai hiasan interior rumah, letakkan di area yang sulit dijangkau anak dan hewan peliharaan.

Crassula Ovata Harbour Lights

Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu

 source:google.com

Salah satu jenis tanaman jade yang paling populer adalah Crassula Ovata Harbour Lights. Warna daunnya hijau di bagian bawah, lalu memudar dan menjadi warna merah di bagian ujung.

Tampilannya begitu cantik dan lembut. Warna merah dain ini akan terlihat semakin cerah di udara dingin. Tanaman ini juga mampu bertahan hidup di tanah yang kering. Pasalnya, ia hanya membutuhkan banyak sinar matahari dan seikit air.

Jenis yang diperkenalkan oleh Glenfield Wholesale Nursey pada tahun 2014 ini menjadi populer untuk hiasan interior rumah bergaya minimalis, Scandinavia dan juga Japandi.

Crassula Ovata ‘Hobbit’

Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu

 source:google.com

Dibandingkan dengan jenis tanamna jade lainnya, jenis Crassula ovata atau biasa disebut ‘hobbit’ ini cukup unik. Daunnya tidak lonjong atau melebar, malahan tergulung bagaikan tabung atau terompet.

Ukurannya mungil dan posisi daunnya sangat berdekatan satu sama lain. Warnanya hijau cerah dengan sedikit semburat merah di bagian ujung atas. Pada musim mekar, tanaman ini akan menghasilkan bunga dengan bentuk bintang dan berwana putih.

Jenis Crassula ovata hobbit ini cocok dijadikan tanmana outdoor atau indoor. Tanam di pinggi kolam ikan atau dalam pot, lalu letakkan di sudut jendela interior Japandi, sempurna.

Portulacaria Afra Aurea

Yuk! Kenali Tanam Hoki Ini Untuk Mempercantik Hunianmu

 source:google.com

Terakhir, ada portulacaria afta aurea. Jenis tanamna jade yang satu ini berasal dari Namibia. Daunnya berukuran kecil-kecil dan tumbuh dengan amat rimbun bagaikan semak-semak. Warna daun di bagian bawah adalah hijau, sedangkan semakin ke atas.

Daunnya akan berwarna kuning. Oleh karenanya, jenis tanaman jade ini akrab dengan sebutan The Yellow Elephant Bush.

Nah itulah salah satu tanaman yang bisa mempercantik hunian sobat. Tertarik untuk menanam tanaman ini?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Komentar

Mau cari artikel apa sob?